Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pelayanan Panggung Boneka


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Bagaimana memulainya?

Mulailah dengan doa. Allah telah memberikan kerinduan dalam hati Anda untuk memulai pelayanan panggung boneka. Dia tahu Anda pasti bisa. Dialah yang akan menyiapkan dan melengkapi Anda. Anda berada di jalur yang benar! Anda akan terpukau saat mengetahui betapa mudah dan sederhananya mengadakan panggung boneka. Oleh karena itu, ambillah nafas dalam-dalam dan ikutlah berdoa bersama-sama. Mintalah agar Allah menjadikan pelayanan panggung boneka Anda sesuai dengan kehendak-Nya!

"Yesus terkasih, kami berdoa untuk hikmat, visi dan kekuatan yang ajaib dalam pelayanan ini. Kami membawa setiap aspek pelayanan ke hadapan-Mu. Kami berdoa agar tangan-Mu memberkati pelayanan dan kehidupan kami. Kami berdoa agar Engkau memberkati kami dalam roh, pikiran, kesehatan, dan keuangan kami melampaui apa yang kami bayangkan. Kami berdoa agar ketika orang melihat kami, mereka melihat perjanjian kasih, kekuatan, pengampunan, kesetiaan, dan anugerah. Dalam nama Yesus yang terkasih kami berdoa, Amin!"

Sekarang Anda siap untuk memulainya!

Boneka seperti apakah yang terbaik untuk dipentaskan?

Anda perlu memerhatikan jumlah penonton Anda. Apakah Anda akan melayani 5 atau 5.000 orang? Apakah Anda bermain di belakang panggung, tampil di depan panggung, atau bercerita kepada satu kelompok kecil? Mari kita kenali beberapa macam boneka yang berbeda untuk menolong Anda memutuskan boneka terbaik bagi Anda.

1. Boneka seluruh tubuh.

Boneka seluruh tubuh adalah boneka yang memiliki seluruh tubuh termasuk paha dan kaki. Boneka-boneka ini dapat dimainkan baik di belakang panggung dan di depan panggung. Kelebihannya, Anda bisa membawa boneka semacam ini ke mana-mana. Masukkan beberapa boneka di sebuah tas besar, dan bawalah tas tersebut bersama Anda. Walaupun Anda hanya memainkan boneka Anda di belakang panggung saat ini, bisa jadi boneka seluruh tubuh ini dapat memberikan pilihan-pilihan di masa yang akan datang pada saat pelayanan Anda telah bertumbuh.

2. Boneka seluruh/setengah tubuh.

Boneka-boneka memunyai bagian tubuh yang lengkap dengan kaki yang dapat dibongkar pasang. Dengan ini Anda mempunyai dua pilihan. Jika Anda belum pernah menggunakan boneka setengah badan, boneka-boneka ini baik sekali untuk permulaan karena ukuran dan panjangnya pas. Jika tubuh boneka setengah badan terlalu pendek, mungkin saja Anda mengangkat boneka tersebut terlalu tinggi di belakang panggung dan memperlihatkan bahwa bagian bawah boneka tersebut tidak lengkap. Anda tidak akan mendapatkan masalah seperti itu dengan boneka seluruh/setengah tubuh ini.

3. Boneka seluruh/setengah tubuh dengan dua lubang masuk.

Lubang masuk berada di bawah tubuh untuk pementasan di belakang panggung, atau bisa juga tangan dimasukkan lewat punggung boneka. Boneka ini cocok untuk 250 penonton atau kurang.

4. Boneka dengan satu lubang.

Cocok dipentaskan untuk pertunjukan dengan jumlah penonton yang besar. Boneka ini mungkin sedikit sukar dipentaskan oleh dalang-dalang boneka yang kecil. Sulit menggunakan boneka ini untuk pementasan yang bukan dari belakang panggung karena hanya terdapat satu lubang masuk dari bawah.

5. Boneka tangan.

Boneka-boneka tangan dapat dimainkan hanya dengan satu tangan. Boneka-boneka ini cocok sebagai permainan peran atau narasi cerita dari buku. Boneka-boneka tersebut sangat sesuai dipakai guru-guru sekolah minggu yang duduk di meja dan bercerita kepada anak-anak. Karena boneka ini lebih kecil ukurannya, kami sarankan mereka tidak digunakan untuk jumlah penonton yang besar atau di belakang panggung kecuali kelompoknya kecil dan dekat dengan panggung.

Berapa banyak orang yang diperlukan untuk memulai panggung boneka?

