Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Melibatkan Anak yang Memiliki Kelemahan Fisik dalam Kelas


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Suatu waktu, Anda mungkin memiliki kesempatan untuk mendidik anak yang memiliki kelemahan fisik, dari tingkat ringan sampai yang sangat berat.

Sejak anak dengan kelemahan fisik bergabung dalam kelasnya, seorang guru harus berbicara dengan orang tua anak tersebut sesegera mungkin. Mintalah saran terbaik untuk menerangkan keadaan anak mereka kepada teman-teman di kelasnya. Penjelasan yang rinci mengenai keadaan anak tersebut tidak perlu disampaikan kepada semua anak. Tetaplah jujur dengan memberi keterangan yang sesuai untuk memuaskan keingintahuan mereka. Sampaikanlah keterangan tersebut dengan tujuan untuk membuat anak lain nyaman dan turut senang dengan kehadiran anak yang memiliki kelemahan fisik tersebut. Sebagai contoh, Anda bisa berkata, "Kaki Brian tidak dapat melakukan hal yang sama seperti kaki kita, jadi dia membutuhkan kursi roda untuk membantunya. Kadang-kadang Brian juga membutuhkan kalian untuk membantunya mendorong kursi rodanya, tentu saja jika kalian bisa berhati-hati."

AKTIVITAS

Secara singkat, jelaskan kepada orang tua jenis-jenis kegiatan yang biasa dilakukan di kelas Anda. Kemudian minta mereka untuk menjelaskan kemampuan atau kelebihan anak mereka yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Misalnya, jika kecacatan pada tangan hanya merupakan cacat ringan, sebuah kegiatan seni yang tidak membutuhkan kehati-hatian dapat diberikan kepada anak tersebut. Informasi seperti ini sebaiknya Anda peroleh dari orang tua mereka. Sangat penting untuk mengarahkan perhatian kepada kemampuan anak-- sesuatu yang mampu mereka lakukan, atau bakat dalam diri mereka.

KEMAMPUAN ANAK

Anda dapat mengundang orang tua murid untuk menghadiri kegiatan kelas Anda. Dengan demikian, mereka dapat mengevaluasi kegiatan kelas dan memberi saran-saran kepada para guru mengenai kemampuan anak mereka untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kegiatan ini akan memberi kesempatan bagi para guru untuk mengamati metode yang digunakan orang tua dalam menangani anak yang memiliki kelemahan fisik. Misalnya, anak mereka mungkin dapat memegang krayon atau pensil jika jari-jarinya digerakkan ke posisi yang tepat. Orang tua mereka akan dengan senang hati menunjukkan metode yang terbaik untuk bekerja sama dengan anak mereka tersebut.

Jika tingkat kelemahan fisik anak tidak memungkinkan dirinya untuk melakukan beberapa kegiatan dalam proses belajar, selesaikan dulu bagian-bagian sulit itu dan fokuskan pada apa yang dapat ia lakukan untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Hal-hal yang menurutnya masih perlu dilakukan untuk menyelesaikan kegiatan itu dapat ia sampaikan kepada guru atau temannya.

Jika tingkat kelemahan fisik cukup berat, Anda mungkin memerlukan pengajar tambahan dalam kelas Anda. Untuk itu, Anda dapat memilih pengajar yang tidak terlalu nyaman mengajar banyak anak, tetapi lebih suka mendapat kesempatan melayani seorang anak yang membutuhkan perhatian mereka.

KASIH

Yang terpenting dalam setiap pertemuan bukanlah bagaimana anak dapat berpartisipasi dalam setiap kegiatan belajar, tetapi bagaimana para pelayan anak bisa mempraktikkan kasih Tuhan. Berdoalah, minta Tuhan memimpin Anda dalam memilih dan mengatur secara kreatif berbagai metode yang dapat melibatkan semua anak dalam setiap kegiatan belajar. Berdoalah juga untuk setiap anak dengan kebutuhan khusus, termasuk untuk keluarga mereka. (t/davida)

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Buku: 
Sunday School Smart Pages
Pengarang: 
Wes & Sheryl Haystead
Halaman: 
83
Bab: 
Physical Handicaps
Penerbit: 
Gospel Light
Kota: 
Ventura
Tahun: 
1992

Komentar