Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Kreasi Mengajar dengan Metode Diskusi


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Diskusi merupakan satu kreasi mengajar dengan kata. Dengan diskusi kita dapat melatih tiap murid untuk berani berkata-kata dan mengeluarkan pendapatnya sendiri.

KREASI MENGAJAR DENGAN METODE DISKUSI

1. DISKUSI: JIKA AKU ORANG ISRAEL
Menilai orang Israel sebagai orang/bangsa yang keras kepala dan tidak taat memang mudah. Namun, bagaimana jika kita sendiri ada di dalamnya? Anak-anak diajak menghayati pergumulan orang Israel.

Contoh aplikasi kreasi dalam bercerita:

Bangsa Israel sangat lelah setelah melakukan perjalanan panjang di padang pasir (gambar bangsa Israel di padang pasir). Mereka sangat haus dan lelah, dan mulai bersungut-sungut kepada Tuhan (gambar orang Israel sedang bersungut-sungut). Mereka mulai berkata, "Wah tahu begini, lebih baik aku tidak ikut keluar dari Mesir, toh kita akan mati kehausan di gurun pasir. Mengapa Allah begitu jahat kepada kita? Kita dibuat-Nya sengsara di gurun. Bukankah lebih enak tinggal di Mesir karena di sana kita dapat makan dan minum? Wah, tidak lama lagi kita semua pasti mati kehausan. Mengapa Tuhan begitu jahat mengeluarkan kita dari Mesir?" Begitulah keluh kesah orang Israel kepada Tuhan.
Pertanyaan guru kepada anak:
Apa yang kamu lakukan seandainya kamu seorang Israel dan berada bersama mereka yang kelelahan dan kehausan pada waktu itu? Apakah kamu akan ikut marah dan berkeluh kesah kepada-Nya? Mengapa? Apa yang akan kamu katakan kepada Tuhan?
(Anak-anak diminta menulis jawabannya dan mendiskusikannya di kelas.)

Guru melanjutkan ceritanya:

Lalu, Musa mengangkat tongkatnya dan memukul sebongkah batu, maka keluarlah dari bongkahan batu itu sebuah mata air yang bersih (gambar Musa memukul batu dan keluar air dari dalamnya). Sehingga semua orang dapat minum dari mata air itu.
Pertanyaan guru kepada anak:
Apa yang kamu lakukan seandainya kamu orang Israel dan melihat mukjizat itu? Apa yang akan kamu katakan kepada Tuhan?
(Anak-anak diminta menulis jawabnya di kertas dan mendiskusikannya di kelas.)

Begitu seterusnya .... Guru dapat meneruskan cerita dan pertanyaan berikutnya.

2. DISKUSI: ANDAI AKU ANAK ORANG KAYA
Diskusi kali ini mengajak anak-anak menghayati pergumulan seorang kaya. Tentu saja, cerita harus diakhiri dengan penerapan yang mengajarkan sikap yang Tuhan kehendaki dari semua orang yang telah menerima karunia kekayaan.

Contoh aplikasi kreasi dalam bercerita:

Ada seorang yang sangat kaya (guru menunjukkan gambar orang kaya). Pada suatu ketika, ia bertemu dengan Yesus (gambar orang kaya berdialog dengan Yesus) dan bertanya, "Guru, bagaimana caranya aku dapat masuk dalam Kerajaan Surga? Jawab Yesus kepadanya, "Juallah seluruh milikmu dan bagi-bagikanlah kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di surga. Kemudian datanglah kemari dan ikutlah Aku." Ketika mendengar hal itu ia menjadi sedih sebab ia sangat kaya.
Pertanyaan guru kepada anak:
Seandainya kamu menjadi orang kaya dalam cerita itu, apa yang akan kamu lakukan ketika Yesus menyuruhmu menjual seluruh kekayaanmu? (Anak-anak diminta menulis jawabnya dan kemudian mendiskusikannya di kelas.)

Guru melanjutkan cerita:

Inti perumpamaan itu bukan berarti mengajak kita menjual harta milik kita sehingga menjadi miskin. Tuhan Yesus mengingatkan betapa orang kaya sangat bergantung pada kekayaannya dan tidak menempatkan Tuhan di atas kekayaannya.
Pertanyaan guru kepada anak:
Apa yang akan kamu lakukan seandainya kamu menjadi anak dari keluarga orang kaya? Menurutmu, siapakah yang memberikan kekayaan kepada orangtuamu? Apa yang dapat membuat orang hidup bahagia? Kekayaannya yang fana ataukah kalau ia memiliki Yesus?
(Anak-anak diminta menulis jawabnya dan mendiskusikannya di kelas.)

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Metode Anak Aktif dalam Bercerita dan Membaca Alkitab
Pengarang: 
Paulus Lie
Halaman: 
46 - 47
Penerbit: 
Yayasan Andi
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
2001

Komentar