Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Pekan Sekolah Minggu (Pada Masa Liburan Sekolah)


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

PENTINGNYA PEKAN SEKOLAH MINGGU

Pekan sekolah minggu merupakan cara yang sangat baik untuk melaksanakan apa yang tertulis dalam firman Tuhan dalam Ulangan 31:12, 13. Anda mengundang sejumlah besar anak-anak. Hal ini memermudah anak-anak yang telah mengenal Tuhan untuk mengajak teman-teman dan tetangga mereka turut serta dalam kegiatan ini. Pekan sekolah minggu sebenarnya merupakan suatu proyek penginjilan. Bagi anak-anak yang telah mengenal Tuhan, hal ini merupakan suatu konferensi, suatu pertemuan besar. Mereka akan merasa senang untuk menghadiri kegiatan ini bersama sejumlah besar anak-anak karena tidak akan merasa sendiri.

Kegiatan semacam ini sangat baik pula untuk menunjang kerja sama dalam gereja setempat. Jika kegiatan ini merupakan suatu kegiatan antargereja, maka hal itu akan membawa kerja sama yang baik di antara gereja-gereja tersebut. Kegiatan ini tidak hanya membawa pengaruh positif kepada anak-anak, tetapi juga kepada para pembimbing. Jika kita melayani Tuhan dengan cara ini, maka hal itu akan sangat memuaskan semua pihak dan juga akan berbuah banyak, dengan syarat bahwa kegiatan ini harus bergantung sepenuhnya pada Tuhan sendiri serta saling melayani di antara para pembimbing.

TUJUAN

Tujuan kegiatan ini sangat jelas, yaitu pengumandangan Injil kepada anak-anak pada masa kini. Berita yang disampaikan selalu sama, namun cara penyampaian berita itu harus selalu disesuaikan dengan keadaan dan waktu saat ini. Kita ingin menjangkau anak-anak yang belum pernah mendengar tentang Tuhan. Kita harus melakukan segala sesuatu untuk mereka dengan penuh pengertian dan kebijaksanaan. Jadi, harus jelas bahwa kegiatan ini berbeda dengan sekolah minggu. Dalam tiga, empat, atau lima hari di mana kita bisa menjangkau mereka, inti Injil haruslah sudah terpampang kepada mereka dengan jelas.

BAGAIMANA MEMULAINYA?

Dengan doa! Segala sesuatu dalam Kerajaan Allah tidak terjadi tanpa doa!

Ini adalah langkah pertama yang harus Anda laksanakan. Jika Anda memiliki visi untuk daerah di mana Anda tinggal, maka mulailah berdoa mengenai visi tersebut dan bagilah visi Anda kepada saudara-saudara seiman karena tidak seorang pun yang bisa melaksanakan hal ini sendirian. Berdoa dan berundinglah bersama-sama. Anda harus selalu memasang ancang-ancang karena si jahat itu tidak akan tinggal diam sambil menganga jika Anda memulai dengan kegiatan seperti ini. Kegiatan ini memerlukan pergumulan. Oleh karena itu, dukungan doa tidak boleh disepelekan. Adalah baik untuk meminta orang-orang yang tidak sempat mengambil bagian secara langsung dalam penyelenggaraan acara ini agar mereka mendukung melalui doa. Perhatikanlah dengan baik bahwa pekerjaan pelayanan ini bukanlah pekerjaan Anda, tetapi pekerjaan pelayanan milik Tuhan sendiri; di mana hanya Roh Kudus yang bisa meyakinkan anak-anak tentang dosa dan pentingnya penyerahan hidup mereka kepada Tuhan Yesus.

Tugas kita adalah membahasakan Injil sedemikian rupa sehingga anak-anak mampu untuk memahaminya, lalu mereka mengambil keputusan untuk melangkah bersama Injil tersebut. Berdoalah, seolah-olah semua bergantung sepenuhnya kepada Allah dan bekerjalah dengan keras, seolah-olah semua bergantung sepenuhnya di atas pundak Anda.

BEBERAPA USUL DAN SARAN

Berpegangteguhlah selalu pada kenyataan. Lihatlah akan kemungkinan yang bisa Anda gunakan. Kalau hal itu memungkinkan, mulailah dengan kelompok kecil, jumlah orang yang mengambil bagian dalam membantu penyelenggaraan harus cukup dalam menampung jumlah anak-anak yang Anda undang untuk maksud ini. Anak-anak dari daerah miskin akan lebih banyak memberikan reaksi atas undangan Anda daripada anak-anak dari daerah yang berada. Anak-anak dari daerah berada ini sering kali sibuk dengan kursus-kursus tertentu dan sering pula bepergian ke luar kota. Pilihlah waktu yang paling tepat untuk penyelenggaraan kegiatan ini. Setiap sekolah kadang-kadang memiliki waktu liburan yang tidak sama. Sangat disayangkan jika kegiatan ini kurang berhasil karena pemilihan waktu yang tidak tepat. Perhatikan juga akan acara kegiatan selain kegiatan kegerejaan, seperti perayaan Hari Kemerdekaan, Hari Pahlawan, Hari Ibu, dan sebagainya.

