Berikut ini aktivitas-aktivitas yang dapat Anda gunakan sebagai
pengisi acara rekreasi di SM Anda.
ANEKA AKTIVITAS UNTUK REKREASI
Buket Alkitab
Sediakanlah bunga yang masih bertangkai secukupnya. Pilihlah
kelompok pemain dan berikan kepada masing-masing sebuah vas yang
besar. Maksud permainan ini ialah untuk menghasilkan rangkaian
bunga yang paling bagus dengan bahan yang ada. Nilai bagi tiap-
tiap bunga tidak harus sama. Jumlah pertanyaan yang diperlukan
agar boleh memakai bunga tertentu berbeda dengan bunga yang lain.
Misalnya, setangkai bunga melati bernilai satu pertanyaan.
Setangkai bunga aster boleh dirangkai kalau pemain berhasil
menjawab dua pertanyaan. Sedangkan untuk setangkai bunga anggrek,
empat pertanyaan harus terjawab dengan tepat. Demikian
seterusnya. Sesudah kegiatan ini selesai, rangkaian bunga
tersebut dapat digunakan di ruang pertemuan ataupun keperluan
lain. Regu yang dapat merangkai buket yang paling indah
dinyatakan sebagai pemenang.
Kegiatan lain yang menggunakan bunga ialah memilih ayat-ayat
Alkitab untuk dicantumkan pada setiap tangkai, sebelum buket
tersebut dipakai menghias meja atau untuk pasien di rumah sakit.
Menyeberang Laut Merah
Kelompok yang satu adalah orang-orang "Israel," sedangkan
kelompok lainnya adalah tentara "Firaun." Sebelum mulai
permainan, buatlah lima buah batas-bidang atau jarak antara kedua
kelompok itu.
Ketika seorang Israel menjawab pertanyaan Alkitab dengan tepat,
maka orang-orang Israel maju selangkah menempati bidang yang
telah disediakan tadi. Kalau ia gagal, seorang anggota tentara
Firaun diberi kesempatan menjawab. Kalau jawabannya tepat,
seluruh tentara Firaun maju satu bidang. Orang-orang Israel
mencoba menyeberangi Laut Merah sebelum mereka disergap sepuluh
bidang, tergantung kepada keadaan tempat. Boleh juga permainan
ini diadakan secara perseorangan, bukannya beregu, sehingga
setiap pemain akan maju sesuai dengan kemampuannya menjawab
pertanyaan.
Menobatkan Raja
Sediakanlah dua buah tangga. Bagilah pemain menjadi dua regu dan
masing-masing regu memilih rajanya. Bila anggota regu menjawab
pertanyaan dengan tepat, rajanya naik satu langkah di tangga.
Kalau jawabannya salah, rajanya harus turun satu langkah. Regu
yang terlebih dahulu memahkotai rajanya, itulah yang menang;
yakni rajanya lebih dahulu sampai ke ujung tangga. Pertanyaan-
pertanyaan harus diajukan kepada regu secara bergiliran.
Aduk Cangkir
Telungkupkanlah enam cangkir di atas meja. Sebelumnya,
sembunyikan potongan kertas yang berisi sebuah pertanyaan dalam
masing-masing cangkir itu, kecuali satu. Sesudah cangkir-cangkir
itu anda pindah-pindahkan sedemikian rupa sehingga orang tidak
tahu, cangkir mana yang kosong, mintalah seorang pemain memilih
sebuah. Bila pertanyaan yang terdapat dalam cangkir itu dapat
dijawabnya, maka regunya mendapat angka lima. Kalau ia gagal,
angkanya sendiri atau angka regunya dikurangi lima. Bilamana
seseorang kebetulan memilih cangkir kosong ia tidak mendapat
angka.
Tukang Pos
Masukkanlah potongan-potongan kertas yang berisi pertanyaan-
pertanyaan ke dalam sejumlah amplop. Lalu mintalah seorang anak
menjadi tukang pos, untuk membagikan soal-soal tersebut kepada
kelompok peserta. Sesudah masing-masing menerima sebuah, maka
dengan bergiliran mereka mencoba menjawab. Peserta yang
jawabannya tepat boleh tetap memegang amplopnya. Tetapi kalau ada
peserta yang gagal, maka peserta sebelumnya (yang jawabannya
benar), memperoleh amplop itu. Pada akhir pertandingan mintalah
peserta menghitung berapa buah amplop yang diperolehnya. Peserta
yang memperoleh paling banyak, boleh anda beri hadiah sekedarnya.
Untuk permainan ini anda boleh memakai amplop bekas yang
berukuran besar ataupun kecil.
Sulaiman yang Bijaksana
Siapkan sebuah kursi "takhta kerajaan." Boleh anda gunakan sebuah
kursi makan yang ditutupi dengan sebuah selimut yang bagus.
Sediakanlah juga sebuah alat pengukur waktu; kalau mungkin sebuah
stop-watch. Salah seorang dari peserta dijadikan Sulaiman. Ia
didudukkan di atas kursi tadi dan diharuskan menjawab pertanyaan-
pertanyaan dari Alkitab, sebanyak yang dia mampu. Jika ia gagal
menjawab, ia diturunkan dari takhta dan orang lain yang berhasil
menjawab pertanyaan yang tak terjawab tadi, dinobatkan. Tiap
orang yang dinobatkan menjadi raja harus dihitung waktunya.
Berapa menit lamanya dia duduk di atas takhta itu? Anda boleh
menugaskan seorang penanya atau membagi kelompok menjadi beberapa
regu dan menugaskan seorang penanya untuk tiap regu. Setiap kali
ada Sulaiman baru yang dinobatkan, orang itu berasal dari lawan
regu Sulaiman sebelumnya.
Memburu Bangku Terdepan
Gunakanlah bangku panjang atau kursi-kursi berderet ke belakang
untuk perlombaan ini. Mulailah dari barisan belakang. Ajukanlah
pertanyaan kepada setiap peserta. Barangsiapa menjawab dengan
tepat, ia boleh maju satu baris. Siapa yang dapat mencapai bangku
paling depan lebih dulu, dialah juaranya.