Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Operet Natal Anak - bag.2


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Sekolah Minggu dalam merayakan Natal sering mementaskan kisah kelahiran Tuhan Yesus. Ada yang disajikan dalam bentuk sandiwara, ada yang dalam bentuk gerak dan lagu. Bagi anak-anak yang saat itu baru pertama kalinya datang ke gereja karena diajak temannya, mata acara ini sangat menarik. Tetapi bagi mereka yang sudah bertahun-tahun menjadi anak Sekolah Minggu, mereka kurang memperhatikannya karena sudah hafal jalan ceritanya. Solusinya? Bagaimana bila kisah itu disajikan dalam bentuk baru yang belum pernah mereka lihat? Misalnya, operet – opera kecil – di mana semua narasi dan dialoknya dinyanyikan dengan iringan musik.
- o -
Untuk melihat naskah sebelumnya, klik di sini.
- o -

 

Bagian 3 : Perjalanan yang sengsara

Musik : memainkan melodi lagu “09. Semua orang pun pergilah” yang dimodifikasi dari lagu “03. Hai bintang di langit” dengan merubah beberapa not. Lagu ini dinyanyikan oleh KOOR.

Gerak : Ketika KOOR menyanyikan bait-1 dengan tempo sedang, PEKERJA2 melintas panggung. Pada bait-2 YUSUP & MARIA masuk panggung dan bait-2 ini dinyanyikan dengan tempo lambat.

Musik : masuk ke intro lagu “10. Yusup, hari telah senja.”

Gerak : MARIA berlutut kelelahan, MUSIK masuk interlude dan menaikkan tempo untuk masuk ke intro lagu “11. Pergi, sana pergi.”

Dekor : Untuk menggambarkan pintu rumah, dapat dipakai bilah bambu yang dilengkungkan menjadi “kusen pintu” tanpa tirai agar penonton dapat melihat apa yang sedang dilakukan oleh PENDUDUK (PD) sebelum membuka “pintu” menemui YUSUF dan MARIA. Jika luas panggung memungkinkan, 4 “kusen pintu” dapat ditegakkan bersebelahan. Bila panggung sempit, 1 “kusen pintu” dapat dipakai bergiliran.
Gerak : YUSUP meninggalkan MARIA yang duduk bersimpuh di tengah panggung (dengan wajah menghadap penonton) menuju pintu rumah PD-1. Setelah PD-1 menolak, musik memainkan interlude untuk memberi waktu YUSUP berpindah ke pintu rumah PD-2. Begitu seterusnya sampai PD-3 menyelesaikan lagunya. Selesai bait ke-3 dinyanyikan, musik memainkan intro lagu “10.Yusup, hari telah senja” sementara YUSUP menghampiri MARIA, membimbingnya berdiri.
Pemain ganda : bila kekurangan tenaga pemeran, PENDUDUK adalah pemeran PEKERJA yang telah berganti kostum.

Musik : masuk ke intro lagu “12.Tak ada tempat” mengiringi YUSUP & MARIA menuju pintu rumah PD-4.

KOOR : mengulang lagu ini, sementara sambil menari PD-4 keluar panggung diikuti YUSUP & MARIA.

 

Bagian 4 : Berita bahagia untuk manusia.

Urutan lagu :
0* Para MALAIKAT masuk ke panggung dan menari diiringi instrumentalia lagu “01B. Ayo cepat”.
1* MALAIKAT-1 masuk ke panggung sambil menyanyikan bait ke-1.
2* Para MALAIKAT menjawab dengan menyanyikan bait ke-2.
3* MALAIKAT-1 menyanyikan lagu “13. Karunia Allah ini”
4* Lagu “01B. Ayo cepat” bait ke-3 dinyanyikan oleh semua MALAIKAT.
5* Musik memainkan instrumentalia lagu “13. Karunia Allah ini” mengiringi Para MALAIKAT menari sementara MALAIKAT-1 membacakan YOHANES 3 : 16.
6* Lagu “01B. Ayo cepat” bait ke-3 dinyanyikan kembali oleh semua MALAIKAT sambil bergerak keluar panggung.

 

(lanjutannya klik di sini)
Sumber
Judul Artikel: 
Operet Natal Anak - bag.2

Komentar