Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Dia Hidup


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Yohanes 11:35; Yohanes 20:1-18; 1 Korintus 15:20-22; I Timotius 3:16

Ide Besar: Pengantar Untuk Guru dan Pemimpin Pujian

Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; Yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; Yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan. (1 Timotius 3:16)

Apa yang membedakan Yesus dari semua pemimpin agama dalam sejarah? Apa yang membuatnya berbeda dari semua manusia dalam sejarah? Dia menjalani hidup yang benar, yang tanpa dosa! Jadi, kematian tidak berhak atas-Nya. Kematian tidak dapat mencengkeramnya. Yesus, seperti kata rasul, "dibenarkan oleh Roh." Yesus Kristus telah dibangkitkan dari kematian. Dia hidup! Dia bangkit! Sesungguhnya Dia bangkit!

Inilah kebenaran agung yang kita rayakan saat Paskah. Yesus telah mati. Tetapi sekarang dia hidup! Tidak hanya itu karena kebangkitan Yesus merupakan peristiwa pokok dalam pengudusan dan penyelamatan kita, kita juga bisa memperoleh hidup:

Tetapi yang benar ialah, bahwa Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati, sebagai yang sulung dari orang-orang yang telah meninggal. Sebab sama seperti maut datang karena satu orang manusia, demikian juga kebangkitan orang mati datang karena satu orang manusia. Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus. (1 Korintus 15:20-22)

Sekarang, kita akan mengajak anak-anak yang kita layani mengenal Dia yang adalah 'Kebangkitan dan Hidup', dan kita akan menantang mereka untuk percaya kepada-Nya saja dalam kehidupan. Saat pelajaran ini selesai, setiap anak akan tahu:

  1. Yesus telah mati

  2. Tetapi Allah membangkitkan-Nya dari kematian

  3. Sekarang kita bisa memperoleh hidup baru di dalam-Nya

Cerita yang Telah Dipadukan (5-10 menit):

Jangan hanya membacakannya. Pahami dan hidupkanlah ceritanya!

Selamat pagi anak-anak! (Selamat pagi!) Saya akan menceritakan sebuah kisah. Ini adalah cerita tentang apa yang terjadi setelah Yesus mati di salib. Yesus mati pada hari Jumat. Hari itu sungguh menyedihkan karena sahabat-sahabat Yesus tidak tahu apa yang akan terjadi. Mereka tidak mengerti mengapa Yesus harus mati.

Ketika hari sudah gelap pada hari Jumat, tubuh Yesus diturunkan dari salib. Tubuhnya dibungkus dengan potongan-potongan kain yang panjang. Dan Dia dikubur di kuburan orang yang kaya. Batu besar digulingkan untuk menutup jalan masuk ke dalam kubur, dan para prajurit berdiri di luar untuk memastikan keamanan tubuh Yesus -- Yesus mati.

Alkitab mengatakan kepada kita bahwa inilah yang terjadi kemudian (ambillah Alkitab Anda dan bukalah Yohanes 20):

Pagi-pagi pada hari Minggu, saat hari masih gelap, sahabat Yesus, Maria Magdalena, pergi ke kubur dan melihat batu besar itu sudah terguling dari kubur kosong itu. Lalu, dia berlari.

Menurut adik-adik mengapa Maria berlari?

(Biarkan anak-anak menjawab: Apakah dia takut? Apakah yang mungkin telah terjadi? Tubuh Yesus tidak ada di sana. Batu itu telah dipindahkan)

Maria berlari menemui kedua sahabat Yesus, Simon Petrus dan sahabat lainnya yang sangat mengasihi Yesus. Lalu, Petrus dan temannya yang dikasihi Yesus berlari sangat kencang ke kuburan.

(Mintalah anak-anak berdiri dan berlari di tempat)

Sahabat Yesus yang kedua berlari sangat cepat sehingga dia menyusul Petrus ke sana.

(Mintalah anak-anak berhenti dan duduk)

Menurutmu, mengapa para sahabat Yesus berlarian?

(Biarkan anak-anak menjawab: Apakah mereka terkejut? Apakah susah memercayai apa yang dikatakan Maria kepada mereka?)

Petrus dan sahabatnya itu melihat ke dalam kubur. Mereka mendapati lembaran kain yang digunakan untuk membungkus tubuh Yesus. Mereka juga melihat kain yang digunakan untuk membungkus wajah Yesus. Kain itu dilipat dengan rapi di pojok ruangan kubur itu. Sahabat Petrus itu melihatnya dan percaya. Apa yang dia percaya? Yesus telah mati, tetapi Allah membangkitkan Dia dan menjadikan-Nya hidup!

Apakah kamu percaya bahwa Yesus itu bangkit? (Berhenti sejenak)

Maria tidak percaya. Dia sedih. Dia kira Yesus hilang. Sahabat-sahabat Yesus kembali ke rumah mereka, tetapi Maria tetap tinggal di kubur dan menangis. Menurutmu, mengapa Maria menangis?

(Biarkan anak-anak menjawab: Dia mengira Yesus telah mati, dan sekarang tubuhnya hilang juga!)

Seseorang mendatangi Maria, katanya, "Mengapa kamu menangis? Siapakah yang kamu cari?" Maria berkata, "Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia. Saya akan pergi dan mengambil-Nya." Pria itu memanggil namanya, "Maria". Itu Yesus! Dia telah mati. Tetapi, dia sekarang hidup! Sekarang Maria Percaya! Dia ingin menyentuh dan memeluknya! Yesus berkata, "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa. Dan Dia adalah Bapamu juga!" Kemudian, Maria berlari.

Menurutmu, mengapa Maria lari kali ini? Biarkan anak-anak menjawab.

Maria memunyai kabar baik! Dia ingin mengatakan kepada teman-temannya, "Aku telah melihat Yesus! Dia telah mati! Tetapi sekarang Dia hidup! Dia bangkit! Dan Dia memberikan kita hidup, sehingga kita dapat hidup dengan Bapa lagi!"

Diambil dari:

Nama situs : Sojourn Kids
Alamat URL : http://sojournkids.com/2009/03/he-is-alive-an-easter-bible-lesson/
Judul asli artikel : Easter Lesson "He is Alive!"
Penulis artikel : Jared Kennedy
Tanggal akses : 10 Januari 2011

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar