Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mempersiapkan Rekreasi yang Menyenangkan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Sudah menjadi kewajiban bagi semua orang untuk menyegarkan semangat dan menguatkan tubuhnya dengan rekreasi yang sehat. Anak-anak sekolah Minggu kita pun memerlukan hal ini. Walaupun perjumpaan dan kegiatan di sekolah Minggu mungkin hanya satu kali dalam satu minggu, sekolah Minggu juga harus berperan untuk membangkitkan kembali semangat anak-anak yang sudah jenuh dengan rutinitas mereka sehari-hari melalui rekreasi. Mengajak anak untuk tamasya adalah suatu hal yang disarankan. Jadi, tak perlu ke tempat-tempat wisata yang mahal atau jauh.

Harus diingat jika akan mengadakan rekreasi, segala sesuatu dalam acara itu akan lebih mudah jika persiapan-persiapan dilakukan sebaik mungkin. Rekreasi akan menjadi menyenangkan sejak awal apabila kita melibatkan anak-anak sebagai bagian dari rencana persiapan itu. Bagaimana kita dapat melibatkan anak-anak dalam persiapan tersebut?

  1. Berikan beberapa pilihan kepada anak-anak terkait dengan hal-hal yang tidak saja menyangkut dirinya sendiri, tetapi juga memengaruhi seluruh peserta rekreasi secara keseluruhan. Misalnya memberikan beberapa pilihan tempat atau acara rekreasi. Mintalah mereka membuat pilihan tanpa memikirkan diri sendiri tetapi memikirkan seluruh anggota. Misalnya, jika pergi ke tempat yang jauh berarti biaya akan lebih mahal, apakah seluruh anggota bisa membayar iuran yang besar? Dengan begitu, melalui rekreasi, dari awal kita sudah memberikan pendidikan rohani kepada mereka dengan tidak memikirkan diri sendiri.
  2. Sebelum memulai kegiatan, beritahukan kepada anak-anak apa yang diharapkan dari mereka dalam rekreasi ini dan apa harapan mereka dalam rekreasi ini. Jika ada timbal balik seperti ini, kita dapat membuat rekreasi menjadi lebih menyenangkan. Karena ini adakanlah rekreasi sekolah Minggu, tentunya kita mengharapkan pengenalan mereka akan Allah disegarkan kembali melalui hal-hal yang ditemuinya dalam acara rekreasi tersebut. Entah melalui alam, melalui percakapan dengan teman-teman, melalui acara, dll.
  3. Jika memungkinkan siapkan tas piknik untuk setiap anak walaupun hanya terbuat dari kertas atau plastik. Minta setiap anak membawa daftar barang-barang apa saja yang akan mereka bawa ke rekreasi tersebut. Di sekolah Minggu, bersama-sama pilihkan barang yang perlu atau tidak perlu dibawa untuk dimasukkan dalam tas piknik mereka. Anak-anak pasti suka sekali dan semakin bersemangat mengikuti acara rekreasi ini.

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Sumber
Judul Buku: 
Butir-Butir Mutiara Rumah Tangga
Pengarang: 
Alex Sobur
Halaman: 
213 - 216
Bab: 
Rekreasi Keluarga
Penerbit: 
BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1987

Komentar