Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Saudara Yusuf Datang ke Mesir


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Kategori Bahan PEPAK: Kurikulum - Pedoman Mengajar

Fokus Utama yang Harus Diingat

Menyimpan dendam akan membuat kita merasa lebih sakit dari yang lain.

Kosakata

Kelaparan: ketika terjadi kekurangan makanan karena tidak ada tanaman yang dapat tumbuh.

Doa

Bapa, terima kasih karena telah memaafkan kami ketika kami berbuat salah. Tolonglah kami untuk dapat memaafkan sesama kami pula.

Pelajaran: Kejadian 42--45

[Sebelum Anda menceritakan bagian ini, ingatkanlah anak-anak tentang kisah Yusuf sebelumnya, yang dijual oleh saudara-saudaranya sehingga ia menjadi budak di Mesir. Namun, Tuhan menyertai Yusuf sampai ia akhirnya malah menjadi Perdana Menteri di Mesir. Red.]

Karena Yusuf adalah Perdana Menteri Mesir dan dia berkuasa penuh mengatur penjualan bahan makanan di Mesir, saudara-saudaranya datang kepadanya sambil menundukkan kepala mereka ke tanah. Saat itu mereka tidak mengenali Yusuf, tetapi Yusuf mengenali mereka. Namun saat itu, Yusuf berpura-pura tidak mengenal mereka.

Aktivitas

Membuat topeng wajah Mesir untuk menunjukkan bagaimana Yusuf bisa menipu saudara-saudaranya. Buatlah topeng dengan membuat lubang mata dan mulut di piring kertas. Buatlah lubang mata yang meruncing di sudutnya. Cat atau warnai topeng tersebut. Gunakan warna hitam untuk garis mata dan biarkan anak-anak menghias sisanya. Tunjukkan gambar dari sebuah buku tentang Mesir kuno untuk memberikan referensi kepada anak-anak. Kemudian peganglah topeng tersebut dan mintalah siswa melihat bagaimana sulitnya untuk mengenali Yusuf, terutama ketika saudara-saudaranya tidak menyangka bahwa Yusuflah yang ada di depan mereka.

Diskusi

  1. Reaksi apa saja yang dapat diberikan Yusuf, ketika melihat saudara-saudara yang dahulu telah menjualnya untuk dijadikan budak di Mesir?

  2. Kalau kamu menjadi Yusuf, apa yang akan kamu lakukan terhadap saudara-saudaranya tersebut?

  3. Diskusikan panjang lebar tentang berbagai cara yang orang lain lakukan saat menghadapi masa lalu yang menyakitkan hatinya. Apakah ada cara lain yang orang-orang tersebut lakukan untuk memuliakan Tuhan seperti yang Yusuf perbuat?

  4. Dapatkah Tuhan memakai orang yang tidak bisa mengampuni orang lain?

  5. Apakah kita sedang mengorbankan rencana Allah untuk kita, ketika kita tidak dapat mengampuni seseorang?

Diskusikan dengan anak tentang berbagai cara orang menghadapi masa lalu yang tidak menyenangkan hati. Apakah ada cara selain yang dilakukan Yusuf untuk memuliakan Tuhan, meski dia pernah disakiti saudaranya? Apakah Tuhan mau menggunakan orang yang tidak bisa mengampuni? Apakah kita mengorbankan rencana Tuhan bagi kita dengan menolak untuk memaafkan seseorang?

Ayat Hafalan

"Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu." (Kejadian 45:5)

Pertanyaan Ulangan

  1. Apa arti kata kelaparan? (Ketika terjadi kekurangan makanan karena tidak ada tanaman yang dapat tumbuh)

  2. Sebutkan nama anak-anak Yakub.

Pertanyaan Seputar Emosi

  1. Bagaimana reaksi Yusuf ketika melihat saudara-saudaranya? (Dia menangis berulang kali dan bertanya tentang ayah maupun adiknya.)

  2. Bagaimana reaksi saudara-saudara Yusuf ketika sedang mengalami masa-masa sulit karena diuji oleh Yusuf? (Mereka menyalahkan masalah dan dosa mereka karena sudah menjual Yusuf, dan berkata kepada Yakub bahwa Yusuf sudah mati.)

  3. Bagaimana reaksi Yakub ketika saudara-saudara Yusuf berkata bahwa Benyamin harus dibawa ke Mesir? (Yakub sangat sedih dan menunda memberikan jawaban sampai ia tidak punya pilihan.)

Pertanyaan Aplikasi

  1. Bagaimana kita dapat mengatasi rasa sakit ketika seseorang melukai kita? (Membawanya kepada Tuhan. Dan tidak terus-menerus memikirkan hal tersebut.)

  2. Siapakah yang akan dimuliakan atas semua kemenangan dalam hidup kita? (Tuhan)

  3. Mengapa kita kadang-kadang menderita atau harus menahan rasa sakit dalam hidup? (Karena Allah mau memakai kita.)

Pertanyaan Fakta

  1. Di dalam kantong siapakah piala perak yang hilang itu? (Kantong Benyamin)

  2. Kepada siapa Yusuf memberikan ekstra uang dan pakaian? (Benyamin)

  3. Di Mesir, di manakah Yakub dan keluarganya tinggal? (Gosyen)

Pertanyaan Review

  1. Bagaimana Yusuf memperlihatkan kemurahan hati kepada saudara-saudaranya? (Ia mengembalikan uang yang mereka pakai untuk membeli makanan.)

  2. Mengapa Tuhan menempatkan Yusuf di tempat yang penuh kuasa di Mesir? (Agar Yusuf dapat menolong keluarga Yakub dalam melewati masa kelaparan yang panjang.)

  3. Kualifikasi apa yang membuat Yusuf dapat dipakai Tuhan? (Kerendahan hati, penurut, dan kesediaannya untuk memberikan maaf.) (t/Evie)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : Sunday School Sources
Judul asli artikel : Joseph`s Brothers Come to Egypt
Alamat URL : http://www.sundayschoolsources.com/lessons/OT/Genesis/JosephsBrothers.htm
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 10 Agustus 2012

Komentar