Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kemurahan Dorkas


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Suatu hari Tini dan ibunya sedang membicarakan salah seorang jemaat di gereja mereka, yang bernama Ibu Santi. Setiap orang di gereja mengasihi Ibu Santi. Banyak anggota gereja yang mengenal Ibu Santi karena ia selalu mengunjungi anggota-anggota jemaat yang sakit dan memberikan bantuan atau makanan kepada keluarga-keluarga yang membutuhkan.

"Ia seperti Dorkas," kata Ibu kepada Tini.

"Seperti siapa, Bu?" tanya Tini.

"Seperti Dorkas, Tini" ulang Ibu. "Sudahkah kamu mengenal tokoh Dorkas yang ada dalam Alkitab?" tanya Ibu.

Lalu ibu membacakan cerita tentang Dorkas kepada Tini dan mengajukan beberapa pertanyaan mengenai hal menolong orang lain.

Renungan Singkat tentang Hal Menolong Orang Lain:

  • Mengapa setiap orang di gereja mengasihi Ibu Santi? Apakah kamu kenal dengan orang yang seperti dia?
  • Mengapa menolong orang lain itu menyenangkan? Apakah akan lebih menyenangkan jika kamu menyimpan apa yang kamu miliki untuk dirimu sendiri dan tidak pernah memberikannya kepada orang lain? Apakah akan lebih menyenangkan jika kamu menghabiskan waktumu untuk kepentingan dirimu sendiri, tetapi tidak pernah berbuat apa pun untuk orang lain? Mengapa tidak?
Maukah kamu membacakan cerita tentang Dorkas atau menyuruh seseorang membacakannya untukmu? Kamu dapat menemukan ayat-ayatnya dalam Kisah Para Rasul 9:36-42.

Renungan Singkat tentang Tuhan Yesus dan Kamu:

  • Orang yang bagaimanakah Dorkas itu? Menurut kamu, mengapa ia melakukan begitu banyak hal yang menyenangkan bagi orang lain? Mengapa orang-orang begitu mengasihi dia?
  • Menurut kamu, apakah Tuhan Yesus merasa senang jika kita berbuat seperti Dorkas? Mengapa? Maukah kamu menjadi orang yang suka memberi seperti Dorkas? Hal-hal apa saja yang dapat kamu lakukan?
Bacaan Alkitab:

Kisah Para Rasul 9:36-42

Kebenaran Alkitab:

"Barangsiapa mengasihi Allah, ia juga harus mengasihi saudaranya." (1 Yohanes 4:21)

Doa:

Ya Tuhan Yesus, Engkau telah memerintahkan agar saya mengasihi orang lain, memiliki tangan yang rela melakukan pekerjaan-Mu, dan menolong orang lain untuk belajar mengasihi. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
130 - 131
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar