Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Peduli - Apakah Artinya?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Artikel berikut ini sebenarnya ditujukan untuk anak-anak (pra Remaja atau Remaja). Oleh karena itu, bahasa yang dipakai cukup sederhana untuk dipahami oleh mereka. Namun demikian, guru SM dapat juga menggunakannya untuk mengajar anak atau murid yang lebih kecil dengan cara menyampaikannya dengan bahasa yang dimengerti anak-anak dan disertai contoh-contoh praktis. Dalam Bahan Mengajar ini Anda dapat menemukan cara-cara praktis untuk melatih dan membangun karakter peduli dalam diri anak. Selamat mengajar!

PEDULI - APAKAH ARTINYA?

Suatu hari, seekor burung dara besar yang bergabung terbang ke jendela rumah kami. Ia jatuh dan tidak bergerak. Tiba-tiba saja turun seekor burung dara lainnya ke dekat burung pertama yang jatuh tadi. Burung dara yang kedua mulai bersuara dan mengangguk-anggukkan kepalanya. Ia temani burung yang pertama tadi selama kira-kira dua puluh menit, membujuknya. Lalu, burung dara yang besar itu bangkit berdiri. Suara burung yang lebih kecil itu berubah nyaring seolah- olah menegur. Ia melompat-lompat dan terus bersuara nyaring hingga burung dara yang besar akhirnya mengibaskan sayapnya dan terbang bersama pasangannya itu. Dengan menemani serta menolong pasangannya, burung dara yang kedua tampaknya menunjukkan bahwa ia peduli terhadap pasangannya itu.

Peduli adalah soal bagaimana kita memperlakukan sesama kita. Menunjukkan kepedulian, bersikap baik hati, mau berbagi, menolong, dan memberi adalah cara-cara kita untuk menunjukkan bahwa kita peduli. Kalau kamu membagi cokelatmu dengan adikmu atau menolong ayahmu membersihkan dapur, kamu menunjukkan bahwa kamu peduli.

Kalau kamu memungut kertas-kertas bekas yang berserakan di lantai ruang kelasmu, kamu menunjukkan kepada gurumu bahwa kamu peduli. Kamu tunjukkan kepada nenekmu bahwa kamu peduli kalau kamu pindah duduk di lantai agar nenekmu bisa duduk di kursimu. Kamu tunjukkan kepada para tetanggamu bahwa kamu peduli kalau kamu antarkan surat kabar mereka ke depan pintu atau membersihkan salju dari depan rumah mereka.

Setiap harinya, ada ratusan cara yang bisa kamu pakai untuk menunjukkan bahwa kamu peduli. Dan salah satu hal yang paling menyenangkan soal peduli kepada sesama adalah bahwa kemungkinan besar mereka pun akan membalasnya dengan kebaikan.

Kamu mungkin berkata, "Tidak juga. Saya meminjamkan sepeda saya kepada teman saya, tetapi ia malah membengkokkan bempernya, bahkan tanpa minta maaf!"

Memang benar bahwa orang tidak selalu memperlakukanmu dengan cara yang sama pedulinya seperti kamu memperlakukan mereka. Tetapi dengan berjalannya waktu kamu akan menemukan bahwa teman-temanmu, keluargamu, dan guru-gurumu biasanya akan menghargai perbuatan- perbuatan baikmu dan membalasnya dengan kebaikan pula.

Umpamakanlah kamu melemparkan sebuah bola pantai ke laut. Bolanya akan kembali kepadamu, seberapa keras atau jauh pun kamu melemparkannya. Gelombang akan terus menghempas pantainya, dan tahu- tahu bolamu pun kembali ke pantai.

Perkataan dan perbuatan baik adalah demikian, kamu melontarkannya, tiba-tiba seseorang mengucapkan atau melakukan sesuatu untuk menunjukkan bahwa ia peduli kepadamu. Sikap peduli menjadikan dunia lebih baik bagi semua orang.

BAGAIMANA KAMU BISA MENUNJUKKAN BAHWA KAMU PEDULI

Ada banyak cara agar kamu bisa menunjukkan bahwa kamu peduli. Empat cara penting adalah lewat perkataanmu, perbuatanmu, pemikiranmu, dan pemberianmu.

  1. Perkataan yang mengungkapkan bahwa kamu peduli.

    Kamu bisa mengucapkan kata-kata yang baik kepada sesama, bahkan kepada orang-orang yang tidak terlalu kamu sukai. Mungkin kamu bertanya-tanya, "Untuk apa saya mengucapkan sesuatu yang baik kepada seseorang yang tidak saya sukai?" Seringkali, kita menyangka bahwa kita tidak suka kepada seseorang, namun yang sesungguhnya tidak kita sukai adalah perbuatannya atau sesuatu tentang dirinya. Kebanyakan orang ingin disukai. Kalau kamu bisa menemukan kata yang baik untuk diucapkan, mungkin kamu tidak akan menyangka akibatnya. Mungkin saja, ia membalasnya dengan perkataan yang baik pula.

  2. Terkadang, perkataan yang paling baik adalah perkataan yang tidak kamu ucapkan. Janganlah menjelekkan orang di belakang mereka. Janganlah menyebarkan gosip atau cerita buruk, seandainya pun kamu anggap itu benar. Renungkanlah bagaimana perasaanmu sendiri seandainya orang mengatakan hal-hal yang buruk tentangmu.

    Perbuatan yang mengungkapkan bahwa kamu peduli.