SIAPA YANG BISA MEMBANTU KEGIATAN INI?

Ada dua kelompok berbeda yang bisa membantu penyelenggaraan dan pelaksanaan kegiatan ini.

  1. Para Pembimbing

    Mereka adalah kawan-kawan sekerja yang bersama-sama membuat rencana, seperti menyusun program, menyajikan cerita Alkitab, serta menjadi pemimpin kelompok kerja. Mereka harus mendukung Anda sepenuhnya dalam penyelengaraan kegiatan ini, tetapi mereka juga harus terdiri dari orang-orang yang mengenal Tuhan Yesus secara pribadi (sudah barang tentu akan lebih menggembirakan bila setiap orang yang mengambil bagian dalam kegiatan ini adalah orang-orang yang mengenal Tuhan Yesus secara pribadi).

    Persyaratan seperti ini tidak menjadi suatu keharusan, khususnya bagi penolong yang masih muda. Mereka sering kali sedang dalam perjalanan menuju pengenalan yang dimaksud. Keaktifan mengambil bagian dalam kegiatan akan menjadi berkat tersendiri bagi mereka. Kelompok ini tidak boleh merupakan suatu kelompok yang terlalu besar; tidak begitu sehat untuk menyusun rencana bersama dua puluh orang.

  2. Para Penolong

    Mereka bukan hanya terdiri dari orang-orang yang ahli dalam pekerjaan pelayanan bagi anak-anak. Mereka diaktifkan pada waktu yang lebih kemudian. Mereka bisa menolong dalam sebuah kelompok kecil dengan pekerjaan tangan dan permainan rekreasi. Mereka bisa berasal dari berbagai latar belakang, misalnya para pensiunan, para orang tua atau anggota keluarga dari beberapa anak, juga anak-anak remaja. Biarkan kelompok ini bertumbuh, yang nantinya bisa menolong Anda. Setiap anak yang sudah terlalu besar diperbolehkan untuk menolong pada tahun mendatang! Mintalah pertolongan sebanyak mungkin kalau Anda memandang hal itu perlu. Seorang pemimpin untuk setiap kelompok yang terdiri dari enam sampai delapan anak, dan seorang pemimpin bagi anak-anak kecil yang terdiri dari empat atau lima anak.

TIM KERJA

Adalah sangat penting untuk bekerja dalam sebuah tim kerja yang sehati. Berdoalah demi terciptanya kesatuan tim sehingga anak-anak dapat merasakan suasana kesatuan tim tersebut. Jika tim ini bekerja dengan saling mengasihi satu sama lain, maka hal itu terlihat dengan jelas di mata anak-anak. Jika Anda bekerja bersama anak-anak remaja, maka Anda harus menunjukkan rasa hormat Anda kepada mereka serta berikanlah tanggung jawab yang penuh, sesuai dengan kemampuan mereka. Mereka juga harus memiliki sikap yang penuh tanggung jawab. Jangan membiarkan mereka hanya bekerja sama dengan seorang yang lebih berumur, tetapi berikan tanggung jawab penuh, misalnya pada kelompok anak-anak kecil. Mereka memunyai nilai tersendiri bagi suatu tim. Mereka bisa bertugas dengan baik. Mereka mungkin juga bisa bermain sandiwara dengan sangat baik atau melakukan pekerjaan lainnya dengan hasil yang sangat memuaskan.

Sangat penting untuk menggunakan setiap karunia yang ada di antara para pekerja dalam pelayanan ini. Perhatikan hal itu dengan teliti dan bukalah kesempatan agar karunia itu bisa dipakai dan dikembangkan dengan baik. Seseorang yang menggunakan talentanya serta dikuatkan untuk mengembangkannya, akan dengan senang hati melayani dalam kegiatan ini pada tahun yang akan datang. Ketua panitia yang menyelenggarakan kegiatan sebaiknya mengkoordinasikan segala sesuatu sendiri dalam mengarahkan setiap orang yang bisa dan yang memiliki karunia untuk melaksanakan pekerjaan pelayanan ini. Anda juga harus melihat kekuatan dan kelemahan Anda sendiri. Jika Anda merasa sulit untuk mengkoordinir, serahkanlah pekerjaan koordinasi ini kepada yang mampu di bidang tersebut. Pisahkan juga antara tugas organisasi dari tugas rohani. Misalnya, para pembawa cerita harus tetap memusatkan diri pada persiapan dalam membawakan cerita dan tidak boleh diganggu dengan tugas-tugas lain. Bagilah tanggung jawab tugas kepada saudara-saudara yang lain sehingga Anda bisa sungguh-sungguh membentuk tim kerja sama yang baik.

