Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Metode-Metode Memertahankan Murid


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Rencana sebelumnya untuk memeriksa, menindaklanjuti, dan menarik kembali anak yang tidak masuk adalah baik. Tetapi akan lebih baik bila kita mencegah ketidakhadiran anak. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa cara untuk meningkatkan kehadiran berikut ini. Diperlukan beberapa alat untuk mendorong kesetiaan. Papan Kehormatan Tempatkan nama-nama seluruh murid sekolah minggu atau murid kelas di papan kehormatan. Nama dari setiap anak akan terus ada di papan itu selama murid selalu

Rencana sebelumnya untuk memeriksa, menindaklanjuti, dan menarik kembali anak yang tidak masuk adalah baik. Tetapi akan lebih baik bila kita mencegah ketidakhadiran anak. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan mengikuti beberapa cara untuk meningkatkan kehadiran berikut ini. Diperlukan beberapa alat untuk mendorong kesetiaan.

  1. Papan Kehormatan

    Tempatkan nama-nama seluruh murid sekolah minggu atau murid kelas di papan kehormatan. Nama dari setiap anak akan terus ada di papan itu selama murid selalu hadir tanpa bolos. Saat murid tidak hadir, namanya diambil atau ditutup sedemikian rupa, dan kehadiran 3 minggu berturut-turut merupakan syarat untuk bisa didaftar lagi di papan kehormatan itu. Piknik atau acara istimewa lainnya yang diadakan untuk mengenal mereka yang namanya ada di papan kehormatan itu selama lebih dari 6 bulan dalam setahun, juga akan menjadi daya tarik. Anak yang sering tidak hadir menyebabkan namanya dihapus, kecuali dia datang di sekolah minggu lain.

  2. Klub 52

    Pada hari minggu pertama di tiap tahun, atau pada hari Minggu kapan saja, umumkan bahwa semua yang hadir mendapat kehormatan dengan menerima keanggotaan "Klub 52". Bagikan pin "Klub 52". Setiap anak adalah anggota yang memiliki kedudukan yang baik dan boleh dengan bangga mengenakan pin ini hingga dia tidak hadir. Sekali absen menyebabkan anak ini dikeluarkan dari keanggotaan "Klub 52" di tahun tersebut. Di hari minggu terakhir tiap bulan, adakan pemeriksaan "Klub 52" dan mintalah berdiri mereka yang catatan kehadirannya sempurna sejak awal klub itu diadakan.

    Dalam hal ini, sama seperti anak yang tidak hadir -- kecuali jika anak tersebut hadir di sekolah minggu lain -- dianggap telah melanggar catatan kehadirannya. Peraturan ini digunakan untuk menghindari kebingungan atas alasan-alasan untuk tidak hadir.

  3. Diagram dan Kartu

    Diagram yang dipasang di dinding, kartu penghargaan pribadi, dan perlengkapan-perlengkapan semacam itu yang digunakan untuk mempromosikan kehadiran yang terus-menerus, khususnya bagi anak-anak, dirancang dengan menarik dan beraneka ragam. Mereka memiliki bukti yang kuat untuk bisa menjadi murid yang terbaik di mana kesetiaan dan kehadiran yang rutin bisa ditingkatkan.

  4. Pin Penghargaan

    Ada beberapa rencana atraktif untuk pin penghargaan. Dalam setiap kasus, setiap anak menerima sebuah pin. Jika kehadiran semakin lama semakin sering dan tidak pernah tidak datang, maka semakin istimewa pula pinnya dengan tambahan rangkaian bunga, balok, atau piringan bernomor. Sebelum program penghargaan seperti ini dilaksanakan, ada baiknya memertimbangkan biaya yang diperlukan. Suatu sekolah minggu tidak dapat memulai rencana pemberian penghargaan ini bila kemudian gagal memenuhi janjinya. Semua bahan-bahan untuk menarik kehadiran murid ini bisa diperoleh di toko-toko buku Kristen. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Anak - Murid

Sumber
Judul Artikel: 
Methods of Conservation
Judul Buku: 
Superintended With Success
Pengarang: 
Guy P. Leavitt
Halaman: 
123 -- 124
Penerbit: 
Standard Publishing
Kota: 
Ohio
Tahun: 
1980

Komentar