Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menjawab Pertanyaan Anak


Kategori Bahan PEPAK: Guru - Pendidik

  1. Pertanyaan: Bagaimana Allah dapat mendengarkan doa kita dari Surga?

  2. Jawaban: Allah dapat melakukan segala sesuatu. Dia sangat berkuasa dan tidak terbatas. Dia berada di mana saja setiap waktu. Dia juga mengetahui segala sesuatu. Dia mengetahui apa yang kita pikirkan, sebaik apa yang kita katakan sehingga Allah dapat mendengar doa setiap orang dari seisi dunia sepanjang waktu.

    Terkadang, orang-orang berpikir bahwa Allah jauh "di atas surga". Namun, Allah tidak begitu jauh; Dia selalu berada di sini dengan kita, diam di antara umat-Nya.

    Ayat kunci: "Sesungguhnya, Akulah Tuhan, Allah segala makhluk; adakah sesuatu apapun yang mustahil untukKu?" (Yeremia 32:27)

    Ayat terkait: Mazmur 18:7, 116:1-2, 130:2, 139:2, 17-18

    Pertanyaan terkait: Bagaimana Allah mendengar? Bagaimana Allah mendengar doa-doa? Apakah Allah mendengar kita ketika kita berdoa? Bagaimana Allah dapat mendengar apa yang kita katakan?

  3. Pertanyaan: Jika kita berbicara kepada Allah, apakah Dia selalu mendengarkan kita?

  4. Jawaban: Ya, Allah selalu mendengarkan kita, tidak masalah di mana pun kita berada atau apa yang sedang kita kerjakan. Dia tidak pernah tertidur atau menjauh. Tidak ada yang dapat menghentikan Allah dari keberadaan-Nya saat mendengarkan apa yang kita katakan.

    Allah mengerti pikiran kita. Kita tidak harus berbicara dengan suara keras hingga Dia dapat mendengarkan kita. Bahkan, apabila kita hampir berbisik atau hanya berdoa dalam pikiran pun, Allah tetap mendengarnya.

    Namun, kita juga perlu mengetahui bahwa Allah membenci dosa. Apabila kita tetap berdosa di dalam hati kita dan berusaha menyembunyikannya, maka yang pertama-tama Allah inginkan adalah kita mengakui dosa kita. Ia akan mendengarkan doa kita, tetapi sebelumnya Dia akan menunggu dan mendengarkan kita untuk mengakui dosa-dosa kita. Kemudian, Ia akan mendengarkan permintaan-permintaan kita. Allah mengasihi kita lebih dari yang kita bayangkan. Allah ingin mendengarkan kita. Allah selalu menyediakan dan selalu mendengarkan. Kita dapat berbicara kepada-Nya setiap waktu dan sepanjang hari.

    Ayat kunci: Seandainya ada niat jahat dalam hatiku, tentulah Tuhan tidak mau mendengar. Sesungguhnya, Allah telah mendengar, Ia telah memperhatikan doa yang kuucapkan. Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku. (Mazmur 66:18-20)

    Ayat terkait: Amsal 15:29; Yesaya 55:6-7, 59:1-2; 1 Petrus 3:12

    Pertanyaan terkait: Apakah Allah mendengarkan Anda ketika Anda berdoa? Apakah Allah selalu mendengarkan Anda? Apakah Allah tidak selalu mendengarkan doa-doa kita? Allah selalu mendengarkan doa kita, benar bukan?

    Catatan untuk para orang tua: Selalu ada sisi positif dari apa yang Allah ketahui, bukan hanya sisi negatif saja. Sementara itu, memang benar bahwa kejahatan tidak dapat disembunyikan dari Allah. Namun, benar juga bahwa umat Allah tidak harus merasa takut bahwa mereka tidak akan mendapatkan perhatian dari Allah. Allah selalu siap dan mau mendengar doa-doa kita. Bantulah anak Anda dengan kenyataan ini.

  5. Pertanyaan: Bagaimana Allah berkonsentrasi terhadap jutaan manusia yang berdoa pada waktu yang sama?

  6. Allah tidak terbatas dan sangat berkuasa. Ia tidak mempunyai masalah untuk mendengarkan orang yang berdoa pada waktu yang sama. Manusia dapat melakukan dua pekerjaan pada waktu yang bersamaan. Orang-orang dapat mengendarai sepeda dan memperhatikan hal-hal yang berada di sekitar kita pada waktu yang sama. Namun, Allah melebihi hal tersebut, Ia jauh lebih besar dan jauh lebih kuat daripada kita; dengan mudah Ia dapat melakukan berjuta-juta hal pada waktu yang bersamaan. Demikian juga, Allah berada di mana saja sepanjang waktu. Selain itu, Allah juga mengetahui segala sesuatu. Allah mengetahui apa yang kita pikirkan, sebaik apa yang kita katakan.

    Cobalah untuk selalu mengingat bahwa kita berbeda dengan Allah. Dia membuat kita berada di satu tempat pada suatu waktu. Dia membuat kita berpikir tentang satu hal pada suatu waktu. Allah tidak terbatas dalam segala jalan-Nya.

    Ayat kunci: Bagi-Mulah puji-pujian di Sion, ya Allah; dan kepada-Mulah orang membayar nazar. Engkau yang mendengarkan doa. Kepada-Mulah datang semua yang hidup. (Mazmur 65:2-3)

    Ayat terkait: Mazmur 139:4-6; Yeremia 32:37; Roma 11:33-34

    Pertanyaan terkait: Bagaimana Allah dapat mendengarkan begitu banyak orang pada waktu yang sama? Tidakkah hal itu membuat sedikit kekacauan dalam kepala-Nya? Apakah Allah pusing karena setiap orang berbicara kepada-Nya? Apakah dia selalu mendengarkan? Bagaimana caranya Allah dapat memberikan jawaban atas doa-doa yang dipanjatkan setiap orang pada waktu yang sama? Bagaimana Allah dapat menjawab semua doa jika Dia berada di surga?

    Catatan untuk para orang tua: Memang penting bagi anak-anak untuk memahami bahwa sejumlah orang yang berbicara kepada Allah pada waktu yang sama, tidak akan mengurangi kasih dan perhatian-Nya secara pribadi, yang Ia berikan kepada tiap-tiap orang. Allah sangat bijaksana. Ketika kita berdoa, kita merasakan kasih dan perhatian-Nya yang utuh.

Diambil dan disunting dari:

Judul asli buku : 107 Questions Children Ask about Prayer
Judul buku terjemahan : 107 Pertanyaan Anak-anak tentang Doa
Judul bab : Jawaban-Jawaban Doa
Judul asli artikel : Bagaimana Allah dapat mendengarkan doa kita dari Surga?
Penerjemah : Tidak dicantumkan
Penulis : Dave Verman, Jim Galvin, Jim Wilhoit, Daryl Lucas, Rick Osborne, Jon Farfar, Lil Crump
Penerbit : Betlehem Publishers, Jakarta 1999
Halaman : 65, 66, 67

Komentar