Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Yesus Naik ke Surga


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan Alkitab:
Kisah Para Rasul 1:6-14

Tujuan Umum:
Anak mengenal dan memahami Allah yang rela mengorbankan diri-Nya untuk menyelamatkan manusia di dalam dan melalui Yesus Kristus.

Tujuan Khusus:
Anak dapat:

  1. Menceritakan bahwa sesudah menampakkan, diri pada murid-murid- Nya, Tuhan Yesus kembali ke sorga.
  2. Menjelaskan sekalipun Tuhan Yesus sudah naik ke sorga, tetapi Roh-Nya, Roh Kudus, tetap menyertai kita.
  3. Menyebutkan nama bukit di mana Tuhan Yesus terangkat ke sorga.
  4. Menyebutkan tugas yang diberikan Tuhan Yesus kepada murid- murid-Nya.
  5. Menyebutkan cara yang mau dipergunakannya untuk memenuhi tugas yang diberikan Tuhan Yesus itu.

Ayat Hafalan:

"Kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria sampai ke ujung bumi." (Kisah Para Rasul 1:8)

Materi Pelajaran:

UNTUK GURU

1. Penjelasan bahan Alkitab:
Setelah selama 40 hari Yesus menampakkan diri sesudah kebangkitan-Nya, Tuhan Yesus kembali ke sorga.

Kisah Yesus terangkat ke sorga yang dikisahkan dalam kitab Kisah Rasul ini 1 lebih mendetail daripada apa yang dituliskan dalam kitab-kitab Injil. Dalam kisah ini perpisahan antara Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya diikuti dengan penugasan bagi para murid. Jadi perpisahan ini bukanlah akhir dari tugas murid selaku murid, melainkan awal dari tugas mereka selaku utusan Allah.

2. Renungan:
Sekarang ini kita selaku pengikut kristus tidak lagi mengalami kehadiran Tuhan Yesus secara jasmani. Mungkin kita bertanya, mengapa kita percaya sedangkan kita tidak dapat melihat Tuhan Yesus. Kisah yesus terangkat ke sorga ini dapat memberi jawaban atas pertanyaan tadi. Pertama, kepercayaan kita yang penuh atas berita kebangkitan itulah yang memampukan kita mempercayai Tuhan Yesus sebagai Tuhan walau tanpa kehadiran-Nya-secara jasmani. Kedua, kehadiran Roh Kudus seperti yang dijanjikan Tuhan Yesus sebelum Ia terangkat ke sorga menguatkan orang-orang percaya. Ketiga, tidak dapat diabaikan kesaksian para Rasul. Karena kesaksian merekalah banyak orang menerima berita keselamatan, termasuk kita sebagai pengikut Kristus masa kini.

Sebelum Tuhan Yesus terangkat, tugas menjadi saksi diberikan pada para murid. Namun tugas itu bukan hanya berlaku bagi para murid jaman dulu saja, tapi juga bagi mereka yang mengaku murid Kristus pada masa kini. Dengan demikian sudah sepatutnya berita sukacita yang telah kita terima melalui kesaksian para Rasul juga kita beritakan pada mereka, orang-orang yang belum mendengar tentang Dia.

Sebagai guru sekolah minggu tentu tugas ini juga menjadi bagian kita sekalian. Dan kesaksian ini tidak hanya terbatas diberikan pada anak-anak saja melainkan juga pada semua orang. Pertanyaan sekarang, apakah kita mampu dan mau menjadi saksi Kristus di dunia sekarang ini?

UNTUK ANAK

1. Pendahuluan:
Sebagai pendahuluan kita akan ajak anak-anak melakukan permainan "Menyampaikan Berita".

Caranya: Guru menunjuk seorang anak untuk menyampaikan berita kepada kawannya. Bisikkan pada telinga anak itu sebuah pesan pendek: "YESUS SUDAH BANGKIT!" Kemudian minta anak itu untuk membisikkan pesan tersebut di telinga kawan yang ada di membisikkan berita/pesan yang sama kepada teman yang lain pula, yang ada di sampingnya. Kita akan lihat, berapa cepat berita/ pesan itu sampai kepada semua anak yang ada di dalam kelas.

Selesai melakukan permainan ini, guru mengajak anak-anak menyanyikan sebuah lagu, baru kemudian memasuki bagian cerita.

CERITA

Yesus sudah bangkit dari antara orang mati. Ia sudah bertemu dengan murid-murid-Nya beberapa kali. Pada hari keempatpuluh setelah kebangkitan-Nya, Tuhan Yesus mengajak murid-murid-Nya pergi ke bukit Zaitun. Di bukit itu mereka bercakap-cakap seperti biasanya. Murid- murid merasa senang karena mereka boleh berkumpul lagi. Dalam hatinya murid-murid mengharapkan Yesus akan tetap tinggal bersama mereka.

Tapi keadaannya ternyata tidak begitu. Sebab Yesus kemudian berkata: "Murid-muridKu, dengarkanlah baik-baik. Aku harus kembali kepada Allah Bapa-Ku di sorga. Sedangkan kalian tetap tinggal di sini. Tapi jangan takut, Aku akan mengirim Roh-Ku, Roh Kudus, untuk tinggal bersama kalian."

"Tapi Guru, itu berarti kami tidak dapat melihat Guru lagi," kata seorang murid.

"Betul," jawab Yesus. "Tapi biarpun Aku tidak kelihatan, Aku tetap bersamamu karena Roh Kudus menyertaimu. Nah, sekarang dengarlah kalian baik-baik. Aku akan memberi tugas pada kamu semua. Kamu harus bercerita tentang diri-Ku kepada siapa saja yang ada di kota Yerusalem, juga di Yudea, di Samaria, dan di seluruh dunia. Semua orang harus tahu mengenai Aku dan harus hidup menurut kehendak-Ku."

Setelah berkata-kata demikian, di hadapan murid-murid-Nya secara perlahan-lahan Yesus terangkat ke surga. Makin lama makin tinggi, sampai akhirnya tidak kelihatan lagi.

Sementara itu murid-murid terus memandang ke atas, seperti orang bingung. Tapi kemudian datang seorang malaikat memperingatkan mereka. Kata malaikat: "Hai, mengapa kalian berdiri saja di situ? Yesus sudah terangkat ke sorga, seperti yang sudah kamu lihat. Sekarang kalian pergilah dan lakukan apa yang ditugaskan Yesus."

Murid-murid tersadar, lalu mereka kembali ke kota Yerusalem. Setelah mereka menerima Roh Kudus, mereka bercerita tentang Tuhan Yesus kepada siapa saja, sampai akhirnya kita juga tahu mengenai Tuhan Yesus dan kehendak-Nya.

Nah, tadi kita sudah bermain "Menyampaikan Berita". Setelah kita mendengar cerita tadi, maka kita akan benar-benar menyampaikan pesan Tuhan Yesus kepada siapa saja yang kita temui, bukan?

Evaluasi:
Minta anak-anak mengungkapkan cara-cara yang hendak mereka pakai untuk menceritakan tentang Tuhan Yesus kepada orang lain. Cara-cara yang disebutkan anak-anak itu bisa dilakukan sebagai suatu latihan di antara mereka sendiri, untuk kemudian dipraktekkan dalam hidupnya.

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Buku: 
Pedoman Sekolah Minggu Anak Kecil (Umur 7 - 9 Tahun) Tahun II Jilid I
Halaman: 
149 - 154
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1994

Komentar