Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pertumbuhan dalam Pengetahuan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Silakan kembangkan bahan berikut ini untuk memotivasi anak-anak didik Anda supaya terus bertumbuh dalam pengetahuan, sebagaimana yang Anda sendiri juga alami.

PERTUMBUHAN DALAM PENGETAHUAN

Cerita:
Di sekolah ada mata pelajaran yang dapat kalian mengerti dengan mudah sekali, tetapi ada juga pelajaran lain yang menuntut kalian harus belajar sungguh-sungguh sebelum kalian dapat mengerti. Pelajaran-pelajaran apa sajakah yang kalian terima di sekolah? Coba, sebutkan beberapa mata pelajaran itu [tulislah di papan tulis pada waktu mereka menyebutkannya]. Tetapi ada juga pelajaran yang harus dipelajari sepanjang tahun, tidak hanya semasa di sekolah. Mudah- mudahan kalian juga mendapat pelajaran agama. Sayang sekali kalau pikiran kalian berkembang dalam segala segi kecuali segi rohani. Banyak anak tidak diberi kesempatan untuk mengembangkan pikiran mereka dalam kekristenan. Tetapi kalian semua yang ikut Sekolah Minggu ini dapat menjadi orang yang serba bisa jika kalian mau memanfaatkan kesempatan kalian.

Coba, sebutkan beberapa hal yang dapat menggagalkan kita untuk bertambah dalam pengetahuan rohani, misalnya:

  1. Bermain-main dalam kelas.
  2. Berbisik-bisik sementara guru menerangkan.
  3. Melamun.
[Tulis di papan tulis pada waktu anak-anak menyebutkannya.]

Alkitab mengatakan, "Yesus ... bertambah hikmat-Nya." Itu berarti bahwa Ia belajar pada waktu di sekolah dan Ia mendengar serta belajar pada waktu pergi ke Bait Allah.

Kalian juga bisa belajar dari orang lain yang mempunyai pengalaman lain daripada yang kalian miliki. Kalian dapat belajar dengan mendengarkan orang-orang dewasa di sekeliling kalian.

Apa yang harus kalian lakukan jika kalian bertemu dengan orang yang selalu mengucapkan kata-kata buruk dan bersumpah atau menceritakan cerita kotor? Kalian boleh tinggal dan belajar dari orang itu, akan tetapi hal itu tidak pantas bagi orang Kristen. Kalian harus meninggalkan orang-orang yang berbicara seperti itu. Sama halnya terhadap acara TV atau majalah yang hanya berisi kisah pembunuhan, kelakar kotor, dan hal-hal lain yang mencemarkan pikiran. Jika kalian ingin bertambah dalam hikmat, kalian harus mengisi pikiran kalian dengan perkara-perkara yang baik. Kalian mungkin berpikir bahwa hal itu tidak begitu penting, tetapi apa yang kalian pelajari saat ini akan tinggal terus di dalam pikiran kalian.

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
Buku Pintar Sekolah Minggu jilid 1
Halaman: 
89
Penerbit: 
Yayasan Penerbit Gandum Mas
Kota: 
Malang
Tahun: 
1997

Komentar