Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Menghasilkan Buah


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

Kepada anak-anak diperlihatkan gambar dua batang pohon, yakni pohon yang baik dan pohon yang buruk. Berdasarkan cerita-cerita di bawah ini, anak-anak disuruh memilih 'buah' dan menempelkannya pada pohon dengan tepat. Guru Sekolah Minggu menolong anak-anak yang belum dapat membaca.

Jimmy adalah seorang anak yang ingin menaati Allah Bapa. Ia suka bersenandung di pagi hari. Pada waktu menghadapi meja makan, ia tersenyum kepada ibunya dan mengucapkan kata-kata yang manis kepada kakaknya. Ketika ia akan pergi ke sekolah, orang lain mendengar ia bersiul-siul. Buah apakah yang diperlihatkan oleh Jimmy? baik atau tidak baik? Apa nama buah itu? Ya, sukacita. (Seorang anak menempelkan buah 'sukacita' pada pohon yang baik).

Ibu Peter meninggalkan dua potong roti di atas meja. Yang sepotong lebih kecil daripada yang lain. Peter mengambil yang besar dan meninggalkan yang kecil untuk adiknya. Buah apakah yang dihasilkan Peter? Buah tersebut ialah 'mementingkan diri sendiri'.

Ida, mengingat kata-kata Yesus, "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang lain perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka." Ia melihat seorang ibu yang menggendong anak sambil membawa barang-barang memasuki bus. Ida sudah duduk di dalam bus itu. Ia membantu ibu tersebut mengangkat barang-barangnya, sementara ibu itu memeluk erat-erat anaknya. Buah apakah yang dihasilkan oleh Ida? Buah tersebut adalah 'suka menolong'.

Sidin dan Amir bermain bersama. Amir berkata, "Kalau kau tak menurut, akan kutinju hidungmu!" Buah apakah yang dihasilkan oleh Amir? 'perselisihan'.

Tono kehabisan uang jajan, tetapi ia ingin sekali membeli kacang rebus. Kebetulan ia melihat di meja tulis ayah ada uang Rp. 100,00

"Ayah tidak mengingat uang seratus rupiah itu," pikirnya. "Dengan cepat ia mengambilnya sebelum tukang kacang rebus itu pergi. "Tetapi ia teringat pelajaran dari Alkitab. "Sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan, dan sedikitlah orang yang mendapatinya." Itu berarti Tono harus menaati Tuhan. "Aduh, hampir saja saya meninggalkan jalan yang benar. Ampuni saya, ya Tuhan," Tono berdoa. Setelah berpikir sejenak ia lari kepada ayahnya yang berbaring di kamar. "Pak, boleh saya mengambil uang Rp. 100,00 yang di meja tulis Bapak? Saya mau membeli kacang rebus." Ayah Tono mengizinkannya. Buah apa yang ada pada Tono? ('kejujuran'.)

Penerapan

Tanyakan kepada anak-anak, apakah mereka mau menjadi pohon yang baik? Kalau demikian, mereka harus selalu berbuat baik. Anak-anak yang mengasihi Tuhan akan selalu menurut Dia, serta mengasihi sesama manusia.

Jelaskan ayat hafalan dan ulangi bersama-sama.

Nyanyian

"Ya Tuhan, Kau Lihat"

Doa

Mohon pertolongan Tuhan agar anak-anak dapat selalu berbuat baik karena mereka mengasihi Tuhan dan bersyukur atas pelajaran hari ini.

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : Suluh Sekolah Minggu (Kelas Kecil Usia 6 -- 8 Tahun)
Judul bab : Tuhan Yesus Mengajar
Judul asli artikel : Buah-Buah yang Baik
Penulis : Tim Kurikulum Sekolah Minggu Komisi Anak Sinode GKI Jabar
Penerbit : Seksi Kurikulum Komisi Anak Sinode GKI Jabar, 1984
Halaman : 76 -- 77

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Komentar