Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pokok Anggur dan Ranting-Rantingnya


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Persiapan: pisau/sendok dan gelas berisi beras

Cara bermain:

Isilah sebuah gelas dengan beras sampai penuh. Tusukkan ujung pisau atau gagang sendok ke tengah-tengah beras. Kemudian angkatlah gelas tersebut dengan memegang gagang pisau atau kepala sendok, gelas tidak terlepas.

Mintalah kepada salah seorang untuk mengangkat gelas tersebut, maka gelas akan terlepas.

Rahasianya:

1. Agar tidak terlepas ketika diangkat, perhatikan cara menusukkan pisau/gagang sendok. Pada saat menusukkan, tusuklah secara lurus vertikal dan tekanlah permukaan beras sehingga padat menjepit pisau/gagang sendok. Ketika kita angkat, gelas tersebut akan ikut terangkat.

2. Jika penonton akan mengangkat, sebelumnya kita cukup menggoyangkan sedikit pisau/sendok sehingga jepitan menjadi longgar dan terlepas.

Pelajaran Rohani

"Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya. Setiap ranting yang pada-Ku tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah. Kamu memang sudah bersih karena firman yang telah Kukatakan kepadamu. Tinggallah di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku. Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa." (Yohanes 15:1-5)

Pisau/sendok melambangkan Kristus sebagai pokok anggur dan kita adalah ranting-ranting-Nya. Kita (gelas dengan isinya) harus tetap tinggal dengan Yesus Kristus agar dapat berbuah lebat. Gelas itu tidak terjatuh, tetapi tetap menggantung.

Diambil dan disunting dari:

Judul artikel : Tidak Lepas dari Pokok
Judul buku : 16 Sulap Asik
Penulis : Igrea Siswanto
Penerbit : ANDI
Halaman : 31 -- 33

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Komentar