Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pendidikan Kristen: Tujuh Hal Penting Untuk Pelayanan Mengajar yang Efektif


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Sering kali, perencanaan pendidikan Kristen mengharuskan kita untuk membolak-balik daftar data jemaat gereja dan kemudian bertanya, "Siapa yang nantinya akan bertanggung jawab terhadap kelas?" Tidak mengherankan jika kelas-kelas mengalami kemerosotan, sedikit yang hadir, dan tidak berhasil. Oleh karenanya, kita perlu melakukan pendekatan di dalam pendidikan Kristen dengan tinjauan masa depan dan strategi, dan menyertakan tujuh hal penting berikut ini. Membangun keseimbangan kelas-kelas. Tenaga pengajar

Sering kali, perencanaan pendidikan Kristen mengharuskan kita untuk membolak-balik daftar data jemaat gereja dan kemudian bertanya, "Siapa yang nantinya akan bertanggung jawab terhadap kelas?"

Tidak mengherankan jika kelas-kelas mengalami kemerosotan, sedikit yang hadir, dan tidak berhasil.

Oleh karenanya, kita perlu melakukan pendekatan di dalam pendidikan Kristen dengan tinjauan masa depan dan strategi, dan menyertakan tujuh hal penting berikut ini.

  1. Membangun keseimbangan kelas-kelas. Tenaga pengajar harus diatur sedemikian rupa supaya dapat mengajar dengan seimbang setiap waktu di kelas-kelas, dan selama jam pelajaran, sehingga akan saling melengkapi dan membangun satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, menyeimbangkan kelas yang fokusnya adalah doktrin dengan kelas yang fokusnya adalah latihan, menyeimbangkan topik pelajaran dengan buku pelajaran alkitabiah, menyeimbangkan kelas yang memakai metode ceramah dengan kelas yang memakai metode diskusi, menyeimbangkan dasar pelajaran dengan pelajaran yang mendalam.

  2. Mendampingi guru-guru baru. Karunia rohani guru-guru baru harus dipantau secara sengaja dan cermat. Semua karunia rohani memerlukan pertumbuhan, pendidikan, dan pendampingan -- demikian juga dengan talenta mengajar. Proses pemantauan harus dilakukan oleh guru yang sudah berpengalaman, dalam suasana yang nyaman, dalam relasi yang memiliki tujuan, yang terbuka terhadap kritik yang membangun, dan pertumbuhan yang optimal.

  3. Melakukan evaluasi secara teratur. Merupakan suatu keharusan untuk setiap guru secara rutin mengevaluasi dirinya sendiri dalam hal kekudusan pribadi dan keefektifan pelayanannya. Namun, perlu juga bagi tenaga pengajar secara keseluruhan mengevaluasi diri sendiri dalam hal hubungan pelayanan mereka dengan tubuh gereja, dan apakah secara keseluruhan, pelayanan itu tetap memegang teguh panggilan dan mencapai tujuan-tujuannya.

  4. Pilihlah topik-topik dengan teliti. Bahan pelajaran harus dipilih dengan sangat cermat, ambil tiga hal penting yang perlu dipertimbangkan: apa keahlian dan minat guru, apakah kebutuhan dan keinginan tubuh gereja, dan apakah yang ditunjukkan oleh Roh Kudus.

  5. Sediakan keberagaman dan kesempatan. Terapkanlah rotasi dalam tubuh tenaga pengajar sehingga memberi kesempatan kepada semua guru untuk mengajar dan untuk beristirahat. Rotasi seperti itu juga akan mencegah berkembangnya "kubu-kubu" dalam tubuh gereja, dan membuka gereja untuk memiliki variasi gaya mengajar, pandangan, pengetahuan, dan materi pelajaran.

  6. Mendorong pemuridan. Karena tidak semua orang merasa nyaman atau terpanggil untuk mengajar di depan orang banyak, kita semua dipanggil untuk pemuridan. Pemuridan membutuhkan pelatihan, namun maksudnya sederhana: mendorong orang-orang untuk mencari seorang yang darinya mereka bisa belajar dan seseorang yang dapat mereka bantu, dan menjalani hubungan itu. Kita semua perlu belajar dari orang lain, dan membagikan apa yang kita pelajari. Relasi yang seperti ini akan membantu membuat pendidikan Kristen menjadi suatu gaya hidup bagi gereja.

  7. Bertanggung jawab. Harus ada kepemimpinan dan tanggung jawab yang jelas dalam gereja terhadap para pengajar. Kepemimpinan yang seperti ini akan membantu menyeimbangkan kelas, mengatur jadwal mengajar, dan menjaga tujuan bersama gereja.

Dengan pemeliharaan, perencanaan, dan persiapan yang tepat dalam lingkungan pendidikan Kristen, kita akan melihat firman Tuhan berkuasa di gereja-gereja kita dan dalam kehidupan setiap orang! (t/Kristin)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
Christian Education: 7 Essentials for an Effective Teaching Ministry

Komentar