Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Adegan Palungan Sebagai Pusat Hiasan Natal


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Jadikan adegan palungan sebagai bagian yang menonjol di antara dekorasi Natal Anda. Banyak dekorasi dari keramik, kayu, logam, kaca, dan porselen yang indah bisa dibeli. Manfaatkan adegan palungan sebagai cara yang dramatis untuk menceritakan Natal pada anak-anak Anda selama beberapa hari atau minggu. Adapun langkah-langkah dalam memanfaatkan hiasan istimewa ini:

1. Pada minggu Adven pertama, mereka hanya memasang kandangnya.

2. Pada minggu kedua, mereka menambahkan keledai dan ternak ke dalam adegan palungan.

3. Pada minggu ketiga, mereka memasang para gembala dan domba-domba diletakkan agak jauh dari kandang (biasanya di rak buku di seberang ruangan). Mereka juga memasang Maria dan Yusuf di tempat lain, biasanya di meja kopi.

4. Pada minggu keempat, mereka memindahkan Maria dan Yusuf lebih dekat ke kandang. Mereka memasang orang-orang majus di tempat yang jauh, biasanya di ruang sebelah.

5. Pada malam Natal, mereka memasukkan Maria dan Yusuf ke dalam kandang, menggantung bintang, dan menambahkan para malaikat pada adegan itu. Setelah kebaktian tengah malam, mereka meletakkan Bayi Yesus di dalam palungan. Mereka memindahkan para gembala ke kandang dan meletakkannya di sekitar palungan.

6. Selama dua belas hari setelah Natal, mereka menggeser orang-orang majus dan unta mereka semakin dekat ke adegan itu. Mereka memindahkan para gembala, kandang, dan ternak, dan hanya menyisakan Yusuf, Maria, dan Yesus. Mereka membuat orang-orang majus tiba untuk menyembah Yesus pada hari Epifani (6 Januari).

Kalau Anda memilih adegan palungan Anda "bergerak" sebagai cara bercerita yang terus maju, Anda dapat menggabungkan gerakan potongan-potongan itu dengan cahaya lilin Adven Anda dan dengan nyanyian Natal. Nyalakan lilin setiap minggu dan bernyanyilah saat anak-anak Anda memindahkan tokoh-tokoh adegan itu ke tempatnya. Ini adalah kegiatan Natal yang baik di keluarga, gereja, dan sekolah minggu selama Adven.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul artikel : Jadikan Adegan Palungan sebagai Pusat Hiasan Natal
Judul buku : 52 Cara Sederhana Membuat Natal Menjadi Istimewa
Judul asli buku : 52 Simple Ways to Make Christmas Special
Penulis : Jan Dargatz
Penerbit : Interaksara, 1999
Halaman : 74 -- 76

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar