Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Tip: Melibatkan Orang Tua dalam Pelayanan Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Apakah kegiatan pelayanan dalam sekolah minggu Anda telah menjalin hubungan yang erat dengan orang tua murid? Dan, apakah setiap orang tua memercayai Anda dan guru-guru SM yang lain untuk membimbing dan mendorong pertumbuhan rohani anak-anak mereka? Menurut pengalaman saya selama dua puluh tahun lebih berkecimpung dalam pelayanan sekolah minggu, mulai dari program-program pelayanan sederhana hingga yang cukup besar, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan dan tidak boleh Anda lakukan, yang saya pikir berguna dalam upaya melibatkan orang tua mengajarkan kebenaran Tuhan kepada anak-anak mereka.

Boleh Dilakukan!

  1. 1. Ajaklah orang tua mengikuti Kelas Pemahaman Alkitab.
  2. 2. Selalu hiasi wajah Anda dengan senyuman sehingga orang tua dan anak-anak dapat melihat sukacita dan hasrat Anda yang besar pada dunia pelayanan anak.
  3. 3. Luangkan waktu usai sekolah minggu untuk bercerita kepada orang tua mengenai hal-hal positif yang telah dilakukan si anak.
  4. 4. Terbukalah kepada orang tua mengenai masalah-masalah yang dihadapi anak, misalnya bila si anak kurang disiplin atau bila ia membutuhkan dorongan lebih supaya tetap fokus di kelas.
  5. 5. Dukung dan ciptakan kondisi lingkungan yang kondusif sehingga anak-anak dapat belajar sekaligus bermain di gereja.
  6. 6. Bicarakanlah mengenai pemahaman Alkitab; bagikan buku panduan mengajar dan bahan-bahan penunjang lain sehubungan dengan Kelas Pemahaman Alkitab mingguan kepada orang tua.
  7. 7. Mintalah orang tua mengawasi anak mereka, terutama jika si anak telah absen ke sekolah minggu lebih dari satu/dua kali.
  8. 8. Bagikan bahan-bahan tambahan, aktivitas, dan informasi yang bisa dikerjakan di rumah untuk memperkuat kegiatan pemahaman Alkitab mingguan.
  9. 9. Libatkan orang tua dalam kelas khusus, kegiatan sekolah minggu, atau acara dan program khusus lainnya.
  10. 10. Buat dan berikan kartu ucapan yang berisi dorongan semangat pada anak yang pertama kali datang sekolah minggu atau yang sedang sakit.


Jangan Lakukan!

  1. 1. Acuh tak acuh terhadap kehadiran orang tua yang menjemput anak mereka dari sekolah minggu atau acara pelayanan anak lainnya.
  2. 2. Membiarkan keadaan dan kondisi hati yang buruk atau sakit kepala yang Anda alami mengganggu pelayanan Anda, sehingga Anda menyapa orang tua dengan sikap yang kurang menyenangkan.
  3. 3. Mengatakan perilaku negatif si anak kepada orang tua, dan orang lain dapat mendengarnya.
  4. 4. Membuat orang tua merasa tertekan dan melihat bahwa Anda bukanlah orang yang ramah.
  5. 5. Memperlakukan anak dengan sikap yang kurang baik di sekolah minggu maupun dalam program pelayanan anak yang lain.
  6. 6. Menghambat pertumbuhan rohani anak-anak.
  7. 7. Tidak punya waktu untuk membangun relasi dengan anak-anak dan orang tua mereka.
  8. 8. Membatasi diri Anda dengan hanya menggunakan kurikulum yang telah ada untuk menguatkan pemahaman Alkitab.
  9. 9. Membuat orang tua berpikir bahwa sekolah minggu hanyalah sebatas jasa penitipan anak.
  10. 10. Mengabaikan pentingnya presensi.
  • Melalui kerja sama antara guru sekolah minggu dan orang tua dalam upaya memenuhi kebutuhan spiritual anak dan mengajar mereka tentang kebenaran Allah, kita dapat membuat perbedaan bagi tujuan kerajaan-Nya. Bukan hanya para guru SM yang akan mengalami sukacita berlimpah, namun anak-anak juga akan merasa bahwa mereka istimewa dan senang datang ke sekolah minggu atau gereja.
  • JANGAN: Lupa membagikan kasih Tuhan kepada setiap orang tua dan anak yang Anda jumpai dalam pelayanan Anda, dan lupa meneladani anugerah-Nya.
  • LAKUKAN: Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. (Amsal 22:6)
  • LAKUKAN: Bekerjasamalah dengan orang tua untuk membuat perbedaan dalam hidup anak, dan bantulah mereka untuk tumbuh menjadi pemenang rohani yang mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati, jiwa, dan pikiran. (t/Amy G.)
  • Diterjemahkan dari:

    Nama situs : HeartPrints
    Alamat URL : http://blogs.bible.org/heartprints/lisa_goodyear/how_to_include_parents_in_children%E2%80%99s_ministry...%E2%80%9Dten_do%E2%80%99s_and_don%E2%80%99ts%E2%80%9D
    Judul asli artikel : How to Include Parents in Children’s Ministry..."Ten Do’s and Don’ts"
    Penulis : Lisa Goodyear
    Tanggal akses : 8 April 2013

    Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

    Komentar