PERSIAPAN DENGAN PARA PEKERJA

Beberapa bulan sebelum diselenggarakan, Anda harus sudah memulai segala persiapan untuk melaksanakan tugas pelayanan ini bersama dengan para pekerja.

APA YANG PERLU DIPIKIRKAN?

  1. Tempat Penyelenggaraan

    Apakah kegiatan ini diselenggarakan di dalam gedung atau di gereja? Apakah Anda melaksanakan kegiatan ini di alam terbuka atau di sebuah sekolah?

    Tempat ini harus aman bagi anak-anak dan merupakan tempat yang terdekat bagi mereka. Uruslah segala perizinannya enam bulan sebelum acara ini dimulai.

  2. Keuangan

    Setiap acara pekan sekolah minggu membutuhkan biaya. Apakah Anda bisa menggali dana dari gereja atau badan-badan Kristen tertentu? Apakah ada persembahan khusus untuk kegiatan ini pada setiap kebaktian? Hanya kalau perlu, Anda memungut kolekte untuk membantu biaya penyelenggaraan. Anda harus sudah siap dalam hal keuangan jauh sebelum Anda memulai acara ini. Perhitungkan segala sesuatu yang berhubungan dengan hal pembiayaan.

  3. Penyelenggaraan Publikasi

    Aturlah sedemikian rupa sehingga setiap orang mendengar apa yang akan terjadi pada masa liburan yang akan datang ini. Ketiklah berita pemberitahuan itu dengan baik, sebarkan juga hal tersebut melalui warta jemaat atau melalui anggota-anggota jemaat, khususnya dalam beberapa minggu sebelum pekan sekolah minggu itu dimulai. Anda juga bisa menempelkan poster pemberitahuan di sekolah-sekolah Kristen yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Kalau situasi di kota tempat tinggal Anda mengizinkan, maka Anda bisa menyebarkan undangan melalui koran setempat atau bisa juga melalui siaran radio.

  4. Undangan

    Tentukanlah beberapa sekolah yang memerbolehkan Anda menyebarkan surat undangan tersebut. Salah satu cara lain yang bisa Anda pergunakan ialah membiarkan anak-anak dari sekolah itu sendiri yang menyebarluaskan berita itu setelah mereka mendapat izin dari kepala sekolah mereka. Hal terbaik demi terlaksananya tujuan ini ialah bila Anda memohon orang tua atau wali murid di sekolah itu agar mendapat izin penyebaran dari sekolah tersebut.

    Untuk ini, Anda memerlukan kenalan dan Anda bisa memberikan penjelasan yang dibutuhkan untuk hal tersebut. Mintalah sejumlah surat undangan sesuai dengan kebutuhan. Sebaiknya bentuk atau gambar di poster dan surat undangan itu serupa, sehingga mudah dikenal. Sebarkan surat-surat undangan tersebut seminggu sebelum masa liburan, tetapi gantunglah poster itu jauh lebih dahulu, misalnya dua minggu sebelum liburan.

  5. Program

    Pilihlah sebuah tema dan carilah cerita Alkitab yang sesuai dengan tema itu. Aturlah agar ada suatu garis yang jelas melewati program yang telah Anda susun. Misalnya, program sandiwara pendek yang bisa digunakan sebagai pendahuluan untuk masuk di cerita Alkitab. Cerita sandiwara ini akan memancing perhatian anak-anak dan mereka dapat merefleksikan tokoh-tokoh dalam drama tersebut sebagai diri mereka. Anda bisa juga menggantikan acara permainan sandiwara tersebut dengan sandiwara boneka sebagai cerita pendahuluan. Cerita pendahuluan merupakan hal yang sangat penting pada masa kini. Anak-anak hampir tidak lagi mengenal cerita Alkitab. Cerita pendahuluan memimpin mereka untuk kembali mengenal cerita Alkitab yang sering kali sudah sedikit asing bagi mereka.

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Comments

Program yang Bagus

Ya, saya rasa memang pekan sekolah minggu merupakan program yang sangat bagus diadakan di setiap sekolah minggu. Tetapi memang menuntut persiapan dan perencanaan yang matang. Juga harus jelas visi dan misinya. Jangan hanya sekadar melakukan kegiatan untuk merealisasikan program juga. Yang terpenting dalam setiap kegiatan di SM, anak-anak semakin mengenal Tuhan dan kebenaran firman-Nya. Amin.

Komentar