Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Belajar Mengatasi Kesulitan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ayah sedang bercakap-cakap dengan kedua anak laki-lakinya, "Bagaimanakah cara yang terbaik untuk mengatasi kesulitan?" tanya ayah kepada mereka.

"Saya tahu," kata yang seorang. "Jangan berbuat apa-apa. Jika kamu tidak pernah berbuat apa-apa, maka kamu tidak akan pernah menghadapi kesulitan."

"Bukan begitu caranya," kata anak yang satu lagi. "Kita harus terus melakukan sesuatu yang kita anggap benar, tetapi jika kita mengalami kesulitan, kita harus meminta kepada Allah agar menolong kita dalam mengatasinya.

Renungan Singkat tentang Kesulitan:
  1. Anak laki-laki manakah yang memberikan cara yang benar untuk mengatasi kesulitan? Apakah kamu harus berhenti melakukan segala sesuatu agar tidak mendapat kesulitan? Atau, apakah kamu harus meminta Allah agar menolongmu jika kesulitan itu datang?

  2. Jika kamu tidak pernah melakukan sesuatu, bagaimanakah kamu dapat menyenangkan hati Allah?

"Ingatkah kamu akan mobil tua karatan yang kita lihat ketika kita melewati tempat penyimpanan mobil rongsokan?" tanya ayah. "Mobil itu tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Itulah sebabnya mobil itu tampak buruk. Jika kita berhenti melakukan hal-hal yag telah diperintahkan Allah supaya kita lakukan, kita dapat menjadi seperti mobil tua karatan itu."

"Saya tidak mau seperti mobil tua karatan itu," kata anak yang satu.

"Saya juga tidak mau," kata yang satu lagi.

"Mungkin kamu lebih suka menjadi seperti mobil kita sekarang ini," kata ayah. "Mobil itu dapat melakukan banyak hal yang baik untuk kita semua, dan dapat membawa kita ke tempat-tempat yang indah. Tetapi kadang-kadang saya harus memperbaikinya. Orang yang tahu banyak tentang mobil itu akan merawatnya dengan baik sehingga mobil itu akan selalu siap melakukan lebih banyak lagi hal-hal yang indah untuk kita.

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu:
  1. Apakah yang terjadi jika ayah menyimpan mobil keluarga di dalam garasi dan tidak pernah menggunakannya? Apakah mobil itu akan dapat membantu mengantarkan seluruh keluarga ke tempat-tempat yang indah? Apakah mobil itu akan dapat berfungsi sebagaimana seharusnya?

  2. Apakah lebih baik jika kamu membiarkan mobilmu melakukan fungsinya dan kemudian memperbaikinya jika mobil itu mengalami kerusakan? Apakah Allah ingin agar kamu tidak berbuat apa-apa atau apakah Ia ingin agar kamu melakukan hal-hal yang diciptakan-Nya untuk kamu lakukan? Apakah Ia akan menolong "memperbaiki" kesulitan-kesulitan pada waktu kamu menghadapinya? Apakah kamu meminta Allah agar menolongmu melakukan hal itu jika kamu menghadapi kesulitan?

Bacaan Alkitab:
Mazmur 46:1-3

Kebenaran Alkitab:
Allah adalah tempat perlindungan dan kekuatan kita. Ia akan selalu memberi pertolongan pada waktu kita menghadapi kesulitan (Mazmur 46:1).

Doa:
Ya Allah, saya tidak mau menyembunyikan diri dan tidak melakukan apa pun, karena saya tahu bahwa Engkau tidak ingin melihat saya berbuat seperti itu. Dalam nama Yesus. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
210 - 211
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar