Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Tahukah Allah Apa yang Kita Pikirkan?


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Renungan di bawah ini dapat digunakan guru SM untuk mengajarkan kepada anak SM bahwa Tuhan mengetahui apapun yang mereka sedang pikirkan. Silakan modifikasi sendiri dengan metode mengajar yang sesuai dengan tingkat usia anak-anak SM anda.

TAHUKAH ALLAH APA YANG KITA PIKIRKAN?

"Buku ini menarik sekali!" kata Dodi. "Di dalamnya menceritakan tentang seorang laki-laki yang dapat mengetahui apa yang dipikirkan orang lain. Dapatkah Ibu melakukan hal itu? Tahukah Ibu apa yang sedang saya pikirkan?" tanya Dodi kepada ibunya.

Ibu tersenyum, "Bagaimana Ibu dapat mengetahuinya?" tanya ibu. "Hanya Allah yang mengetahuinya."

Dodi terdiam beberapa saat. "Apakah Allah benar-benar tahu apa yang sedang saya pikirkan?" tanya Dodi. "Tahukah ia setiap pikiran yang ada pada saya?"

Renungan Singkat tentang Apa yang Diketahui Allah:
  1. Tahukah kamu hal-hal yang dipikirkan teman-temanmu sebelum mereka mengatakannya? Tentu saja tidak. Tidak seorang pun dari teman atau anggota keluargamu yang mengetahuinya.

  2. Tetapi, tahukah kamu bahwa Allah mengetahui setiap hal yang kamu pikirkan? Alkitab sendiri yang mengatakannya.
Ibu membuka Alkitabnya pada kitab Mazmur 139 dan membacakan ayat satu sampai empat. Kemudian ia mengulang ayat empat, "Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN."

"Bu, Saya kira saya akan lebih berhati-hati dengan hal-hal yang saya pikirkan," kata Dodi.

Ibu tersenyum. "Pikiran kita seperti layar televisi yang dapat ditonton oleh Allah," kata ibu, "Jadi kita memang harus lebih berhati-hati dengan apa yang kita masukkan ke dalam pikiran kita."

Gagasan yang baik, bukan?

Renungan Singkat tentang Allah dan Kamu:
  1. Allah tahu apa yang kamu katakan atau doakan sebelum kamu membuka mulutmu. Ini menunjukkan betapa besarnya perhatian Allah terhadapmu.

  2. Pernahkah kamu berdoa dalam hati, tanpa membuka mulutmu? Kalau pernah, Allah tetap dapat mendengarkan doamu! Apakah kadang-kadang kamu berdoa dengan suara keras, bercakap-cakap dengan-Nya? Ia juga menyukai cara seperti itu.
Bacaan Alkitab:

Mazmur 139:1-4

Kebenaran Alkitab:

Sebelum saya mengucapkan sepatah kata pun, Tuhan telah mengetahui apa yang saya pikirkan (baca: Mazmur 139:4).

Doa:

Ya Tuhan Yesus, tolonglah saya agar memikirkan hal-hal yang Engkau sukai. Terima kasih Tuhan, karena Engkau telah menciptakan begitu banyak hal indah untuk saya pikirkan. Amin.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
100 Renungan Singkat untuk Anak-anak
Pengarang: 
V. Gilbert Beers
Halaman: 
30 - 31
Penerbit: 
Yayasan Kalam Hidup
Kota: 
Bandung

Komentar