Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Dosa Adam dan Hawa


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Ayat Alkitab:
Kejadian 3:1-7

Cerita:
Allah menciptakan tempat yang sangat indah, namanya Eden. Eden adalah tempat tinggal Adam dan Hawa. Mereka disuruh memelihara tempat yang indah itu. Di Eden ada bermacam-macam pohon buah-buahan dan makanan pun cukup. Tidak ada duri, tidak ada angin kencang, atau hujan lebat. Di situ ada embun untuk menyejukkan tanaman. Tidak ada penyakit atau maut. Binatang tidak takut akan orang dan ular pun tidak beracun. Allah menyuruh Adam dan Hawa mengurus semua ciptaan- Nya. Allah bercakap-cakap dengan Adam dan Hawa dan bercerita mengenai banyak hal yang sangat menarik.

Allah berkata bahwa sebaiknya mereka mempunyai anak-anak supaya di dunia ini orang bertambah banyak. Adam dan Hawa sehati sepikir dengan Allah. Allah juga bercerita kepada Adam dan Hawa mengenai dua pohon yang ada di tengah Taman Eden. Pohon pertama disebut Pohon Kehidupan dan yang kedua disebut Pohon Pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Allah berkata bahwa mereka tidak boleh memakan buah dari pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Jika mereka memakannya mereka tidak boleh bersekutu lagi dengan Allah, dan mereka akan mati.

Pada suatu hari, Iblis memasukkan seekor ular supaya dia dapat menipu Hawa. Iblis mengatakan kepada Hawa,

"Kalian tidak akan mati, Allah mengatakan itu karena Dia tahu jika kalian makan buah itu, pikiran kalian akan terbuka; kalian akan menjadi seperti Allah dan mengetahui apa yang baik dan yang jahat."
Akhirnya hawa mengambil buah itu dan memakannya. Lalu Hawa membagi buah itu dan memberikannya kepada Adam. Adam pun memakannya.

Sesudah mereka memakan buah terlarang, Adam dan Hawa segera mengetahui bahwa mereka telanjang. Mereka langsung membuat pakaian dari dedaunan. Allah mengetahui bahwa Adam dan Hawa telah berdosa. Allah mengetahui segala sesuatu.

Kemudian, Adam dan Hawa mendengar Allah berjalan di Taman Eden itu dan mereka takut. Mereka menyembunyikan diri. Allah memanggil mereka, "Adam, di manakah engkau?"

Adam menjawab, "Saya mendengar Engkau di taman, saya takut, jadi saya bersembunyi karena telanjang."

Lalu Allah bertanya, "Siapa yang mengatakan kepadamu bahwa engkau telanjang? Apakah engkau memakan buah yang Kularang engkau makan itu?"

Adam berkata, "Perempuan yang Engkau berikan untuk menemani saya, telah memberi buah itu kepada saya, lalu saya memakannya."

Hawa berkata, "saya ditipu ular, sehingga saya makan buah itu."

Adam dan Hawa telah berdosa terhadap Allah oleh sebab mereka memberontak perintah-Nya. Mereka sama seperti iblis, tidak taat kepada Firman Allah.

Tanyakan kepada Murid-murid:
Sifat-sifat Allah yang mana yang dijelaskan dalam cerita? Bagaimana sifat-sifat itu di jelaskan?

Sifat-sifat Allah dalam Cerita Ini:

  1. Allah itu Mahakasih -- Allah membuat Taman Eden untuk Adam dan Hawa. Allah ingin supaya Adam mengurus semuanya. Allah dan Adam sehati sepikir.
  2. Allah itu Mahatahu -- Allah tahu bahwa Adam itu sudah berdosa. Allah tahu di mana Adam bersembunyi.

Pertanyaan:

  1. Allah mengingatkan Adam dan Hawa kalau mereka memakan buah dan pohon pengetahuan baik dan yang jahat mereka akan mati. Mengapa Allah mengingatkan mereka?
    (Jawaban: Oleh sebab Allah mengasihi mereka dan ingin tetap bersekutu dengan mereka.)
  2. Apakan dosa Adam dan Hawa?
    (Jawaban: Mereka tidak menaati Allah.)
  3. Mengapa Adam dan Hawa takut akan Allah sesudah mereka berdosa?
    (Jawaban: Oleh sebab mereka tahu bahwa mereka tidak taat dan mereka akan dihukum.)
  4. Menurut Anda apakah Allah dapat bertemu dengan Adam dan Hawa waktu mereka menyembunyikan diri?
    (Jawaban: Tentu saja! Allah melihat kita setiap waktu. Allah melihat segala perbuatan kita. Allah mengetahui perbuatan Adam dan Hawa sama seperti Allah mengetahui perbuatan kita -- walaupun di tempat yang gelap sekali.)
  5. Apakah akibat dosa Adam dan Hawa?
    (Jawaban: Mereka tidak lagi sehati sepikir dengan Allah. Tubuh mereka akan menjadi tua dan mereka akan meninggal.)
  6. Jika kita berdosa, apakah kita harus takut terhadap Allah?
    (Jawaban: Ya, Allah membenci dosa.)

Alat Peraga:
Pakailah gambar Adam dan Hawa di Taman Eden. Boleh juga pakai secarik kertas yang agak besar dengan kata "memberontak" ditulis dengan huruf besar.

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Sumber
Judul Buku: 
Sampaikan Cerita Keselamatan: Menyatakan Sifat-sifat Allah dan Kebenaran-Nya
Pengarang: 
Dell & Rachel Schultz
Halaman: 
27 - 29
Penerbit: 
Lembaga Literatur Baptis

Komentar