Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Seorang Guru Teladan


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Bagaimana penilaian murid-murid tentang diri Anda sebagai seorang guru? Apakah mereka menganggap Anda sebagai seorang besar yang selalu menyuruh anak-anak duduk diam dan mendengarkan? Apakah mereka merasa Anda seorang yang selalu tidak memperbolehkan mereka berbuat hal-hal yang menarik bagi mereka? Ataukah anak-anak menganggap Anda sebagai sahabat yang baik hati, yang mencintai mereka dan yang suka bercerita tentang Yesus yang mengasihi anak-anak kecil? Apakah murid-murid menilai Anda sebagai orang yang menyambut mereka dengan senang hati dan menghibur mereka jika mereka gagal atau kalah?

Anda bermaksud untuk menjadi guru semacam apakah? Ada beberapa ciri dan syarat untuk dapat menjadi seorang guru yang baik bagi anak-anak Indria.

TELADAN GURU

Anak kecil itu tidak tahu berapa kali Anda menghadiri kebaktian di gereja, ia juga tidak mampu menilai kesetiaan serta penyerahan Anda dengan cara orang dewasa. Tetapi, mereka akan menilai hidup Anda dengan kearifan sesuai dengan alam pikiran mereka. Bagaimanakah mereka menilai guru mereka? Mereka dapat menilai dengan cara memerhatikan teladan dan sikap guru itu.

1. Mereka tahu bagaimana sikap Anda kepada Allah

Mereka mendengar Anda berbicara tentang Allah. Mereka memerhatikan wajah Anda dan menangkap perasaan Anda tentang Allah. Walaupun mereka akan tahu sikap Anda. Anda menjadi teladan dalam hal mengasihi Allah.

2. Mereka tahu perasaan Anda terhadap mereka.

Hal ini paling penting bagi murid-murid Anda. Seorang guru akan dapat mengajar tentang kasih Allah, apabila ia menunjukkan kasih terhadap anak-anak, dengan mengerti dan memerhatikan mereka sebagai individu-individu. Anak-anak dapat membedakan antara sikap yang tulus dengan sikap pura-pura dari Anda sebagai seorang guru.

3. Mereka tahu perasaan Anda terhadap orang dewasa lain.

Murid-murid memerhatikan hubungan Anda dengan guru-guru Sekolah Minggu lainnya. Mereka juga memerhatikan cara Anda berbicara dengan orang tua dan kakak mereka. Dari memerhatikan inilah mereka tahu keramah-tamahan Anda.

PERSIAPAN GURU

Apakah Anda memahami dan mengenal murid-murid Anda?

Untuk menjadi guru yang baik bagi anak-anak Indria, Anda perlu mengerti apakah yang dapat mereka lakukan dan bagaimana mereka belajar tentang berbagai hal. Seorang guru perlu mengerti ciri-ciri, minat, kemampuan, keterbatasan dan kebutuhan anak-anak itu. Anda juga perlu mengenal tiap murid, bukan hanya namanya saja melainkan keadaan rumah tangganya, kesenangannya, dsb.

Apakah Anda bersedia untuk bekerja keras?

Untuk menjadi guru yang efektif akan menuntut banyak waktu baik dalam persiapan, latihan, penyampaian pelajaran, kunjungan kepada keluarga murid-murid, dan juga dalam doa. Berusahalah agar mendapat sarana yang akan menolong Anda mengajar dengan lebih baik. Ikutilah penataran, kursus, lokakarya baik yang diadakan di gereja ataupun sewilayah kota Anda. Bacalah buku-buku dan lembaran-lembaran tentang cara mempelajari Alkitab, cara mengajar, ciri-ciri atau ilmu jiwa anak-anak, dsb. Berusahalah mengadakan waktu untuk bertukar pikiran dengan guru-guru Sekolah Minggu di gereja Anda atau gereja lain. Anda dapat pula dengan mengamati guru yang sudah berpengalaman yang sedang mengajar secara efektif. Bila gereja Anda telah menyediakan bahan pelajaran, pelajarilah dengan teliti bahan pelajaran yang telah di tetapkan sesuai dengan kurikulum gereja Anda. Pakailah sarana-sarana yang tercantum pada petunjuk atau pedoman guru.

Beberapa buku yang dapat menolong Anda menjadi guru yang lebih efektif tercantum pada halaman terakhir buku ini.

Diambil dari:
Judul buku: Bagaimana Mengajar Anak Indria?
Judul bab: Ciri-Ciri Umum Guru Indria
Penulis: Doris Blattner
Penerbit: Lembaga Literatur Baptis, Bandung, 2000
Halaman: 9 -- 11

Komentar