Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mulai Sekarang, Pikirkan Tindak Lanjut Sekolah Alkitab Liburan


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Suatu bagian terpenting dari persiapan Sekolah Alkitab Liburan adalah merencanakan tindak lanjut. Ketika dekorasi diturunkan, spidol dan lem sudah diambil, dan remah-remah telah dibersihkan, kegiatan Sekolah Alkitab Liburan belumlah selesai. Gereja-gereja yang mengakhiri pelayan SAL tanpa melakukan tindak lanjut, kehilangan kesempatan yang terbaik untuk menjangkau anak-anak bagi Kristus! Doa dan Rencana Berdoalah kepada Tuhan agar diberikan ide-ide dan rencana-rencana yang paling efektif untuk membawa

Suatu bagian terpenting dari persiapan Sekolah Alkitab Liburan adalah merencanakan tindak lanjut. Ketika dekorasi diturunkan, spidol dan lem sudah diambil, dan remah-remah telah dibersihkan, kegiatan Sekolah Alkitab Liburan belumlah selesai. Gereja-gereja yang mengakhiri pelayan SAL tanpa melakukan tindak lanjut, kehilangan kesempatan yang terbaik untuk menjangkau anak-anak bagi Kristus!

Doa dan Rencana

Berdoalah kepada Tuhan agar diberikan ide-ide dan rencana-rencana yang paling efektif untuk membawa anak-anak ke dalam Kerajaan-Nya. Jika Anda menanti hingga SAL selesai dan baru memutuskan bagaimana menindaklanjutinya, Anda bisa jadi melewatkan kesempatan ini. Buatlah rencana-rencana tentang apa yang akan Anda lakukan setelah SAL sebelum SAL itu sendiri dimulai.

Daftarlah Pemimpin Kegiatan Tindak Lanjut Ini

Saat para pelayan SAL direkrut, rekrutlah pula pemimpin dan tim untuk kegiatan tindak lanjut ini. Idealnya, pemimpin kegiatan tindak lanjut ini haruslah seseorang yang tidak mendapatkan tugas pokok sepanjang SAL sehingga mereka tidak akan kehabisan tenaga ketika SAL telah selesai! Tetapi yang paling penting, pemimpin kegiatan tindak lanjut ini harus seseorang yang memiliki hati untuk menjangkau anak-anak bagi Kristus.

Tindak Lanjut dalam Keputusan

Bagian dari tindak lanjut di antaranya adalah menghubungi setiap orang yang sudah membuat keputusan sepanjang SAL atau memperlihatkan ketertarikannya untuk mendiskusikan lebih jauh lagi tentang keselamatan. Siapa saja yang membuat pernyataan iman bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti konseling tentang baptisan dan pemuridan. Orang tua dari anak-anak atau remaja yang telah menerima Kristus sepanjang SAL mungkin memerlukan penjelasan tentang keputusan yang diambil anak mereka. Hal ini juga merupakan jalan masuk untuk membicarakan hubungan orang tua murid dengan Tuhan.

Tindak Lanjut dengan Tamu-Tamu

Undanglah ke sekolah minggu siapa saja yang menjadi peserta SAL, tetapi tidak aktif di gereja. Berikan nama dan alamat mereka, yang bisa dihubungi melalui telepon, email, kartu, atau kunjungan, kepada tim kunjungan atau para guru sekolah minggu. Sampaikan atau kirimkan informasi tentang gereja dan pelayanan ke rumah setiap peserta yang mungkin bisa dijangkau. Kabarkan Injil setiap kali ada kesempatan!

Ide-Ide untuk Kegiatan Tindak Lanjut

  • Kartu pos dari para guru SAL.

  • Menelepon sebentar atau mengadakan kunjungan singkat dari guru sekolah minggu yang mengajar di kelas yang kelompok usianya sama dengan anak yang dikunjungi.

  • Undanglah mereka pada setiap kegiatan istimewa, seperti persekutuan, festival musiman, program Natal, dan lain sebagainya.

  • Tindak lanjut "kilat" -- empat kali pertemuan dalam 4 minggu setelah SAL. (Cobalah untuk memasukkan sebuah kunjungan pribadi dan kesempatan persekutuan dalam dua dari empat kegiatan.)

  • Berikan ke kelas sekolah minggu dewasa nama-nama orang tua yang belum terjangkau dari anak-anak yang mengikuti SAL, untuk ditindaklanjuti.

Kerajaan Kehidupan Melalui SAL

Dengan tindak lanjut yang efektif, gereja Anda dapat melihat lebih banyak kehidupan yang diubahkan dalam beberapa bulan setelah SAL. Tindakan yang Anda lakukan setelah dekorasi diturunkan bisa membuat berbagai perbedaan yang mengarah kepada Kerajaan Allah. (t/Kristin)

Kategori Bahan PEPAK: Program Khusus Anak

Sumber
Judul Artikel: 
Start Thinking Now about VBS Follow-Up!

Komentar