Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Penyergapan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Bahan bacaan: 1 Petrus 5:5-11 "Lihatlah, seekor kucing sedang bersembunyi di balik semak-semak," kata Nikki. "Dia mengawasi beberapa burung dara yang sedang makan di pekarangan," kata ayah. "Kucing itu sedang menunggu kesempatan untuk menerkam mereka." Tak lama kemudian, si kucing melompat ke arah burung-burung itu. Burung-burung itu segera terbang dan hanya kulit gabah kosong yang tertinggal untuk si kucing. "Aku senang mereka terbang," kata Nikki. "Mereka cukup pintar. Aku rasa mereka tahu kalau

Bahan bacaan: 1 Petrus 5:5-11

"Lihatlah, seekor kucing sedang bersembunyi di balik semak-semak," kata Nikki.

"Dia mengawasi beberapa burung dara yang sedang makan di pekarangan," kata ayah. "Kucing itu sedang menunggu kesempatan untuk menerkam mereka." Tak lama kemudian, si kucing melompat ke arah burung-burung itu. Burung-burung itu segera terbang dan hanya kulit gabah kosong yang tertinggal untuk si kucing.

"Aku senang mereka terbang," kata Nikki. "Mereka cukup pintar. Aku rasa mereka tahu kalau ada seekor kucing di halaman, oleh karena itu mereka berjaga-jaga terhadap serangan si kucing saat mereka makan."

Ayah mengangguk. "Kita harus cerdas," kata ayah. Karena melihat Nikki tampak keheranan, ayah mencoba menjelaskan. "Kucing itu mengingatkan ayah pada si iblis yang suka bersembunyi tapi kemudian menerkam kita saat kita lengah. Kita harus berjaga-jaga terhadap jebakan yang dia siapkan yang membawa kita jatuh ke dalam dosa."

Keesokan harinya Nikki memanggil ayahnya. "Kemarilah Ayah, coba lihat apa yang si kucing lakukan sekarang."

Ayah pun tertawa saat dia melihat si kucing, yang dengan ekornya yang naik, berjalan mengendus-endus melewati pekarangan mendekati kerumunan burung merpati. "Ayah pikir dia sedang berpura-pura menjadi teman mereka dan tidak akan menyakiti mereka," katanya. Lagi-lagi burung-burung itu terbang tinggi saat si kucing mendekati mereka. "Inilah pelajaran lain yang bisa diambil dari perilaku kucing itu," lanjut ayah. "Iblis juga berpura-pura menjadi teman kita. Tapi dia terus berusaha mengelabui kita untuk mengikutinya dan tidak taat kepada Yesus."

Burung-burung itu sangat pintar," ketus Nikki. "Itu memang kemampuan alami mereka untuk berjaga-jaga dari bahaya dan menjauhinya."

"Seandainya kita memiliki insting terhadap si iblis," kata Nikki.

"Jika kita ada di dalam Yesus, kita bahkan memiliki lebih dari itu," ayah memberitahu Nikki. "Kita memunyai Roh Kudus yang tinggal di dalam kita untuk menuntun kita, Dia akan mengingatkan kita akan bahaya yang menghadang dan membantu kita untuk mengetahui bagaimana menghindarinya." P.O.Y

Bagaimana Denganmu?

Apakah kamu tahu kapan iblis berusaha menjeratmu untuk melakukan dosa? Kamu bisa melindungi dirimu sendiri dengan membaca Alkitab, menaati orang tua, dan meminta Tuhan untuk menolongmu. Saat Roh Kudus membuatmu merasa tidak nyaman akan sesuatu, perhatikan peringatan tersebut dan jauhilah hal-hal yang tidak benar.

Ayat hafalan: "Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik." (1 Tesalonika 5:21) (t/Setya)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Ambush
Judul Buku: 
The One Year Book of Devotion for Kids II
Pengarang: 
Pauline O. Youd
Penerbit: 
Tyndale House Publisher, Inc
Kota: 
Illinois
Tahun: 
1993

Komentar