Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pelatihan Musik Untuk Anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Musik, tari, dan nyanyian adalah bagian penting dalam sekolah minggu, sebab musik, tari dan nyanyian adalah soal rasa. Iman dibangun oleh rasa dan rasio. Sebagai murid Kristus, mengasihi Allah dilakukan dengan akal budi (logika, rasio) dan hati (rasa, emosi, dan mental). Ini seperti yang dikatakan Yesus, "Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap akal budimu."

Musik, nyanyian, dan tari bukan sekadar pendukung kegiatan PAK, tetapi adalah bagian dari proses PAK itu sendiri. Sejak zaman Alkitab, musik, tarian, dan nyanyian telah menjadi bagian penting dalam berkomunikasi dengan Allah. Kini, kita mewarisi Mazmur Daud yang indah dan abadi yang tak lain adalah ekspresi iman Daud kepada Allah, dalam segala situasi hidupnya.

Modul Pelatihan (Durasi: 2 Jam)

1. Guru memahami bahwa anak memerlukan waktu dan tempat yang menghargai dan mendukung ekspresi diri dalam bentuk karya seni seperti tarian, nyanyian, atau sekadar mendengarkan musik dalam kegiatan yang bersifat perenungan (bahasa Inggris: meditative).

2. Peserta memahami bahwa musik meningkatkan daya belajar anak.

3. Peserta memahami cara-cara menggunakan musik, lagu, dan tarian dalam kegiatan sekolah minggu.

4. Peserta memahami bahwa musik, nyanyian, dan tari memiliki fungsi penting dalam mengekspresikan emosi dan pemikiran dalam pemujaan, ucapan syukur, pengakuan dosa, dll.. Semua itu dapat dilakukan baik secara individu maupun dalam persekutuan (komunal) di sekolah minggu.

Kegiatan 1:

Peserta mendengarkan jenis musik yang berbeda misalnya:

  • Musik Barok [musik klasik barat, Red.]
  • Musik gembira (beat)
  • Musik melankolis (mellow)
  • Musik keras (hard rock)

- Musik tradisional Jawa, Sunda, Bali, Batak, dll..

Putar musik dan beri waktu masing-masing 2 menit bagi peserta untuk menikmati masing-masing musik tersebut. Sediakan waktu jeda antara pemutaran jenis musik satu dengan yang lainnya agar peserta dapat menuliskan perasaannya ketika mendengar masing-masing jenis musik tersebut. Kemudian masing-masing peserta menyampaikan apa yang telah ditulisnya secara bergiliran.

Kegiatan 2:

Perdengarkan musik instrumental atau himne (yang memberi efek khusyuk, syahdu). Mintalah peserta menutup mata dan berimajinasi bebas, sesuai suasana hatinya selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, peserta diminta melukiskan imajinasi mereka tersebut dalam bentuk puisi atau renungan (maksimal 1 paragraf), atau menuliskan kata-kata bijak, lukisan, sketsa, dll.. sesuai keinginan peserta.

Kegiatan 3:

Perdengarkan musik yang berbeda dari sebelumnya. Kali ini peserta mendengar sebuah renungan yang dibacakan dengan irama baca yang tepat oleh fasilitator, selama kurang lebih 10 menit.

Kegiatan 4:

Mendengarkan musik dengan tempo yang cepat. Ajaklah peserta untuk bebas menari/bergerak mengikuti irama musik sesuai kehendak dan dorongan hati mereka. Peserta juga diperbolehkan menyanyikan syair irama lagu tersebut.

a. Jenis musik yang didengar memberi efek "rasa" yang berbeda-beda.

b. Musik menyentuh "rasa"/batin manusia.

c. Musik membangun suasana tertentu.

d. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa musik-musik tertentu dapat mencerdaskan anak (dikenal sebagai "efek Mozart").

e. Musik, tari, dan nyanyian merangsang kreativitas dan menginspirasikan ide-ide tertentu.

f. Musik-musik jenis tertentu penting untuk membangun suasana sekolah minggu. Misalnya saat membacakan cerita gunakan musik lembut, saat anak sedang bekerja, gunakan musik riang untuk menambah semangat, dll. Gunakan musik/irama yang tepat secara kreatif.

g. Dave Meier dalam bukunya Accelerated Learning mengatakan:

  • Musik membuat pikiran tenang dan terbuka untuk belajar.
  • Menciptakan perasaan dan asosiasi positif dalam diri anak.
  • Menciptakan peningkatan di otak.
  • Mendorong proses belajar multi-indrawi.
  • Menghangatkan, membuat manusiawi dan memberdayakan lingkungan belajar.

h. Anak perlu belajar mengekspresikan pemujaan, cinta, kerinduan, pengharapan, kasih, dan rasa syukurnya kepada Allah melalui musik, nyanyian, dan tarian.

i. Gunakan juga musik, nyanyian dan tarian sebagai bentuk doa kepada Tuhan.

j. Gunakan musik, tari atau kegiatan seni lainnya sebagai bagian penting dalam kegiatan sekolah minggu.

k. Pada prinsipnya semua jenis musik bisa digunakan dalam Sekolah Minggu, tapi yang terbaik ialah musik yang mengandung kedalaman, bukan musik yang isinya dangkal dan tak mendukung hasil yang diinginkan.

Alat yang dipakai:

  • CD atau kaset
  • Pemutar CD/radio tape
  • Kertas A4
  • Flipchart
  • Alat lukis/gambar
  • Kertas A4/folio

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Buku: 
Guruku Sahabatku
Pengarang: 
Novelina Laheba
Halaman: 
96 -- 99
Penerbit: 
Penerbit ANDI
Kota: 
Yogyakarta
Tahun: 
2007

Komentar