Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Peraturan Tingkah Laku di dalam Kelas


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Peraturan tingkah laku di dalam kelas dapat menjadi salah satu aspek yang paling sulit bagi para sukarelawan sekolah minggu. Kita ingin menjangkau semua anak dengan penuh kasih sayang. Kita juga ingin membuat semua keluarga merasa disambut dan diterima. Tidak seperti di sekolah biasa, ketika masalah tingkah laku muncul di kelas sekolah minggu, kita tidak punya pilihan untuk membawa anak ke kantor kepala sekolah. Berikut beberapa saran yang telah terbukti efektif di kelas sekolah minggu kami.

Bangkitkan Harapan -- Bangunlah Hubungan yang Kuat

Orang-orang pada semua jenjang usia perlu merasa dibutuhkan dan diperhatikan. Sambutlah setiap anak dengan hangat saat masuk ke dalam kelas dan berusahalah sealami mungkin mengikutsertakan diri Anda ke dalam berbagai aspek kehidupan setiap murid sepanjang tahun ajaran tersebut. Bangkitkan selalu harapan mereka, demikian pula bangkitkan harapan mereka kepada Tuhan. Jalinlah hubungan yang kuat dengan mereka dan buatlah setiap anak merasa istimewa. Biarkan mereka tahu bahwa Tuhan memiliki harapan yang tinggi dan rencana-rencana yang besar untuk setiap mereka jika mereka memilih untuk mengikuti Dia.

Anak Kecil yang Bahagia

Di atas papan tulis, gambarlah sebuah wajah yang bahagia, kemudian gambarlah muka yang mengerutkan dahi sekitar 20 cm persis di bawah gambar wajah yang bahagia. Tariklah sebuah garis vertikal di antara keduanya. Tariklah garis horisontal yang membagi garis vertikal tersebut menjadi dua. Di saat permulaan pelajaran, gambarlah sebuah anak panah tepat di bawah gambar wajah bahagia. Jika murid-murid tidak berperilaku baik, anak panah digeser menurun pada garis vertikal. Jika ada perbaikan perilaku, anak panah digeser ke arah atas. Di akhir pelajaran, jika anak panah berada di samping gambar anak yang bahagia, semua anak mendapat permen.

Rahasia Buku Kebaikan Yesus

Setiap kali Anda melihat seorang anak menunjukkan perilaku yang baik, Anda diam-diam menaruh sebuah batu berwarna di bukunya dan sebuah catatan mengapa anak tersebut menerima batu berwarna. Setelah sebulan tunjukkan buku anak itu kepada semua anak dan ceritakanlah sebuah cerita dan/atau ayat yang berhubungan dengan tingkah laku yang baik. Ingatkan anak-anak di kelas Anda bahwa Tuhan Yesus akan memberikan penghargaan kepada siapa saja yang melakukan tindakan yang sederhana seperti memberikan segelas air kepada seseorang yang kehausan.

Tiket

Jika Anda memilih untuk tidak memberikan permen sebagai hadiahnya, berikut ada sebuah alternatif lain. Belilah segulungan tiket undian. Pada akhir pelajaran, berikan satu tiket kepada anak yang berperilaku baik. Ketika, mereka telah mengumpulkan beberapa tiket, mereka boleh menukarkan tiket tersebut dengan hadiah pensil, kartu pembatas Alkitab, stiker, dan lain-lain.

Permen Bintang

Setiap anak diberi sebuah kertas kecil berbentuk bintang pada awal pelajaran. Jika anak-anak terus melakukan tindakan yang tidak sopan, Anda bisa mengambil kembali bintang mereka. Semua anak-anak yang memiliki bintang mereka pada akhir pelajaran dapat memilih satu permen.

Barometer Kegaduhan

Di papan tulis putih/papan tulis kapur, gambarlah sebuah barometer sederhana (untuk melihat gambarnya silakan kunjungi pranala yang diberikan di bagian akhir artikel ini). Pastikan barometer tersebut memiliki beberapa tingkatan-tingkatan untuk dapat ditulisi, sehingga Anda tidak kehabisan tingkatan sebelum pelajaran berakhir. Gunakan spidol warna merah (atau kapur merah), warnailah bagian bawah bola barometer. Jika anak-anak mulai gaduh, tambahkan warna merah di tingkatan selanjutnya. Biarkan anak-anak tahu bahwa jika warna merah sampai di bagian paling atas, mereka tidak akan mendapat hadiah. Namun demikian sedapat mungkin hindari untuk mencapai tingkatan teratas, sebab jika sudah sampai tingkat teratas, maka tidak ada lagi alasan bagi anak-anak untuk tetap diam.

Delapan Manik-Manik di Seutas Benang

Anda akan membutuhkan delapan manik-manik dan seutas benang. Jelaskan kepada anak-anak bahwa setiap hari Minggu bila seluruh anak berperilaku baik di kelas, Anda akan menambahkan sebuah manik-manik ke dalam benang. Jika pada suatu hari Minggu anak-anak berperilaku tidak baik maka Anda akan mengambil sebuah manik. Bila ada delapan manik-manik di benang itu, anak-anak akan mendapat hadiah. Hadiah bisa berupa waktu tambahan untuk permainan, sebuah kenang-kenangan kecil atau apa saja yang akan diberikan sebagai hadiah untuk anak-anak. (t/Kristin)

Bergabunglah dalam Facebook BA: http://fb.sabda.org/binaanak

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Classroom Behavior Management

Komentar