Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pengampunan


Jenis Bahan PEPAK: Bahan Mengajar

Persiapan:

  1. Dua buah kain atau tali.

  2. Dua orang sukarelawan.

Kegiatan:

Mintalah seseorang untuk membacakan ayat-ayat berikut ini.

Matius 6:14-15, "Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Markus 11:25, "Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu."

Mintalah seorang sukarelawan untuk berperan sebagai seseorang yang memerlukan pengampunan dari orang lain. Ikatlah tangan orang tersebut secara longgar dengan tali atau kain. Kemudian, orang ini terus meminta pada sukarelawan yang lain: "Maafkanlah aku," sambil meminta ikatan di tangannya dilepaskan. Orang yang lain itu setiap kali harus menjawab, "Tidak mau." Setiap kali orang ini menolak untuk mengampuni, lilitkan tali satunya ke tangan orang itu, sampai ia juga terikat (jangan terlalu kencang).

Tanyakan: "Apa yang ditunjukkan oleh hal ini bila kita tidak mau mengampuni?"

Sekarang bacalah dan renungkan: Lukas 23:33-34.

Jika kita perhatikan, sangat ironis sementara orang yang menolak untuk mengampuni terikat tangannya, tetapi Dia yang mengampuni kejahatan yang paling mengerikan dalam sejarah malah dengan rela dipaku tangan-Nya.

Ucapan Syukur:

  • Engkau menanggung penghinaan, penolakan, dan penderitaan terbesar yang dapat diberikan manusia terhadap-Mu, tetapi Engkau mengampuni.

  • Pengampunan-Mu total, tuntas, dan tak berkesudahan bagi pendosa yang bertobat.

  • Teladan-Mu membebaskan kami agar mampu mengampuni orang lain.

Ayat Emas:

Ibrani 8:12

Allah mengampuni dan melupakan!

Mazmur 103:12

Sekali Allah mengampuni kita, rasa bersalah akibat dosa yang sudah lalu tidak perlu kembali menghantui kita.

1 Yohanes 1:9

Ketika kita mengizinkan-Nya, melalui pengakuan dan pertobatan, Allah tidak hanya akan mengampuni, melainkan juga membersihkan kita dari segala perbuatan dan masa lalu kita yang menyebabkan kita tersandung, sehingga kita dapat hidup dalam kebebasan dan kebenaran.

Lagu:

Pilihlah lagu yang sesuai dengan tema pengampunan.

Kutipan:

Pengampunan adalah aroma harum dari bunga yang hancur terinjak, yang menempel pada tumit orang yang menginjaknya. -- 14,000 Quips and Quotes oleh E.C. McKenzie (Baker, 1980).

Doa:

Bapa, kami bersyukur atas kuasa pengampunan-Mu. Terima kasih karena pengampunan-Mu telah mengubahkan kami dari orang yang bersalah, budak dosa, menjadi anak-anak Allah yang bebas, diampuni, dan dikasihi. Biarlah kuasa pengampunan-Mu secara penuh senantiasa menuntun kami kepada kepenuhan hidup dalam Kristus. Amin.

Penerapan:

Pengampunan memang diberikan secara cuma-cuma. Namun, kita perlu melakukan hal yang sama pada orang lain, seperti yang Allah lakukan pada kita. Adakah orang yang perlu kita ampuni agar kita masuk dalam pengampunan Allah secara penuh? Jika ya, renungkan sekali lagi apa kesalahan Anda yang sudah diampuni, dan sikap mengampuni yang Yesus tunjukkan kepada mereka yang membunuh-Nya, dan kemudian ucapkanlah pengampunan kepada mereka yang telah berbuat salah pada Anda. (Mungkin ini lebih baik dilakukan nanti, secara pribadi, dengan seorang kawan atau konselor yang dapat dipercaya.)

Diambil dan disunting dari:

Judul asli buku : 50 Worship Ideas for Small Groups
Judul buku : Pujilah TUHAN Hai Jiwaku!
Penulis : Stuart Towned dan Morgan Lewis
Penerjemah : Vera Setyawati
Penerbit : ANDI, Yogyakarta 2006
Halaman : 185 -- 188

Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

Komentar