Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK

Benih yang Jatuh di Tanah yang Baik


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: e-BinaAnak 733 - Pertumbuhan Rohani Anak (II)

Melalui pelajaran ini, anak-anak diharapkan akan menemukan bagaimana firman Tuhan dengan luar biasa akan menolong kita untuk bertumbuh secara rohani dan memberi kita arah kepada hidup yang kekal bersama Yesus.

Tema: Kehidupan abadi, perumpamaan, bersaksi, pertumbuhan rohani.

Pembukaan:

Siapkan sebuah semangka kecil yang berbiji. Potong menjadi beberapa bagian. Harus ada salah satu bagian kecil dari semangka untuk setiap anak. Ketika anak-anak memakan semangka tersebut, minta mereka untuk menempatkan biji-bijinya ke dalam sebuah mangkuk. Mintalah mereka menebak berapa biji yang ada dalam mangkuk tersebut.

Sambil menghitung biji semangka, katakanlah, "Bukankah menakjubkan bahwa hanya dengan menanam satu biji semangka ini, kita bisa mendapatkan semangka seperti yang kita makan hari ini? Dari masing-masing biji semangka ini, kita bisa mendapatkan lebih banyak semangka lagi!"

Alkitab:

"Ketika Yesus melihat orang banyak itu, Ia merasa kasihan kepada mereka karena mereka lelah dan terlantar seperti domba-domba tanpa gembala. Kemudian Ia berkata kepada murid-murid-Nya, 'Sesungguhnya, panenan banyak, tetapi pekerja-pekerjanya sedikit.'" (Matius 9:36-37, AYT)

Baca ayat ini bersama-sama beberapa kali dan tulislah di papan. Lalu, hapus satu per satu kata dari papan tulis sambil membaca ayat Alkitab tersebut. Lanjutkan cara ini sampai kata-kata semua terhapus dan anak-anak menghafal ayat tersebut.

Pelajaran:

Hari ini, kita akan membaca kisah tentang benih yang jatuh di tanah yang baik. Benih itu tumbuh dengan sangat baik dan tumbuh menjadi tanaman yang kuat. Sebagai orang Kristen, kita harus membagikan iman kita dengan orang lain. Dengan cara ini, orang lain akan mendengar Kabar Baik dan mereka dapat menjadi Kristen. Tubuh Kristus pun akan terus bertumbuh ketika kita berbagi benih (Kabar Baik) dengan orang lain.

Matius 13:8,9,23 (Perumpamaan Penabur -- benih yang jatuh di tanah yang baik). Minta anak-anak untuk membuka Matius 13:8,9,23 di Alkitab mereka. Mintalah salah satu anak untuk membacanya.

Pertanyaan Diskusi:

  1. Dalam cerita kita hari ini, di mana benih itu jatuh? (Tanah yang baik.)
  2. Apa yang terjadi dengan benih yang jatuh di tanah yang baik? (Ini menghasilkan tanaman yang baik.)
  3. Bagaimana benih yang jatuh di tanah yang baik dibandingkan dengan kehidupan kita sebagai orang Kristen? (Kita perlu membagikan iman kita dengan orang lain sehingga mereka dapat menjadi Kristen. Ini juga membantu kita bertumbuh secara rohani.)
  4. Apakah ini sebuah pesan yang penting? Bagaimana kami bisa tahu? (Ya, Yesus berkata "Dia yang memiliki telinga, biarkan dia mendengar.")
  5. Bagaimana kita bisa berbagi Kabar Baik tentang Yesus dengan orang lain? (Katakan kepada mereka, "Mendoakan mereka, berbagi Kabar Baik dari Alkitab, meminta mereka untuk datang ke sekolah minggu.")

Aplikasi:

Mereka yang mendengar Kabar Baik dan masuk ke dalam hati dapat menerima hadiah gratis keselamatan dari Yesus Kristus. Kita harus hidup produktif bagi Tuhan kita. Harap dicatat bahwa kita tidak dapat pergi ke surga dengan cara kita sendiri. Namun, jika Yesus adalah Tuhan dari hidup kita, kita akan ingin hidup bagi Dia. Kita akan mengikuti aturan-Nya dan memberi tahu orang lain tentang Dia. Kita tidak akan sempurna dan masih akan melakukan kesalahan, tetapi kami akan mencoba sebaik mungkin untuk menjalani kehidupan yang menyenangkan Tuhan. (t/Davida)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Kids Sunday School Place
Alamat URL : http://www.kidssundayschool.com/168/lessons/seeds-that-fall-on-good-soil.php
Judul asli artikel : Seeds that Fall On Good Soil
Penulis artikel : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 22 Juni 2016

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar