Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengapa Kamu Harus Jujur?


Jenis Bahan PEPAK: Artikel

"Saya dulu pernah berkata jujur, dan rasanya sangat menyenangkan. Jika kamu tidak jujur, kamu payah," ujar Britania, umur 6 tahun.

Dulu?

"Jujur itu sangat penting karena orang-orang perlu percaya kamu untuk berteman sama kamu," ujar Natalia, 9 tahun.

"Kamu perlu berkata jujur agar orang-orang selalu percaya kamu apa pun yang terjadi," ujar Cecilia, 8 tahun.

Amsal yang penuh hikmat berkata, "Nama baik lebih berharga dari pada kekayaan besar, dikasihi orang lebih baik dari pada perak dan emas." (Amsal 22:1). Hanya nama dan reputasilah yang kamu miliki. Jika nama dan reputasimu hilang, kamu akan hancur. Orang-orang bijak menolak keuntungan jangka pendek dari hasil penipuan karena mereka tahu bahwa kejujuran akan memberikan keuntungan yang besar untuk jangka panjang.

"Kamu harus jujur, kalau tidak, rasa salah akan mengganggumu dari dalam," ujar Malori, umur 12 tahun.

"Kamu bisa tahu apakah orang itu jujur atau tidak, karena orang jujur lebih bahagia," tambah Sam, 11 tahun.

Ketenangan pikiran adalah salah satu buah dari banyak buah kejujuran, dan biasanya ketenangan tersebut terpancar dari wajah seseorang.

Jika seseorang berbohong, "wajahnya kelihatan aneh," ujar Emilia, 6 tahun.

"Sebenarnya, mata bisa bercerita," ujar Kristian yang berumur 12 tahun. "Jika kamu melihat orang tepat di matanya, kamu bisa melihat 'orang penipu' atau 'orang jujur' di matanya."

Saya tidak pernah melihat hal itu di mata orang-orang, tetapi biasanya orang bermata licik memunyai tujuan yang tidak baik. Paling tidak, demikianlah yang disiarkan di film-film Barat ketika kamera mengambil gambar dekat beberapa orang yang memakai topi-topi hitam.

"Kalau kamu bohong, orang-orang lalu bertanya lagi, dan kamu perlu berbohong lagi," ujar Anna, 8.

Kamu tahu istilah perokok berantai? Seperti halnya perokok berantai yang menyalakan satu rokok kemudian menyalakan rokok yang lain lagi, pembohong berantai menceritakan satu kebohongan untuk menutup kebohongan lain.

"Jujur artinya cerita kebenaran seluruhnya, bahkan jika karena itu kamu akan terkena masalah," ujar Matius, 11 tahun.

Yesus tidak menjanjikan taman mawar yang indah dalam dunia ini. Yesus berkata, "Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia." (Yohanes 16:33)

Apakah kamu pernah memunyai bos yang tidak jujur yang mengancammu dengan pekerjaanmu jika kamu berkata jujur tentang sesuatu? Jika kamu memutuskan untuk berkata jujur, bersiaplah menghadapi ujian-ujiannya.

"Orang jujur punya salah satu dari kebaikan yang terpenting," ujar Markus, 12 tahun.

Dalam buku "The Book of Virtues" (Buku Kebajikan), penulis William Bennett mendefinisikan kejujuran sebagai sikap "nyata, murni, asli, dan dapat dipercaya. Sikap tidak jujur adalah sikap yang pura-pura, palsu, tiruan, atau dibuat-buat. Kejujuran mengekspresikan penghargaan bagi diri sendiri dan orang lain. Sebaliknya, ketidakjujuran sepenuhnya tidak menghargai baik diri sendiri maupun orang lain. Kejujuran memberikan keterbukaan, keandalan, dan ketulusan dalam kehidupan; kejujuran memancarkan karakter yang hidup dalam terang."

"Kamu perlu jujur karena jujur itu baik, dan Allah suka itu," ujar Colin, 7 tahun.

Terima kasih, Colin.

Dalam Alkitab, kejujuran bukanlah konsep abstrak. Kejujuran dimulai dengan jujur terhadap Allah. Dia menciptakan kita untuk hidup dalam hubungan yang terbuka dan jujur dengan-Nya. Ingatlah apa yang dilakukan Adam dan Hawa ketika mereka mendengar Allah berjalan di taman setelah mereka berdosa? Mereka bersembunyi.

"Kamu perlu jadi orang yang selalu jujur pada Allah dan Yesus," ujar Fransiska, 8 tahun.

Jika kamu bersembunyi dari Allah, kamu akan ketahuan. Topengmu akan terbuka, dan tipuan-tipuanmu akan tercerai-berai.

Hal untuk direnungkan: bertekadlah untuk hidup jujur dan terbuka di hadapan Allah dan orang lain.

Ayat Alkitab untuk dihafalkan "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.(Yohanes 14:6)

Pertanyaan untuk dipikirkan: Jika Yesus membuat pengurbanan yang paling besar karena menceritakan kebenaran sekaligus menjadi kebenaran itu, berapa harga yang mau Anda bayar untuk bersikap jujur? (t/Uly)

Tanggal akses: 11 Juni 2010

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
Why Should You Be Honest?
Situs: 

http://www.kidstalkaboutgod.org (KidsTalkAboutGod.org)

Komentar