Anda dan Allah! Jika harus, Anda dapat mementaskannya sendiri bersama Allah. Akan tetapi, mendapatkan pertolongan tentunya akan membantu. Kasih karunia Allah cukup bagi Anda, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Nya menjadi sempurna (2 Korintus 12:9). Anda dapat melakukan segalanya dalam Kristus yang memberikan Anda kekuatan (Filipi 4:19). Jika Anda seorang diri, jangan putus asa. Tetapi, pakailah anak-anak untuk menolong Anda. Ajarkan mereka pemuridan dengan pelayanan mereka. Manfaatnya tidak ada habisnya.

Naskah Rekaman atau Naskah Tulisan

Naskah rekaman terdengar sangat hebat karena semua efek suara dan musik sudah direkam untuk Anda. Naskah semacam ini berguna bagi dalang-dalang boneka pemula untuk membiasakan diri menggerakkan mulut boneka dan mempelajari tempo pertunjukan. Naskah rekaman juga dapat membantu Anda ketika Anda tidak memunyai banyak waktu persiapan sebelumnya. Naskah rekaman sangat berguna, namun ada juga kelemahannya; naskah rekaman tidak lebih baik dari naskah tulisan. Keduanya memunyai tempat yang sama dalam pelayanan. Kelemahan naskah rekaman adalah Anda tidak dapat menyesuaikan naskah yang telah direkam. Anda tidak bisa menambahkan atau mengurangi apa-apa dari naskah tersebut. Jika Anda memakai anak-anak dan remaja sebagai dalang-dalang Anda dengan naskah yang sudah direkam, maka mereka tidak akan bisa belajar, menggunakan, dan mengembangkan talenta dan kemampuan mereka secara utuh. Jadi luangkanlah waktu dan berdoalah mengenai pilihan Anda; keputusan tersebut mungkin lebih penting daripada apa yang Anda kira.

Berapa boneka yang diperlukan?

Jika Anda memulai pelayanan dengan satu tim, baik sekali jika Anda memberikan paling tidak satu boneka kepada setiap anggota Anda. Akan tetapi, membeli segala sesuatu sekaligus bukanlah suatu keharusan atau suatu tindakan yang bijak; dari segi keuangan pun tidak selalu efektif. Tunggu pelayanan Anda berkembang, berdoa untuk visi yang jelas, dan saat semuanya bersatu dan bertumbuh, Anda dapat membeli perlengkapan lainnya jika Anda perlu. Jadilah pengelola keuangan yang baik atas uang yang dipercayakan Allah kepada Anda. Ingatlah bahwa walaupun Anda mungkin memunyai banyak dalang boneka, hanya beberapa yang bisa memegang peran. Jumlahnya bergantung pada panggung, pelayanan dan naskah yang Anda gunakan.

Jika Anda hanya memunyai satu dalang boneka, satu dalang boneka saja cukup efektif sampai Anda dibantu dalang-dalang lain. Anda dapat menggunakan boneka yang sama dalam setiap pelayanan untuk membaca ayat Alkitab, atau memulai pelayanan untuk cara yang menarik saat menyambut anak-anak, dan memberitahu aturan-aturannya.

Apa sebenarnya yang kita perlukan untuk memulai aksi panggung?

Tentu saja, Anda akan membutuhkan boneka-boneka. Biasanya, Anda juga membutuhkan panggung. Anda dapat membuat panggung boneka atau membeli yang baru. Gereja kami memunyai panggung yang cocok untuk perjalanan dan mudah dipasang.

Anda juga membutuhkan naskah boneka. Anda dapat menulisnya sendiri atau Anda dapat membeli naskah rekaman atau tulisan. Jika rata-rata penonton Anda lebih dari 30, kami sarankan setiap dalang Anda menggunakan mikrofon. Aksi panggung dapat dilakukan tanpa mikrofon, tetapi mikrofon akan sangat membantu untuk menarik perhatian kelompok besar dan memastikan pesan Anda didengar oleh semua orang. Jika penonton kurang dari 30 orang, maka Anda tidak memerlukan mikrofon. Doronglah dalang-dalang boneka Anda untuk berbicara dengan keras dan menonjolkan suara mereka.

Ingatlah bahwa semua ini hanyalah saran-saran. Ambillah apa yang bisa Anda pakai, dan ubahlah sesuai kebutuhan orang-orang yang ada di sekitar Anda. Kenalilah kebutuhan spiritual mereka dan usahakanlah untuk memenuhinya. Jangan lupa untuk bersukacita sambil Anda melakukannya.

Diterjemahkan dan diringkas dari:

Tanggal akses: 28 April 2010

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Puppet Ministry

Komentar