Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Judson W. Van De Venter -- Penulis Himne "Pada Yesus Kuberserah"


Judson W. Van De Venter (1855 - 1939) adalah seorang guru seni. Dia ditantang untuk menyerahkan seluruh hidupnya secara total untuk pelayanan Kristen. Selama lima tahun, ia bimbang untuk memilih di antara kedua hal itu. Ia kemudian mengingat saat ia mengambil keputusan:

"Lagu ini ditulis ketika saya sedang menghadiri pertemuan di Palestina Timur, Ohio, Amerika Serikat, di rumah George Sebring (pendiri the Sebring Campmeeting Bible Conference di Sebring, Ohio). Untuk beberapa lama, saya bergumul antara membangun talenta saya dalam bidang seni dan terjun ke dalam pekerjaan penginjilan secara penuh waktu. Akhirnya, waktu perubahan dalam hidup saya tiba dan saya menyerahkan semuanya. Saya menjadi seorang penginjil dan menemukan jauh di dalam jiwa saya sebuah talenta yang belum saya ketahui sebelumnya. Tuhan telah menanamkan lagu dalam hati saya secara tersembunyi dan Ia menyebabkan saya menyanyi."

Judson VanDeVenter dilahirkan di suatu tanah pertanian dekat Dundee, Michigan, pada tanggal 5 Desember 1855. Setelah lulus dari Hillsdale College, dia menjadi guru seni dan kemudian pengawas seni pada sekolah publik di Sharon, Pennysylvania. Dia juga seorang pelayan awam yang sangat aktif di gerejanya, yaitu Methodist Episcopal Church. Setelah memutuskan untuk menyerahkan hidupnya kepada Kristus, ia sering pergi ke seluruh Amerika Serikat, Inggris, dan Skotlandia untuk pekerjaan penginjilan. Dia dibantu selama bertahun-tahun oleh rekan sekerjanya yang adalah seorang penyanyi, Winfield S. Weeden.

Winfield S. Weeden, penggubah melodi lagu ini, adalah rekan sekerja Mr. VanDeVenter dalam pekerjaan penginjilan. Ia dilahirkan pada tanggal 29 Maret 1847 di Middleport, Ohio. Sebelum pelayanan penginjilan, selama bertahun-tahun ia aktif mengajar di sekolah mengajar di daerah kelahirannya. Ia disebut sebagai pemimpin pujian yang efektif dan penyanyi yang berbakat.

Referensi ayat Alkitab dari himne ini diambil dari Markus 10:28, yaitu ketika murid-murid Tuhan Yesus bertanya apa yang mereka dapatkan setelah mereka menyerahkan seluruh hidup kepada Tuhan Yesus, dan juga dari ayat selanjutnya (ayat 29-30) yang berbicara tentang upah mengikut Yesus.

Meskipun biasanya digunakan untuk memanggil orang menerima Yesus Kristus sebagai Juru Selamatnya, himne ini juga sering dipakai secara efektif dalam kebaktian yang menekankan komitmen dalam menjadi murid Tuhan Yesus.

  1. Siapa penulis himne ini dan apa pekerjaannya sebelum menyerahkan diri menjadi pelayan penuh waktu?

  2. Menurut lagu ini, kepada siapa kita harus menyerahkan diri?

  3. Himne ini sering dinyanyikan pada saat kapan saja?

  4. Tuliskan kembali isi dari Markus 10:28.

Diambil dan disunting dari:

Nama situs : Sekolah Minggu
Alamat URL : http://sekolahminggu.net/pada-yesus-ku-berserah
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 25 Juli 2012

Kategori Bahan PEPAK: Doa - Musik - Ibadah

Komentar