Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Situs Untuk Anak: Teaching Heart -- Children Ministries Home Page


Edisi PEPAK: e-BinaAnak 405 - Pengendalian Diri

Internet bukanlah dunianya orang dewasa saja. Anak-anak pun perlu mengenal apa itu internet dan ikut mengambil bagian dalam dunia maya. Namun, anak-anak tetap harus didampingi. Tidak semua situs ditujukan untuk anak. Pilihlah saja situs-situs yang memang dikhususkan untuk dikonsumsi anak-anak. Seperti situs Teaching Heart yang memiliki halaman khusus bagi anak ini. Dalam halaman Children Ministries Home Page, tersedia cerita-cerita Alkitab untuk anak, permainan, pengetahuan, dan keterampilan tangan. Harapannya, melalui situs ini, anak-anak dapat semakin mencintai Tuhan setelah menyelidiki semua yang Tuhan perbuat.

Menariknya, dalam situs ini juga terdapat panduan bagi anak yang ingin bermain-main di dunia maya. Berikut kami terjemahkan isinya bagi Anda untuk disampaikan kepada anak-anak layan Anda.

Keamanan dalam Berinternet

Internet kadang-kadang bisa menjadi tempat yang menyenangkan untuk mendapatkan informasi dan bersenang-senang. Tetapi, delapan dari sepuluh situs yang ada di internet ternyata memiliki dampak negatif bagi anak-anak. Jadi, sebelum menggunakan internet, pelajarilah peraturan-peraturan keamanan berikut ini bersama orang tua atau guru.

  • Selalu bersikap sopan.
  • Mintalah pada orang tua untuk menyediakan waktu bersamamu saat online, sehingga kamu bisa menunjukkan kepada mereka beberapa hal menarik yang telah kamu temukan.
  • Gunakan internet hanya saat orang tuamu mengatakan kamu boleh menggunakannya, dan hanya sepanjang waktu yang diberikan.
  • Jangan mengirimkan gambar dirimu atau keluargamu kepada siapa pun tanpa izin dari orang tuamu.
  • Jangan berikan informasi pribadi, misalnya nama, alamat, nomor telepon, atau nama sekolah, kepada siapa pun tanpa seizin orang tuamu.
  • Jangan memberikan tanggapan pada setiap pesan e-mail yang kamu dapatkan bila pesan-pesan itu aneh, tidak baik, atau membuatmu sedih, dan segera katakan pada orang tua atau gurumu.
  • Segera hentikan bila kamu melihat atau membaca sesuatu di situs yang membuatmu sedih, dan katakan kepada orang tua atau gurumu tentang hal itu.
  • Jangan pernah bertemu dengan seseorang yang kamu kenal di internet tanpa ditemani orang tuamu atau tanpa izin dari mereka untuk kamu boleh pergi sendiri.
  • Jangan melanggar hak cipta dengan mengambil kata-kata, gambar-gambar, atau audio dari situs orang lain tanpa seizin pemilik situs.

==> http://www.teachinghearts.org/dre01mainkidsnotes.html

Selamat memperkenalkan internet kepada anak-anak layan Anda!

Oleh: Davida (Redaksi)

Komentar