Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Kamera Manusia -- Menjadi Murni


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: edisi 776 - Hari Anak Nasional

Bacaan Alkitab: Matius 6:22-23

Penyampaian: Betapa menakjubkannya teknologi dari sebuah kamera digital! Pertama, nyalakan, lalu pilih target yang akan kita ambil gambarnya, pegang kamera dengan stabil, kemudian "jepret", dan kita pun memiliki sebuah gambar yang kita inginkan. Selanjutnya, kita bisa menekan tombol kecil untuk melihat gambar pada layar LCD kamera sampai kita bisa berkata, "Hmmm, gambar yang sempurna." Terakhir, kita tinggal menghubungkan kamera ke printer untuk kemudian mencetak gambar yang sangat bagus itu. Setelah selesai, kita bisa menempelkan gambar itu dalam sebuah album atau pigura foto.

Gawai kecil yang indah, bukan? Apakah kamu mempunyai kamera digital? Ada yang tidak? Tahukah kamu kalau kita masing-masing sebenarnya memiliki kamera? Allah telah memberi kita kamera yang bekerja dengan sendirinya. Kita memiliki sebuah lingkaran terbuka, yang melaluinya kita bisa mengambil sebuah gambar. Ya, kamera itu adalah mata kita. Di samping mata kita, ada juga otak kita yang menyimpan ribuan kartu memori. Pada pagi hari, ketika kita membuka mata, kita sudah mulai menyimpan gambar dalam kartu memori kita. Bahkan, kita tidak perlu melakukan apa pun untuk mengeklik gambar tersebut satu demi satu. Gambar-gambar yang kita lihat dengan mata kita akan diproses secepat kita mengambilnya.

Gambar: Kakek mendongeng

Jika kita berkata kepada seorang kakek yang berusia 80 tahun, "Ceritakan kepadaku gambar yang paling jelas yang bisa Kakek ingat!" dia tidak akan menunjukkan gambar yang diambil kemarin atau minggu lalu, atau tahun lalu. Dia akan kembali ke halaman buku ingatannya sejauh 50 atau 60 tahun yang lalu. Gambar-gambar yang paling jelas yang dia miliki adalah orang-orang pada masa kanak-kanaknya.

Setiap hari, kita mengambil gambar yang akan selalu kita bawa seumur hidup kita. Saya berdoa untuk kamu semua, yaitu ketika kamu pergi setiap hari keluar rumah, mata kameramu akan mulai mengeklik setiap gambar yang benar, yang murni, dan yang bersih sesuai kebenaran firman Tuhan.

Diskusi: Menurut Matius 6:22-23, mata kita bisa bersifat baik atau buruk? Mengapa? Apa jenis gambar yang bisa kita ambil dengan "kamera manusia" kita? Apakah matamu baik atau buruk?

Kegiatan: Permainan menebak: masukkan benda yang berbeda-beda dalam sebuah kantong atau kotak. Mintalah anak untuk menutup matanya dan menebak barang apakah yang mereka ambil dari dalam kotak. Lalu, tanyakan kepada anak-anak tentang apakah yang terjadi jika mata kita hanya melihat kegelapan?

Ayat hafalan : Amsal 4:25

(Red.: Penutup: Doakan anak-anak agar Tuhan memberikan kepada mereka "kerinduan" untuk selalu menggunakan mata dan otak mereka untuk merekam hal-hal yang baik di tengah-tengah perkembangan dunia yang makin maju, khususnya hal-hal yang sejalan dengan kebenaran firman Tuhan agar mata dan pikiran mereka secara rohani semakin murni dalam Kristus.) (t/Davida)

Sumber asli:
Nama situs : Sunday School Lessons for Kids
Alamat situs : http://www.sundayschoollessonsforkids.info/2010/02/human-camera-be-pure.html
Judul asli artikel : The Human Camera -- Be Pure
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 2 Juni 2014
Diambil dan disunting dari:
Nama situs : PEPAK
Alamat situs : http://pepak.sabda.org/kamera_manusia_menjadi_murni
Tanggal akses : 9 Januari 2018

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar