Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Bagaimana Mengajarkan Alkitab Kepada Anak Prasekolah


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Untuk menanamkan iman kepada Allah, pengetahuan tentang Injil, dan kekuatan untuk melakukan yang benar kepada anak-anak kita, kita perlu mengajarkan cerita Alkitab kepada anak-anak sejak usia prasekolah. Namun demikian, tidaklah mudah bagi mereka untuk mengerti kisah Alkitab, maka cobalah ide-ide berikut ini untuk menolong mereka belajar dengan lebih baik:

1. Karena anak-anak prasekolah memunyai jangka perhatian yang pendek, mereka biasanya tidak dapat mengikuti pedalaman Alkitab keluarga. Cobalah bacakan buku yang berisi cerita-cerita Alkitab sebelum mereka tidur. Jika Anda ingin mengajaknya mengikuti pedalaman Alkitab keluarga, biarkanlah mereka membaca buku-buku mereka saat anggota keluarga lain membaca Alkitab. Mereka akan belajar bahwa waktu membaca firman Allah adalah waktu yang istimewa.

2. Ulangilah cerita Alkitab dengan kata-kata Anda sendiri yang dapat dipahami anak prasekolah. Ajaklah mereka melakukan sesuatu (contohnya bertepuk tangan) setiap kali mereka mendengar kata kunci tertentu (contohnya "kasih"); ajaklah mereka memasang wajah senang dan sedih saat mendengar kata "senang" dan "sedih"; atau, biarkan mereka membuat sebuah gambar atas cerita itu.

3. Gunakan boneka tangan, boneka binatang, mainan, gambar, dan perlengkapan-perlengkapan lainnya sebagai bantuan visual dan audio sementara Anda menuturkan cerita Alkitab. Anak-anak prasekolah menyukai stimulasi-stimulasi kepada indera-indera mereka.

4. Belilah atau buatlah papan flanel untuk mengajarkan cerita Alkitab. Ajaklah anak-anak membantu Anda membersihkan sisa-sisa guntingan kertas.

5. Tontonlah animasi cerita Alkitab. Setelah itu diskusikanlah cerita tersebut untuk membantu batita Anda mengerti nilai-nilai yang diajarkan.

6. Mintalah anak-anak prasekolah memerankan cerita-cerita Alkitab. Ciptakanlah suasana yang menyenangkan dan pakaikan mereka kostum buatan Anda sendiri serta gunakanlah perlengkapan-perlengkapan lainnya.

7. Nyanyikanlah lagu tentang cerita-cerita Alkitab, seperti "Bapak Yakub" dan mainkanlah "wayang jari". Ada banyak buku kumpulan lagu Kristen untuk anak-anak yang dapat Anda beli.

Yang terpenting, jadilah teladan bagi anak-anak Anda. Biarkanlah mereka melihat Anda membaca dan mendalami Alkitab, mengikuti perintah-perintah Allah, dan hidup meneladani Kristus. Mereka akan belajar melalui teladan Anda cara menerapkan cerita Alkitab dalam kehidupan mereka. (t/Uly)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
How to Teach the Bible to Toddlers

Komentar