Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Teknologi


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Edisi PEPAK: edisi 765 - Generasi Digital dan Kehidupan Rohaninya (2)

IDE UTAMA

Karena kita telah diciptakan menurut gambar Allah dan merefleksikan kemampuan-Nya untuk mencipta, manusia mampu mengembangkan teknologinya. Teknologi sering membantu manusia untuk menjalankan penguasaan yang benar atas ciptaan, dan dimaksudkan Allah untuk memenuhi kebutuhan kita.

Gambar: Teknologi untuk kejahatan

Namun, hati yang berdosa juga cenderung mengembangkan dan/atau menggunakan teknologi untuk kejahatan, atau untuk lebih memercayai teknologi dibandingkan Allah. Teknologi dapat digunakan untuk memuliakan Allah secara benar, atau secara salah memuliakan manusia.

Pandangan Alkitabiah tentang Teknologi

  1. Teknologi menampilkan kualitas dan kemampuan unik kita sebagai pembawa rupa Allah, yang mencerminkan kemampuan ilahi-Nya untuk mencipta (Keluaran 31:3).
  2. Teknologi adalah sarana untuk menampilkan penaklukan atas ciptaan, yang mencerminkan kebaikan Allah dalam menyediakan kebutuhan manusia (Mazmur 104:14).
  3. Hati yang berdosa cenderung mengembangkan dan menggunakan teknologi untuk tujuan jahat (Yeremia 17:9).
  4. Hati yang berdosa cenderung percaya dan menemukan kepuasannya dalam teknologi dan bukan dalam Allah (Mazmur 20:7; Yesaya 55:2-3a).
  5. Teknologi dapat digunakan sebagai sarana untuk memuliakan Allah atau memuliakan manusia (1 Korintus 10:31).

Kebohongan tentang Teknologi

Teknologi menawarkan solusi terbaik untuk masalah umat manusia.

Kebenaran tentang Teknologi

Teknologi dapat membantu meringankan beberapa penderitaan sementara yang diakibatkan oleh dosa, dan bahkan mungkin berguna untuk membawa kebenaran Allah kepada orang lain, tetapi itu tidak dapat menghasilkan solusi yang terbaik untuk masalah dosa kita. Hanya Yesus yang dapat menyelamatkan kita dan memberikan kita kebahagiaan yang sejati dan abadi.

LAKUKAN INTERAKSI DENGAN SISWA ANDA

Siswa Anda telah diminta untuk menerapkan satu kebenaran yang dipelajari dari pelajaran ini pada kehidupannya minggu ini. Tanyakan tentang hal ini, dan berdoalah dengan siswa Anda untuk mendorong mereka melakukan aplikasinya. Mintalah Allah bekerja pada hati siswa Anda, dan dorong siswa Anda untuk bertumbuh sesuai dengan kebenaran Allah. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Children Desiring God
Alamat situs : http://blog.childrendesiringgod.org/wp-content/uploads/YWT-Lesson-22-Sample-Components.pdf
Judul asli artikel : Technology
Penulis artikel : Jill Nelson
Tanggal akses : 6 Agustus 2017
Halaman : 15

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar