Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menolong Anak Mencapai Citra Tubuh yang Sehat


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Apakah Anda tahu bahwa sejumlah besar anak-anak perempuan, meskipun berat badannya dalam taraf normal, diyakinkan untuk melakukan diet? Hal ini menyebabkan mereka menghindari makan siang di sekolah, atau mungkin hanya makan sepotong makanan, seperti semangka, dan menghindari pilihan makanan bergizi seperti nasi (karbohidrat), daging (lemak), atau buah (gula). Mereka sering kali tidak tahu apa pun tentang gizi selain apa yang mereka ketahui dari majalah dan obrolan dengan teman-teman mereka. Pada kesempatan lain, kaum muda ini menyadari dirinya tertarik dengan pola makan "telan dan keluarkan", mereka akan berusaha memuntahkan makanan mereka selisih beberapa menit setelah makan. Dampak jangka panjang kebiasaan ini adalah bahaya anoreksia dan bulimia. Anak laki-laki muda tidak kebal dengan tipuan citra tubuh. Walaupun mereka tidak melakukan pola "menelan dan mengeluarkan", mereka biasanya mudah terbujuk untuk mencoba-coba "suplemen bergizi" yang akan membesarkan otot semalaman dan menghancurkan semua lemak "waktu Anda tidur".

Orang-orang dewasa tahu bahwa banyak ramuan tidak bereaksi dengan baik, dan parahnya, memiliki efek samping yang membahayakan jantung dan sistem tubuh lainnya. Akan tetapi, anak-anak tidak tahu. Yang menyedihkan, sebagai orang tua kita sering menyalahkan citra tubuh anak yang tidak sehat. Sebagai contoh, apakah Anda pernah memanggil anak Anda "gemuk"? Dengan bercanda mengatainya, "gendut"? Memberitahunya kalau dia terus seperti itu, seragam sekolahnya tidak pas lagi di badannya? Apakah Anda menjadi budak obat pelangsing, tip dan trik, dan membuat mode sendiri? Apakah iming-iming swalayan dengan model-modelnya yang kurus dan ramping pernah hadir di meja Anda?

Apa yang Allah Katakan tentang Citra Tubuh

Tuhan tidak tinggal diam dengan masalah citra tubuh. Sesungguhnya, dalam pemikiran-Nya Dia lebih spesifik dengan obsesi kita soal itu.

  • 1 Samuel 16:7 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: "Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati."

  • Mazmur 139:13-16 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya. Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

  • 1 Korintus 6:19-20 Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, -- dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

    Solusi

    Anda mengetahui bahwa suatu saat anak Anda akan mempertanyakan mengenai citra tubuhnya. Hal ini mungkin menyadarkan Anda untuk mengubah cara Anda membentuk citra tubuh Anda yang sehat. Inilah beberapa saran yang akan membantu Anda dan keluarga Anda untuk menjauhi mode, sisi negatif, dan tekanan program diet ketika Anda mulai menerapkan gaya hidup sehat.

  • Sesering mungkin, secara spesifik katakan kepada anak betapa cantik/tampannya mereka. Jika Anda sendiri sangat kritis terhadap penampilan anak Anda, praktikkanlah hal ini juga untuk diri Anda di depan kaca. Pada akhirnya, Anda perlu melihat bahwa anak Anda diciptakan dengan sangat mengagumkan dan menakjubkan, dan Anda harus mengatakan hal ini kepada mereka. Berikan pujian yang terbaik terhadap setiap bagian tubuhnya, seperti jari-jari yang panjang (bagus untuk menjadi pianis dan gitaris), langkah yang gemulai, rambut yang indah, mata yang berbinar, dan senyum yang penuh kebahagiaan.

  • Temukan sesuatu dari karakter anak Anda yang layak disanjung dan sebutkanlah berulang kali! Hati yang penuh belas kasihan, sentuhan yang lembut pada binatang yang sakit, saudara yang suka membantu, sikap yang bisa dipercaya, dll.. Jelaskan pada anak bahwa kecantikannya tidak hanya dari tampak luar saja.

  • Jika Anda atau anak Anda menderita obesitas minta tolonglah kepada dokter. Jangan menerima iming-iming swalayan yang menjanjikan pil-pil diet yang akan membuat Anda tertidur dan berat badan Anda berkurang. Lebih tepatnya, jangan melakukan, atau membiarkan anak Anda melakukannya.

  • Akan tetapi, jika dokter Anda memberitahukan bahwa anak Anda dianggap normal dilihat dari berat dan ukuran, pastikan bahwa Anda akan terus-menerus meyakinkan anak Anda bahwa dia sudah memunyai ukuran dan bentuk tubuh yang pas.

  • Jangan menyamaratakan menyantap makanan cepat saji itu "buruk" dan menghindari kue cokelat itu "baik". Kue coklat boleh dikonsumsi seorang anak dengan batasan (kecuali jika ada alasan medis yang tidak memperbolehkan memberikannya kepadanya).

  • Tontonlah TV dengan anak Anda, dan lihatlah majalah bersama-sama dengannya. Jelaskan tentang teknik pewarnaan dengan semprotan, trik pencahayaan dan bayangan, dan berbagai cara lain sehingga model yang tampil terlihat langsing di hadapan publik. Saat Anda menyaksikan wanita dengan pinggang yang ramping, jelaskan bedanya wanita khayalan dan wanita yang sebenarnya. Demikian pula ketika seorang pahlawan super yang berotot besar muncul, jelaskan kepada anak Anda bahwa ini bukan benar-benar manusia tapi hanya rekayasa.

  • Jangan mengucapkan kata-kata yang merendahkan tentang berat badan orang lain. Tindakan semacam itu bukan hanya seperti kita tidak mengenal Kristus, tapi kata-kata itu akan membuat anak Anda terus-menerus hidup dalam ketakutan terhadap lidah Anda yang tajam dan kritikan terhadap berat badan mereka. (t/Setya)

    Tanggal akses: 2 Juli 2010

    Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

    Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

    Sumber
    Judul Artikel: 
    Families Online Magazine
  • Komentar