Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertanyaan Anak tentang Doa: Apakah Cara Kita Berdoa itu Penting?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Pertanyaan:
Apakah cara kita berdoa itu penting?

Jawaban:
Ya, kita harus berdoa dengan sungguh-sungguh, dengan diam-diam, dan dengan penuh hormat. Berdoa secara sungguh-sungguh berarti berdoa dengan kata-kata yang jelas, di mana kita hanya mengatakan apa yang akan kita maksudkan untuk kita ucapkan. Ini juga berarti kita tidak mencoba untuk menggunakan bahasa yang berpura-pura atau kata-kata yang lucu. Kita menceritakan kepada Tuhan apa pun yang ada dalam pikiran kita dalam kata-kata yang biasanya kita gunakan karena Dia mengasihi dan mengenal kita, serta berkeinginan untuk memerhatikan kita.

Berdoa secara diam-diam berarti melakukan sikap berdoa sendirian. (Beberapa orang menyebutnya dengan saat teduh.) Hal tersebut berarti setiap hari kita meluangkan waktu untuk berbicara dengan Tuhan, semuanya dari diri kita sendiri. Kita berdoa tidak terbatas hanya pada saat berada di gereja, makan, atau menjelang tidur bersama ibu dan ayah.

Berdoa dengan penuh hormat berarti menempatkan Allah sebagai Allah. Hal itu berarti kita tidak menjelaskan doa kita atau bertindak seolah-olah kita bodoh. Kita berbicara kepada Tuhan, Pencipta semuanya, Tuhan atas jagat raya, dan Tuhan atas segala tuan sehingga kita harus menunjukkan rasa hormat kepada-Nya.

Ayat Kunci
Korban sembelihan kepada Allah ialah jiwa yang hancur; hati yang patah dan remuk tidak akan Kaupandang hina, ya Allah (Mzm. 51:19).

Ayat Terkait
Ams. 1:7; Ams. 28:9; Mat. 6:5-13; Ibr. 10:2

Catatan untuk Para Pelayan Anak
Apabila kita menyelesaikan secara tepat bagaimana sikap yang seharusnya anak-anak miliki, posisi mereka, atau berbicara ketika berdoa, mereka mungkin memiliki gagasan bahwa Allah mengharapkan suatu penampilan daripada sebuah ekspresi khusus. Berikanlah anak Anda ruang untuk bertumbuh dalam cara yang benar ketika mereka berdoa.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
What Happens When We Ask Jesus to be Our Saviour
Judul Buku: 
107 Pertanyaan Anak-anak tentang Doa (Terjemahan dari 107 Question Children Ask about Prayer)
Pengarang: 
Dave Verman, Jim Galvin, Jim Wilhoit, Daryl Lucas, Rick Osborne, Jon Farfar, Lil Crump
Halaman: 
18
Penerbit: 
Betlehem Publishers
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1998

Komentar