Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menyusun Kalimat


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Persiapan:

  1. Kertas putih yang berukuran 5 x 6 cm.
  2. Ballpoint.
    [Jumlah kertas dan ballpoint sesuai dengan jumlah peserta.]
  3. Selotip.
  4. Beberapa hadiah.
  5. Permainan ini sebaiknya dilakukan di luar ruangan.

Cara bermain:
Semua peserta duduk membentuk lingkaran. Pemimpin memberikan penjelasan tentang permainan itu, kemudian meminta para peserta untuk berdiri. Jumlah peserta harus sebanyak jumlah kata yang terdapat dalam ayat Alkitab yang dipilih. Kemudian para peserta membentuk barisan, masing-masing diberi sehelai kertas kosong dan sebuah bolpoin.

Kertas-kertas berukuran 5 x 6 cm yang telah ditulisi (setiap kertas hanya ditulisi satu kata) ayat Alkitab itu, ditempelkan pada punggung para peserta dengan memberitahu mereka terlebih dahulu bahwa kalimat itu adalah ayat Alkitab.

Para peserta harus berusaha mencatat kata-kata yang terdapat pada punggung peserta lain, tetapi ia juga harus berusaha supaya pihak yang lain tidak dapat melihat kata yang tertempel di punggungnya dengan cara menghindar atau berlari ke sana kemari.

Peserta permainan harus menyusun kembali kata-kata yang telah dicatat itu dan menebak kata-kata yang terdapat di punggungnya sendiri. Bila ia salah mengucapkannya, angkanya akan dikurangi.

Penonton tidak boleh memberitahukannya kepada para peserta, dan peserta permainan juga tidak boleh menyontek tulisan yang ada pada kertas orang lain.

Waktu yang diperlukan untuk permainan tersebut ialah 3 sampai dengan 5 menit, tergantung pada panjang atau pendeknya ayat Alkitab itu. Bila peluit dibunyikan, permainan dimulai dan bila waktu yang tersedia telah habis, peluit dibunyikan kembali untuk yang kedua kalinya. Semua peserta harus berhenti menulis dan menyerahkan kertasnya kepada pemimpin permainan.

Peserta yang berhasil menyusun kalimat dengan benar menjadi pemenang dan mendapat hadiah.

Tujuan:
Memberi kesempatan kepada setiap peserta untuk mengingat kembali ayat-ayat Alkitab yang mudah untuk diketahui dan diingat. (Filipi 4:8)

Kategori Bahan PEPAK: Aktivitas dan Ketrampilan Anak

Sumber
Judul Buku: 
100 Permainan dan 500 Kuis Alkitab
Pengarang: 
Dr. Mary Go Setiawani dan Rachmiati
Halaman: 
135 - 136
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung
Tahun: 
1994

Komentar