Ide Penguatan Positif: 10 Cara untuk Mendorong Perilaku Baik


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Status Sumber: situs

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Manajemen kelas adalah keterampilan penting bagi semua guru, termasuk pekerja pelayanan anak. Di kelas, guru sekolah minggu ingin murid-murid tetap fokus pada pelajaran yang disiapkan dengan cermat. Dan, pengalaman gereja anak jauh lebih menyenangkan dan bermakna ketika anak-anak penuh perhatian. Itulah mengapa ide penguatan positif sangat penting untuk menciptakan lingkungan pelayanan anak yang produktif dan menyenangkan.

Dari balita dan anak-anak prasekolah hingga praremaja, anak-anak merespons dengan sangat baik terhadap afirmasi dan kata-kata penyemangat. Ide penguatan positif juga membantu anak-anak mengasosiasikan Yesus dan Alkitab dengan damai dan sukacita. Pada sisi lain, omelan dan konsekuensi yang keras dapat memberi kesan kepada anak-anak bahwa gereja dan sekolah Minggu adalah tempat yang negatif dan menghakimi.

penguatan tim

Disiplin kelas terkadang diperlukan, tetapi Anda dapat memilih strategi positif -- dan menghentikan perilaku buruk sejak awal. Ide penguatan positif ada banyak sekali, dan tidak diperlukan permen atau suap. Lihatlah cara-cara ini untuk mendorong perilaku baik di antara peserta pelayanan anak gereja Anda.

10 Ide Penguatan yang Menyenangkan dan Positif untuk Pelayanan Anak

1. Gelang Pujian

Menggunakan gelang kertas dengan kata-kata pujian adalah bentuk penguatan positif yang menyenangkan, mudah, dan murah untuk perilaku dan usaha yang baik. Murid-murid sekolah minggu segera menerima dorongan kepercayaan diri. Plus, dengan memakai gelang ini di rumah, anak-anak menunjukkan kepada orang tua secara langsung jenis pujian yang mereka peroleh.

2. Papan Hadiah Misteri

Strategi manajemen kelas ini membantu murid-murid bekerja sama sebagai tim untuk mendapatkan hadiah kejutan. Setiap kali grup mencapai tujuan, Anda mengambil satu catatan tempel. Saat Anda mengambil semua catatan, itu menunjukkan hadiah yang di bawahnya.

3. "Stiker" Aroma

Anda dapat menggunakan pelembap bibir sebagai penguat positif -- tanpa meletakkannya di bibir mana pun dan tanpa memberikan barangnya. Bagaimana? Cukup oleskan pelembap bibir beraroma di punggung tangan anak-anak untuk sensasi penciuman. "Stiker dengan bau" ini sangat cocok digunakan saat murid-murid mengikuti petunjuk, menyelesaikan proyek, mengekspresikan kebaikan, dan sebagainya.

4. Stoples Mata Mata-Mata

Hiasi stoples kaca dengan tulisan "Mata Mata-Mata" dan letakkan di lokasi yang terlihat. Setiap kali Anda "memata-matai" anak-anak yang berperilaku baik atau berbagi, tambahkan mata googly (barang kerajinan plastik kecil yang digunakan untuk meniru bola mata - Red.) ke stoples. Setelah stoples penuh, berikan hadiah kepada kelas.

5. Hewan Peliharaan Meja

Anda dapat mengubah hampir semua item menjadi ide penguatan positif. Contoh: Penghapus berbentuk binatang mini berfungsi dengan baik sebagai Hewan Peliharaan Meja yang Anda distribusikan untuk "adopsi." Lakukan ini menjelang akhir kelas, dan pastikan untuk memberikan waktu bagi anak-anak untuk bermain dengan teman hewan baru mereka.

6. Kartu Berlubang

Mirip dengan kartu hadiah pelanggan dari restoran dan kedai kopi, ide penguatan ini mudah dan dapat dilihat. Cukup buat lubang dengan bentuk yang menyenangkan dari setiap kartu murid ketika Anda mengamati perilaku yang baik. Ketika kartu selesai, biarkan anak memilih dari kotak bingkisan.

7. Mekar Bersama

Biarkan murid-murid memilih hadiah, dan kemudian tuliskan itu di tengah bunga besar. Ketika anak-anak berperilaku baik sebagai kelompok besar, tambahkan kelopak bunga. Lanjutkan hingga kelas menyelesaikan bunga dan mendapatkan hadiah.

8. Bulu Halus Hangat

Ide penguatan positif juga membantu anak-anak mengasosiasikan Yesus dan Alkitab dengan damai dan sukacita.
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. WhatsApp
  4. Telegram

Ketika murid-murid sekolah minggu menunjukkan perilaku yang baik atau membantu, tambahkan pom-pom kerajinan bulu halus dalam stoples Bulu Halus Hangat. Setelah stoples penuh, biarkan kelas memilih dari berbagai hadiah.

9. Kupon Kelas

Bagikan hak istimewa dengan menggunakan buku kupon yang dipersonalisasi. Penguatan positif ini gratis, tetapi bermakna.

10. Kamu Ketahuan!

Terakhir, pertimbangkan untuk menjaga anak-anak tetap bertugas dengan stoples ikan dan beberapa kalimat "Kamu Ketahuan Berlaku Baik!". Setiap kali Anda menemukan perilaku yang baik, letakkan nama anak di slip dan tambahkan ke stoples kaca. Sesekali pilih satu atau dua nama dari mangkuk, lalu berikan hadiah kepada anak itu.

Apa ide penguatan positif favorit Anda? Bagaimana Anda mendorong dan menghargai perilaku yang baik? Bagikan kiat di komentar di bawah agar orang lain dapat mengambil manfaat. (t/Jing-Jing)

Download Audio

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Church Leaders
Alamat situs : https://churchleaders.com/children/405067-positive-reinforcement-ideas.html
Judul asli artikel : Positive Reinforcement Ideas: 10 Ways to Encourage Good Behavior
Penulis artikel : Stephanie Martin

Komentar


Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK