Menolong Anak Menerima Berita Menakutkan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Dua minggu terakhir telah membawa beberapa kisah menakutkan ke siklus berita kita. Dengan ketakutan akan virus corona dan tornado mengerikan yang melumpuhkan Nashville, anak-anak Anda mungkin merasa khawatir dan gelisah. Bagaimana kita bisa membicarakan berita menakutkan dengan anak-anak?

Saya pikir tip berikut ini bisa sangat membantu:

Gambar: anak dan Corona

Biarkan anak-anak memimpin diskusi. Kaji apa saja yang mereka ketahui. Mulailah dengan menanyakan apa yang anak Anda dengar tentang hal yang menakutkan (virus Corona, tornado, dll.). Dengan cara itu, Anda menjawab pertanyaan yang mereka miliki, bukan pertanyaan yang Anda anggap mereka miliki. (Jika kita menjawab pertanyaan yang tidak mereka miliki, kita justru berisiko menambah kecemasan mereka dengan hal-hal yang bahkan tidak mereka pikirkan.)

Beri anak-anak kesempatan untuk menyuarakan kekhawatiran mereka. Anda akan menemukan bahwa sering kali apa yang ada di pikiran mereka sangat spesifik: Bagaimana jika ibu saya sakit? Bisakah anak-anak mati? Akankah tornado datang ke rumah kita?

Ketika Anda memulai diskusi sulit ini dengan pertanyaan dan kekhawatiran dari mereka, Anda dapat membantu mengurangi ketakutan mereka karena Anda membahasnya secara langsung.

Bagaimana Anda menjawab pertanyaan mereka? Berikut ini beberapa usulan.

1. Jujurlah dan jangan bertele-tele dengan jawaban Anda. Dalam semua tulisan saya, saya menekankan untuk tidak pernah merendahkan anak-anak. Saya pikir hal yang sama berlaku ketika berbicara tentang berita menakutkan: anak-anak membutuhkan jawaban langsung dan jujur, bukan jaminan kosong. Misalnya, banyak anak saat ini takut dengan virus Corona. Saya menemukan komik yang diterbitkan oleh NPR ini sangat membantu dalam menjelaskan virus corona kepada anak-anak secara lugas dan langsung. Anda harus menimbang apakah itu sesuai usia anak Anda. Akan tetapi, ini adalah salah satu contoh yang baik dari informasi faktual dan langsung yang dapat dipahami oleh anak-anak. Informasi ini menyampaikan kebenaran dengan cara yang sesuai dengan usia anak.

Tunjukkan pada anak-anak bahwa selalu ada penolong di sekitar dan bahwa Anda -- tidak peduli seberapa kecilnya -- bisa menjadi penolong juga.


Facebook Twitter WhatsApp Telegram

2. Berfokuslah pada para penolong. Kita dapat mengambil pelajaran dari Mr. Rogers, yang berkata, "Ketika saya masih kecil dan saya melihat hal-hal menakutkan di berita, ibu saya akan berkata kepada saya, 'Lihatlah para penolong. Kamu akan selalu menemukan orang yang menolong.'" Dokter, ilmuwan, dan guru akan menolong menyelesaikan masalah akibat virus corona. Responden pertama, organisasi nirlaba, dan seluruh komunitas turun tangan membantu korban tornado Nashville. Tunjukkan pada anak-anak bahwa selalu ada penolong di sekitar dan bahwa Anda -- tidak peduli seberapa kecilnya -- bisa menjadi penolong juga. Pikirkan cara-cara Anda dapat bersama-sama membantu, dan lakukan tindakan yang membuat anak-anak merasa mereka berkontribusi.

3. Ingatkan anak-anak bahwa Allahlah yang memegang kendali. Kutipan dari "Thoughts to Make Your Heart Sing" mungkin membantu:

Setiap pagi kita memasuki hari baru. Siapa yang tahu apa yang akan terjadi pada hari itu?

Allah tahu.

Itulah sebabnya Dia memberitahu kita untuk tidak takut. Dia sudah mendahului kita memasuki hari yang baru. Dia tahu jalannya, apa yang akan terjadi, semua yang kita butuhkan.

Pada pagi hari, kita bisa menyerahkan hari kita ke dalam tangan-Nya. Dan, biarkan Dia membawa apa pun yang telah Dia siapkan untuk kita pada hari kita -- pada tahun kita!

Kemudian, pada malam hari, kita mengembalikan hari kita kepada-Nya. Dan, memercayai-Nya dengan semua yang terjadi di dalam hari itu.

Jadi, biarkan anak Anda yang memimpin percakapan sulit tentang kekhawatiran mereka. Dengarkan mereka. Tanggapi ketakutan mereka dengan serius. Dan, biarkan percakapan itu mengarah kembali pada kebenaran ini, bahwa Allah tahu apa yang akan terjadi pada hari itu, dan kita tidak perlu merasa takut. (t/N. Risanti)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Sally Lloyd Jones
Alamat situs : https://sallylloyd-jones.com/helping-children-with-scary-news
Judul asli artikel : Helping Children With Scary News
Penulis artikel : Sally Lloyd Jones

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK