Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pengurbanan Allah


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Siapkanlah kain ungu. Kemudian, potonglah satu kain berbentuk bujur sangkar sepanjang 6 inci dan juga kain ungu berbentuk bujur sangkar sepanjang 3 inci untuk setiap anggota keluarga.

Bicarakanlah

Minggu ke-1: Rasa Malu Kita

Letakkanlah potongan kain ungu yang besar di tengah-tengah meja dan bagikanlah potongan kecil kain ungu kepada seluruh anggota keluarga/kelas. Sekarang bacakanlah pasal Alkitab di atas (Markus 15:12-13; 15-20). Ketika Anda bercerita, mintalah masing-masing anggota keluarga meletakan lembaran kain ungu masing-masing pada kain ungu yang besar. Diskusikanlah pendapat Anda tentang Yesus yang dihina, dipukuli dan diludahi. Kasih Allah seperti apa yang tampak dalam kisah ini? Akhiri renungan Anda dengan mengucap syukur kepada Allah atas kematian dan kebangkitan Yesus.

Minggu ke-2: Pengkhianatan Kita

Bagikanlah lembaran kain ungu kecil dan bacalah Lukas 23:18-25. Salah satu orang tua bertindak sebagai narator, sedangkan yang satu atau anak yang paling besar membacakan kata-kata Pilatus. Anak-anak yang lebih kecil berperan sebagai kerumunan orang. Saat mendapat giliran berbicara, letakkanlah lembaran kain ungu yang kecil pada kain yang besar. Diskusikanlah pandangan Anda tentang orang-orang yang berpaling dari Yesus. Selain itu, bicarakan juga pengalaman setiap anggota keluarga: apakah mereka pernah mengkhianati seseorang demi mengikuti orang banyak. Akhiri renungan Anda dengan berdoa agar Tuhan menolong Anda menjadikannya pengikut yang setia.

Minggu ke-3: Ketakutan Kita

Bacalah Markus 15, terutama ayat 12-15. Kemudian, salah satu orang tua berperan sebagai narator, yang satu sebagai Pilatus. Dan anak- anak berperan sebagai kerumunan orang. Ketika anak-anak berteriak, "Salibkan Dia!" mintalah mereka meletakkan potongan kain ungu ke kain yang besar. Diskusikanlah alasan Pilatus menyerah pada pendapat orang banyak. Diskusikanlah saat-saat ketika Anda sadar telah melakukan sesuatu yang salah karena Anda takut dengan apa yang dipikirkan orang lain bila Anda tidak melakukannya. Akhiri waktu Anda dengan meminta Allah agar meneguhkan Anda kepada kebenaran, walaupun Anda gentar.

Minggu ke-4: Pengampunan Kita

Bacalah bagian kitab Markus, terutama ayat 16-20. Lalu bacalah kitab Lukas 23:34. Mintalah tiap anggota keluarga meletakan kain ungu kecilnya di atas kain yang besar di tengah-tengah meja dan katakan, "Bapa maafkan aku, karena aku tidak tahu apa yang telah aku lakukan." Bicarakanlah bersama arti pengampunan Yesus kepada Anda. Akhiri persekutuan Anda dengan mengucap syukur kepada Allah atas pengampunan bagi dosa-dosa kita.

Hafalkan!

Sesudah mengolok-olokkan Dia mereka menanggalkan jubah ungu itu dari pada-Nya dan mengenakan pula pakaian-Nya kepada-Nya. Kemudian Yesus dibawa ke luar untuk disalibkan. (Markus 15:20)

Mau Lagi?

USIA 3-5 TAHUN:

Tanyakan kepada anak Anda pertanyaan seperti: Bagaimana rasanya memegang kain itu di tanganmu? Kira-kira apa yang Yesus rasakan setelah disiksa oleh pasukan kemudian dipakaikan jubah ungu itu? Ceritakanlah pada anak Anda bahwa Yesus menderita bagi kita, dia melenyapkan ketakutan dan kesakitan kita. Doronglah anak Anda untuk membawa kain tersebut ke tempat tidur mereka masing-masing. Ketika Anda berdoa, mintalah anak Anda memegang kain itu. Berdoalah pada Yesus agar Dia melenyapkan rasa takut yang dirasakan anak anda hari itu.

USIA 6-9 TAHUN:

Tanyakan kepada anak Anda pertanyaan seperti: Pernahkah kamu disalahkan atas tindakan yang tidak kamu lakukan? Bagaimana cara kamu menanggapinya? Mintalah anak Anda agar selalu membawa kain ini dalam tas punggungnya bulan ini agar kain itu mengingatkan mereka bahwa Yesus dapat menolongnya mengatasi situasi-situasi sulit. Mintalah anak Anda menghafalkan Markus 15:20.

USIA 10-14 TAHUN:

Mintalah anak-anak Anda mengungkapkan dan menuliskan pengalaman mereka ketika dihina atau dipermalukan. Apa tanggapannya? Tanyakanlah bagaimana perasaan mereka saat mengetahui bahwa Yesus tidak hanya dapat memahami perasaannya, tetapi Dia juga dapat menolong mereka melewati waktu-waktu itu. Mintalah anak Anda menuliskan Markus 15:17 dan Lukas 23:34 pada selembar kertas ungu dan hafalkanlah kedua ayat tersebut untuk bulan ini.

KELUARGA/KELAS:

Sebagai satu keluarga, temukanlah cara untuk saling mengampuni satu sama lain dalam bulan ini. Ingatlah bahwa pengampunan membutuhkan waktu, jadi jangan terpaksa memberikan pengampunan yang kurang tulus. (t/Uly)

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Sumber
Judul Artikel: 
March: God`s Sacrifice

Komentar