Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Siapakah Roh Kudus Itu? (Yohanes 13 dan 16)


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ayat untuk kelas kecil
Matius 28:19-20

Ayat untuk kelas besar
Matius 28:19-20

Tujuan pelajaran
Menjelaskan siapakah Roh Kudus itu.
Menjelaskan mengapa Roh Kudus itu penting bagi kita.

Pembukaan
Pernahkah kamu merasa bersalah saat melakukan suatu kesalahan? Atau saat kamu melakukan kesalahan, ada sesuatu di sampingmu yang mengatakan kata "tidak"? Hari ini kita akan belajar sedikit tentang hal ini.

Cerita Alkitab
Catatan: bagian pelajaran berikut ini diberikan untuk menolong dalam menyampaikan pelajaran. Bacalah seluruh ceritanya dan bacalah ceritanya di Alkitab. Jangan hanya membacanya dari bagian ini. Sebaliknya, buatlah catatan dan tempatkanlah di samping bagian Alkitab yang menceritakan hal ini.

Minggu ini kita akan belajar tentang Pribadi yang ketiga, yaitu Roh Kudus. Yesus menyebutkan Roh Kudus dalam Alkitab dan Yesus mengatakan kepada kita siapakah Roh Kudus itu dan apa yang dilakukan-Nya untuk kita.

Pada perjamuan makan malam yang terakhir sebelum Yesus wafat dan bangkit kembali, Yesus membicarakan banyak hal kepada sahabat-sahabat-Nya. Ia bahkan menyediakan waktu untuk membasuh kaki mereka yang kotor. Ia ingin mereka melihat teladan-Nya dan supaya mereka juga ingin menolong orang lain.

Yesus mengatakan kepada sahabat-sahabat-Nya bahwa Ia akan segera pergi. Ia juga mengatakan bahwa Roh Kudus akan datang setelah Ia pergi. Yesus menyebut Roh Kudus sebagai "Penghibur". Kemudian Ia mengatakan kepada mereka tentang apa saja yang akan dilakukan oleh Roh Kudus.

Pertama, Roh Kudus menolong orang mengetahui bahwa mereka telah melakukan kesalahan dan Roh Kudus menuntun mereka datang kepada Allah. Roh Kudus menolong kita untuk mengerti bahwa percaya kepada Yesus merupakan satu-satunya cara untuk bisa menuju surga.

Kedua, Roh Kudus membantu kita untuk melakukan hal-hal yang benar. Ia seperti kesadaran kita yang membantu kita untuk tahu kapan kita melakukan hal-hal yang salah atau benar. Hal ini tidak berarti bahwa jika kamu tidak merasa "bersalah" tentang sesuatu, maka hal itu adalah benar. Roh Kudus mungkin sedang mencoba untuk menegurmu, tetapi kamu mungkin tidak mendengarkannya.

Ketiga, Roh Kudus membantu kita memahami Alkitab. Ketika kita membaca Alkitab, Ia bisa membantu kita memahaminya dan menerapkannya dalam apa yang sedang terjadi dalam hidup kita. Roh Kudus juga berdoa untuk kita. Alkitab mengatakan bahwa Roh Kudus berdoa kepada Allah saat kita kadang-kadang tidak tahu bagaimana atau apa yang perlu didoakan. Roh Kudus disebut sebagai Konselor kita yang dapat membantu kita saat kita membutuhkan-Nya. Ia menghibur kita saat menghadapi masa-masa sulit. Roh Kudus juga membantu kita mengetahui karunia-karunia khusus atau kemampuan-kemampuan yang Tuhan berikan kepada kita. Kita tahu ada orang yang pandai menggambar, berolahraga, atau menyanyi. Karunia yang Tuhan berikan kepada kita berbeda-beda. Setiap orang Kristen memiliki karunia khusus. Roh Kudus bisa membantu kita menemukan apa karunia kita dan menggunakannya untuk menolong orang lain. Beberapa karunia yang Tuhan berikan antara lain adalah mengajar, menolong, belas kasih, kebaikan hati kepada orang lain, memberi semangat kepada orang lain, memimpin, dan mengetahui benar atau salah. Satu hal yang harus diingat: Jangan pernah kita menginginkan karunia yang dimiliki oleh orang lain; kita harus mensyukuri karunia yang telah Tuhan berikan kepada kita dan kita harus menggunakannya untuk menolong orang lain.

Roh Kudus bukanlah seseorang yang dapat kita lihat atau sentuh. Tapi kehadiran-Nya benar-benar nyata. Kehadirannya seperti angin. Kita tidak bisa melihat-Nya tetapi kita bisa melihat dampaknya. Simbol lainnya adalah oksigen. Kita bernapas memerlukan oksigen, tetapi kita tidak bisa melihatnya. Oksigen ada di dalam api dan air. Tanpa oksigen kita tidak bisa mendapatkan keduanya.

Roh Kudus juga membantu kita menghasilkan buah roh: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, dan penguasaan diri. Roh Kudus akan membantu kita menghasilkan kualitas ini dalam hidup kita.

Allah, Yesus, dan Roh Kudus, tiga pribadi yang berbeda tetapi bersama-sama. Kadang-kadang sulit untuk memahami kenyataan ini. Ada beberapa gambaran untuk membantu kita mengetahui bagaimana hal ini bisa terjadi. Sebutir telur memunyai bagian yang berwarna putih, kuning, dan cangkang. Ada satu benda, tetapi terdapat tiga bagian yang berbeda. Seseorang bisa menjadi seorang anak, saudara, dan teman. Air bisa berbentuk uap, cair, atau padat.

Roh Kudus itu penting bagi kita bila kita percaya kepada Yesus. Kenyataannya, Roh Kudus membantu kita mengetahui bahwa kita memerlukan Tuhan dan kita tidak bisa ke surga sendiri. Satu-satunya cara untuk bisa ke surga adalah dengan percaya bahwa Yesus menggantikan kita dan membayar hukuman kita atas kesalahan yang telah kita lakukan.

Kemudian, kita harus mengaku kepada Allah bahwa kita menyesali semua kesalahan yang telah kita lakukan dan meminta Yesus untuk masuk dalam hidup kita. Yesus masuk ke dalam hidup kita dan menjadikan kita seperti manusia baru. Ia mengubah perilaku kita dan membantu kita menjadi seperti Yesus.

Jika kita ingin Yesus masuk ke dalam hidupmu, katakan bagaimana Ia bisa mengubah hidupmu.

Kegiatan pelajaran:
Bantulah murid memahami pelajaran yang diberikan.

Doa:
Doakan supaya kita mengikut Tuhan dan melakukan apa yang dikatakan-Nya minggu ini. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Artikel: 
Explaining the Holy Spirit to Children
Judul Buku: 
Domestic-Church.Com

Komentar