Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengenal Kebutuhan Anak Sekolah Minggu


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Supaya dapat lebih memahami kebutuhan dan keperluan murid-murid, ada baiknya seorang guru SM memperlengkapi diri dengan membuat catatan khusus mengenai kondisi dan kebutuhan murid-muridnya.

Di bawah ini ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk dapat semakin "mengenal" murid-murid Anda.

  1. Adakan kunjungan ke rumah murid dan bertemu dengan keluarganya.

  2. Bercakap-cakap secara pribadi sebelum atau sesudah kebaktian SM.

  3. Perhatikan murid ketika ia sedang mengadakan kegiatan bersama murid lain, misalnya amatilah bagaimana ia berinteraksi, bagaimana ia bersikap, bagaimana ia berbicara, dll..

  4. Berikan kegiatan yang memungkinkan murid bercerita mengenai keluarganya, hobinya, dan kegiatan-kegiatan yang disukainya.

  5. Berikan perhatian khusus kepada anak, misalnya: memberikan pelajaran tambahan, memberikan hadiah/perhatian pada hari ulang tahunnya, mengajak ke toko buku atau pameran, mengunjungi ketika sakit, dll..

  6. Catat peristiwa-peristiwa khusus yang terjadi ketika bersama dengan anak, misalnya: melihat ekspresi anak ketika sedih, kecewa, marah, gembira, antusias, dll..

DOA

"Tuhan Yesus, aku bersyukur Engkau menolong aku mengenal anak-anak yang Engkau percayakan kepadaku. Ajarlah aku untuk mengasihi mereka, baik melalui kelebihan-kelebihan maupun kekurangan-kekurangan mereka. Berilah aku kesabaran untuk melihat mereka bertumbuh sebagaimana Engkau melihatnya. Amin."

[Red: artikel di atas merupakan potongan dari Pelajaran O3 -- Mengenal Anak dari Kursus PESTA bagi Guru Sekolah Minggu. Untuk menyimak artikel selengkapnya silakan kunjungi URLnya di < http://www.pesta.org/gsm_pel03 >. ]

Diambil dari:

Nama situs : PESTA Online
Alamat URL : http://www.pesta.org/gsm_pel03
Judul asli artikel : Pelajaran 03 -- Mengenal Anak
Penyusun : Tim PESTA YLSA
Tanggal akses : 8 Januari 2012

Kategori Bahan PEPAK: Metode dan Cara Mengajar

Komentar