    Kamu bisa membantu dan berbagi. Mungkin kamu bisa membereskan tempat tidur adikmu. Mungkin kamu bisa membantu seseorang yang bergumul dengan PR-nya. Kalau kamu memberi makan hewan peliharaan temannya sementara ia berlibur dengan keluarganya, kamu menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap temanmu sekaligus hewan peliharaannya. Membagi popcorn, mainan, dan waktumu juga menunjukkan bahwa kamu peduli.

    Pemikiran yang mengungkapkan bahwa kamu peduli.

    Memikirkan hal-hal baik tentang sesama bisa menolong mereka, sebab mungkin saja mereka merasakan pemikiran-pemikiran baik yang kamu pikirkan tentang mereka. Dan pemikiran yang mengungkapkan bahwa kamu peduli bisa menuntun kepada perbuatan yang mengungkapkan bahwa kamu peduli: Seringkali kamu melakukan apa yang kamu pikirkan. Pemikiran yang baik tentang orang lain juga bisa membantumu. Ketika kamu memikirkan hal-hal yang baik tentang seseorang, itu membantumu merasa lebih senang dan damai dalam hati.

    Cobalah! Mungkin kamu sedikit cemburu karena temanmu mempunyai banyak mainan, sementara kamu tidak. Janganlah membuat dirimu lebih cemburu dengan berpikir, "Sungguh tidak adil!" atau "Ia mujur sekali, mengapa aku tidak ya?" Sebagai gantinya, pikirkanlah apa yang kamu sukai tentang temanmu itu. Umpamanya, "Ia seorang teman yang baik sebab ia suka menyediakan tempat duduk bagiku di bus." Atau, "Biasanya ia mau berbagi. Sungguh senang mempunyai teman seperti itu".

  3. Pemberian yang mengungkapkan bahwa kamu peduli.

    Kamu bisa membelikan mereka kado, tetapi seringkali kado yang kamu buat sendiri itulah yang lebih menunjukkan bahwa kamu peduli. Kamu bisa saja membuatkan kartu untuk saudara sepupumu. Atau kamu bisa saja memberikan sarung tangan bersih dan hangat atau jaket yang sudah kekecilan. Mungkin, kamu dengan ibumu bisa membantu menanamkan pohon di halaman depan tetanggamu -- itu akan menjadi pemberian bagi semua orang yang lewat. Kamu tidak perlu memberikan kado hanya pada hari ulang tahun atau liburan saja. Teruslah memberi di saat kamu senang atau pun di saat kamu susah. Ingatlah, ketika kamu melakukan sesuatu yang baik, itu bisa membuatmu senang. Suasana hatimu mungkin akan menjadi lebih baik setelah kamu memberikan sesuatu kepada seseorang.

CARA-CARA LAIN UNTUK MENUNJUKKAN KAMU PEDULI

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk menunjukkan bahwa kamu peduli terhadap seseorang.

Di rumah

  1. Membuang sampah.
  2. Membaca cerita untuk adik.
  3. Membiarkan orang lain yang memilih saluran televisi.
  4. Membantu kakek menyemir sepatu.
  5. Mengatakan kepada adikmu bahwa kamu sayang kepadanya.

Di sekolah

  1. Tersenyum kepada seseorang yang belum kamu kenal.
  2. Duduk dengan seseorang yang tidak terlalu kamu sukai dan mencoba lebih mengenalnya.
  3. Mengatakan "Bagus sekali!" kepada seseorang yang baik lemparannya, tangkapannya, atau larinya.
  4. Membagi pensil atau kertas.
  5. Menawarkan diri untuk merapikan buku di rak.

Rencanahan dan laksanakanlah suatu pelayanan

Suatu ungkapan kebaikan yang kita perbuat bagi orang lain disebut pelayanan. Kamu bisa melakukan pelayanan bagi seseorang di lingkunganmu atau sekolahmu. Renungkanlah seseorang kepada siapa kamu ingin mengungkapkan kebaikan. Mungkin seorang teman baik atau seseorang yang tidak terlalu kamu kenal. Kamu bisa mengumpulkan pakaian bekas dari teman-temanmu dan menyumbangkannya ke tempat penampungan keluarga. Mungkin kamu mempunyai tetangga yang ingin dikunjungi secara teratur. Putuskanlah kepada siapa kamu ingin mengungkapkan kebaikan. Tanyakanlah kepada ayah atau ibumu untuk memastikan itu pantas. Lalu laksanakanlah!

Peduli lingkungan

Lingkungan adalah dunia di sekelilingmu. Rumah dimana kamu tinggal, jalanan yang kamu lewati, dan ruang kelas serta ruang lain di sekolahmu. Udara yang kamu hirup, danau, atau sungai dimana kamu berenang, pepohonan yang kamu panjat, dan dataran tinggi atau gurun yang suka kamu jelajahi.

Bicarakanlah dengan keluarga dan teman-teman tentang cara-cara kamu bisa mengungkapkan bahwa kamu peduli lingkungan. Bersama- sama, kamu bisa melakukan banyak hal untuk membantu memelihara dunia tetap bersih dan aman bagi semua orang. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu perbuat:

  1. Mengumpulkan kaleng, botol, dan wadah plastik untuk didaur ulang.
  2. Membuat kertas kado dari surat kabar bekas.
  3. Memunguti sampah di sepanjang jalan tol atau membersihkan lahan kosong (Pastikanlah melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dengan orang dewasa).
  4. Menanam atau berkebun.
  5. Mencarikan rumah bagi hewan yang membutuhkannya.

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
Character Building untuk Anak-Anak
Pengarang: 
Barbara A. Lewis
Halaman: 
25 - 35
Penerbit: 
Karisma
Kota: 
Batam
Tahun: 
2004

Komentar