Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

PA Liburan SM GKPS Salemba: Ramai dan Menyenangkan


Di tengah-tengah liburan sekolah dalam rangka hari raya Lebaran, anak-anak sekolah minggu GKPS Salemba tidak ketinggalan untuk meluapkan rasa gembira dengan mengikuti Pendalaman Alkitab (PA) Liburan Sekolah Minggu. Kegiatan PA ini dilakukan pada hari Senin, 13 September 2010, bertempat di GKPS Salemba, dimulai pukul 10.00 WIB. Kegiatan ini merupakan PA yang pertama kalinya diadakan bagi anak-anak sekolah minggu di kelas B junior (8 -- 10 tahun) dan kelas B senior (11 -- 12 tahun). Sedangkan bagi kelas C (di atas 12 tahun), kegiatan ini merupakan PA Liburan kedua yang diikuti.

Penelaahan Alkitab

Kegiatan yang dihadiri oleh 40 anak sekolah minggu ini dibagi menjadi tiga kelas. Abang Sofiandy Saragih dan Kak Rita Saragih memimpin PA, masing-masing di kelas B junior dan kelas B senior. Di kelas B, anak belajar mengenai jaminan keselamatan. Sebelum PA dimulai, anak-anak diberikan pertanyaan, "Jika adik-adik sekarang meninggal dunia, ke manakah adik-adik pergi?" Beberapa menjawab, "Tidak tahu, Kak." Sedangkan yang lainnya membalas, "Mudah-mudahan sih, ke surga Kak." Setelah itu, anak-anak sekolah minggu dituntun untuk menghafalkan I Yohanes 5:11-12: "Dan inilah kesaksian itu: Allah telah mengaruniakan hidup yang kekal kepada kita dan hidup itu ada di dalam Anak-Nya. Barangsiapa memiliki Anak, ia memiliki hidup; barangsiapa tidak memiliki Anak, ia tidak memiliki hidup." Di dalam kelas ini, anak-anak menjadi mengerti bahwa jaminan keselamatan hanya diperoleh melalui Tuhan Yesus Kristus dan memiliki kepastian bahwa surga adalah jaminan bagi orang yang percaya kepada-Nya.

Di kelas C, anak-anak belajar mengenai jaminan jawaban doa. Kegiatan PA diawali dengan menghafal Yohanes 16:24: "Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatupun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu." Bang Olansons Girsang yang memimpin PA ini menuntun anak untuk menggali bahan pembelajaran melalui metode tanya jawab yang tersedia di dalam buku panduan. Salah satu topik jaminan jawaban doa yang dibahas adalah bahwa ada 4 syarat penting agar doa dapat terjawab, yakni anak-anak harus:

  1. hidup seturut kehendak Allah (Yohanes 15:7),

  2. meminta permohonan sesuai dengan kehendak Allah (1 Yohanes 5:14-15),

  3. berdoa untuk sesuatu yang tidak hanya memuaskan hawa nafsu (Yakobus 4:3-4), dan

  4. berdoa dengan penuh kepercayaan kepada Tuhan Yesus Kristus (Matius 21:22).

Sabar Menunggu Ya....

Tepat pukul 12.00 WIB, anak-anak sekolah minggu GKPS Salemba selesai membahas pembelajaran Alkitab dan dilanjutkan dengan jamuan makan siang yang disediakan oleh pengurus dan guru. Ayam goreng yang tersedia dilahap tidak hanya oleh anak-anak, tetapi juga oleh orang tua yang turut mendampingi. Sejam kemudian, anak-anak sudah siap untuk berangkat menuju Bioskop Metropole XXI dalam rangka menonton bersama. Para orang tua juga setia untuk mengantarkan anak-anaknya ke bioskop di bilangan Jakarta Pusat tersebut.

Sebanyak 44 anak dan guru sekolah minggu beramai-ramai memasuki bioskop untuk menikmati film berjudul "The Sammy’s Adventure". Empat baris teratas di bioskop itu diisi penuh oleh Anak-Anak sekolah minggu GKPS Salemba. Film kartun yang berdurasi 80 menit itu bercerita mengenai kisah persahabatan 2 ekor penyu. Dua ekor penyu tersebut memiliki cita-cita untuk menjelajahi dunia. Namun, dalam perjalanan, kedua penyu tersebut terpisah dan tidak bertemu hingga penyu beranjak dewasa. Selama perpisahan, masing-masing penyu menemui banyak masalah, seperti cuaca yang berubah-ubah, ancaman dari makhluk hidup laut lainnya, dan juga limbah-limbah yang dibuang oleh manusia. Ketika kedua penyu tersebut bertemu, suasana haru, riang, dan gembira menyelimuti perasaan anak-anak. Penyu yang bersahabat memberi suatu pelajaran bagi mereka untuk saling menghargai dan mencintai agar kehidupan menjadi semakin lebih baik.

Tiket Terpanjang pada Masa Itu

Jam tangan telah menunjukkan pukul 15.30 WIB dan film pun berakhir. anak-anak sekolah minggu berbondong-bondong keluar dari bioskop dan pulang ke rumah masing-masing. Hari ini sungguh menyenangkan bagi anak-anak sekolah minggu GKPS Salemba. Semua anak sekolah minggu tidak sabar untuk menunggu hadirnya liburan, sehingga bisa mengikuti PA dan nonton bersama. Kapankah ada libur lagi?

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : GKPS (Gereja Kristen Protestan Simalungun)
Alamat URL : http://www.gkps.or.id/component/content/article/20071275-pa-liburan-sekolah-minggu-gkps-salemba
Penulis : Enny
Tanggal akses : 13 April 2012

Kategori Bahan PEPAK: Kesaksian Guru

Komentar