Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Tip: Memelihara Komitmen Pelayanan Di Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Jim tidak menawarkan diri untuk menjadi guru sekolah minggu karena dia tidak pernah tamat SMA sehingga dia merasa kurang memadai untuk mengajar. Suatu ketika, seorang temannya memintanya untuk turut duduk di kelas dan menolong menenangkan anak-anak di kelas remaja, dan Jim setuju untuk menolong. Jim berbadan besar. Sebelum bertobat, dia dikenal memiliki sifat kasar dan keras. Akibatnya, dia masih berbicara dengan keras dan lugas. Rasanya, kehadiran Jim akan dapat menenangkan anak-anak yang suka membuat onar.

Pada suatu Minggu seusai kelas, Jim menyindir temannya yang mengajar di kelas itu, "Aku juga akan ikut gaduh karena kamu membosankan!"

Minggu berikutnya, giliran Jim yang menceritakan kisah Alkitab, dan anak-anak mendengarkan seperti tersihir karena Jim berbadan besar dan karena pembawaannya yang meriah. Akhirnya, Jim membawakan kisah Alkitab kepada seluruh anak remaja dan menjadi guru sekolah minggu yang berhasil.

Mungkin Anda merasa Allah tidak dapat memakai Anda karena alasan yang berbeda daripada alasan Jim. Tetapi, tetap saja alasan itu sangat memengaruhi pandangan Anda terhadap diri Anda sendiri. Sering kali, orang tidak mau terlibat dalam pelayanan sekolah minggu karena masalah rendahnya citra diri, kurang percaya bahwa Allah sanggup bekerja melalui mereka, atau karena kurang bijaksana dalam mengerti di mana dan kapan dapat melayani. Di bawah ini ada beberapa wawasan yang bisa Anda lakukan untuk memelihara komitmen Anda dalam memenuhi panggilan Tuhan dalam pelayanan sekolah minggu.

1. Tetap Setia

Jika Anda merasa Allah tidak dapat memakai Anda, ingatlah bahwa Dia tidak meminta Anda untuk menjadi sukses. Dia hanya ingin agar Anda rela melayani Dia, dan setia dalam tugas yang Ia berikan. Mungkin, Allah memanggil Anda sebagai sekretaris kelas, pengawas ayat hafalan, atau asisten guru sekolah minggu, seperti Jim, yang pada akhirnya menemukan bahwa dia dapat menceritakan Alkitab dengan efektif. Tetaplah setia pada panggilan Tuhan karena Dia memakai orang yang setia.

Beberapa orang tidak mau melayani dalam sekolah minggu karena mereka merasa hasil akhir kerohanian anak-anak berada di pundaknya. Namun, ingatlah bahwa "bekerja di hati anak-anak sekolah minggu" bukanlah tanggung jawab Anda. Itu adalah tanggung jawab Tuhan. Jangan mundur karena khawatir akan hasilnya. Tetaplah setia dalam menyampaikan firman Tuhan kepada murid-murid sekolah minggu, dan percayalah bahwa Allah akan membuat pelajaran itu menjadi nyata dalam hidup mereka.

2. Tetaplah Menyediakan Diri

Petrus dan Yohanes pergi ke Bait Allah pada saat jadwal ibadah. Mereka bertemu dengan pengemis yang lumpuh. Kedua rasul ini tidak memiliki apa-apa sehingga Petrus berkata, "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi nama Yesus Kristus, orang Nazaret itu, berjalanlah!" (Kisah Para Rasul 3:6) Orang yang lumpuh itu disembuhkan. Perhatikanlah bahwa Petrus dan Yohanes dipakai oleh Allah karena mereka berada di tempat yang tepat. Apakah Bait Allah adalah tempat yang tepat untuk pelayanan Anda? Mereka pergi pada saat yang tepat (contohnya pada saat jadwal ibadah). Apakah hari Minggu pagi adalah saat yang tepat bagi Anda untuk melayani Tuhan? Mereka juga memiliki sikap yang benar (contohnya mereka mengerti kekurangan mereka). Jika Anda bertanya-tanya apakah Allah akan memakai Anda, pertimbangkanlah bagaimana Allah memakai Petrus dan Yohanes. Mereka hanya menawarkan berita tentang Yesus Kristus. Hal itu juga yang seharusnya menjadi sikap Anda. Allah dapat memakai Anda ketika Anda menyampaikan berita yang benar.

Beberapa orang tidak melayani karena mereka tidak punya waktu atau terlalu sibuk. Hal ini mungkin benar. Masyarakat sekarang jauh lebih sibuk daripada sebelumnya. Artinya, Anda harus memprioritaskan waktu. Pastikan Anda menempatkan apa yang paling penting di puncak jadwal Anda. Termasuk di dalamnya adalah pendalaman Alkitab, doa, dan ibadah di gereja. Namun, Anda juga harus menyediakan waktu untuk melayani Tuhan. Yesus berkata, "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku." (Lukas 9:23) Mungkin melayani di sekolah minggu merupakan sebuah pengorbanan, tetapi mungkin juga itu merupakan sesuatu yang harus Anda lakukan. Anda mungkin harus menyangkal diri dengan meninggalkan beberapa kesenangan yang lain, tetapi Allah akan memberi Anda upah.

3. Percaya pada Janji-Nya

Allah berjanji, jika Anda akan meninggikan Anak-Nya, berita tentang Yesus Kristus akan menarik murid-murid Anda kepada keselamatan, "Dan Aku, apabila Aku ditinggikan ... akan menarik semua orang datang kepada-Ku." (Yohanes 12:32)

Allah akan memakai Anda ketika Anda memiliki sikap yang benar dan menyampaikan berita yang benar. Ketika Anda melayani Dia dengan setia, pelayanan sekolah minggu Anda akan dipakai oleh-Nya. Dia memakai orang-orang yang ingin menjadi berguna. (t/Yochan)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Judul buku : What Every Sunday School Teacher Should Know: 24 Secrets That Can Help You Change Lives
Judul asli artikel : God Can Use You
Penulis : Elmer L. Towns
Penerbit : Gospel Light, Ventura, California, USA 2001
Halaman : 20 -- 24

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Komentar