Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajarkan Tentang Allah Melalui Pujian


Jenis Bahan PEPAK: Tips

"Kudus, kudus, kuduslah Tuhan Allah, Yang Mahakuasa, yang sudah ada dan yang ada dan yang akan datang." (Wahyu 4:8)

Tuhan senang mendengar pujian anak Anda. Anak Anda mempunyai hak istimewa untuk memuji Tuhan sebagaimana Ia adanya, dan untuk menyatakan kemuliaan nama-Nya! Ajari anak Anda tentang siapa Allah dengan memuji dan menyembah Allah untuk hal-hal yang Ia nyatakan.

Pujilah Allah untuk hal-hal berikut ini.

1. Kemahakuasaan-Nya.

Anak-anak mengerti konsep "mahakuasa". Allah lebih berkuasa dari semua pasukan di semua negara di bumi. Ia lebih berkuasa dari semua raja, presiden, dan perdana menteri. Ia lebih berkuasa dari semua pendeta di gereja, di seluruh dunia. Ia lebih berkuasa dari semua senjata yang pernah dibuat, dari semua badai yang mengamuk, dari semua gunung berapi, gempa bumi, dan kebakaran hutan. Allah memunyai semua kuasa, Mahakuasa!

"Kami memuji Engkau, ya Allah, untuk kekuasaan-Mu yang lebih hebat dari senjata apa pun yang bisa diarahkan oleh musuh kami untuk menghancurkan kami, membunuh kami, atau mencuri dari kami."

2. Kemahatahuan-Nya

Ajari anak Anda bahwa Allah melihat tindakannya setiap saat, siang ataupun malam. Tuhan tahu pikiran dan perasaan anak Anda yang paling dalam. Kita tidak bisa menyimpan rahasia dari Allah. Wajah-Nya selalu memandang kita.

"Kami memuji Engkau, ya Allah, untuk penjagaan-Mu yang lembut dan cermat atas kami, dan karena Engkau mengetahui setiap hal, keadaan, masalah, dan sukacita dalam hidup kami."

3. Kasih-Nya yang tidak terbatas.

Yakinkan anak Anda bahwa Allah mengasihinya. Tidak ada yang dapat dilakukan atau dikatakan anak Anda yang bisa mengurangi kasih Allah untuknya.

"Kami memuji Engkau, ya Allah, karena kasih-Mu yang selalu Engkau curahkan pada kami. Terima kasih karena Engkau mengasihi kami, karena Engkau telah menciptakan kami dan memberi kami hidup, karena Engkau telah menyerahkan Anak-Mu untuk menunjukkan pada kami betapa besar perhatian-Mu pada setiap bagian kehidupan kami."

4. Keberadaan-Nya yang abadi dan kemahahadiran-Nya.

Yakinkan anak Anda bahwa ia bisa hidup bersama Tuhan di surga selama-lamanya sampai selama-lamanya. Yakinkan anak Anda bahwa Allah memiliki waktu untuknya setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik. Tuhan ada dalam saat; Ia abadi.

"Kami memuji Engkau, ya Allah, untuk penyertaan-Mu hari ini... dan setiap hari sampai kekekalan."

Dorong anak Anda untuk belajar semakin banyak tentang Allah, sehingga ia bisa memuji Allah untuk hal-hal yang Ia nyatakan. Jadikan ini doa anak Anda:

"Tolong saya untuk mengenal Engkau lebih jauh setiap hari seumur hidupku."

Semakin banyak anak Anda belajar tentang sifat-sifat Allah -- melalui pembacaan Alkitab, doa, dan persekutuan dengan orang percaya lainnya -- semakin anak Anda mengetahui apa yang Allah inginkan bagi anak Anda dan apa yang ingin Ia lakukan bagi anak Anda.

Diambil dan disunting dari:

Judul artikel terjemahan: Pujilah Tuhan Karena Ia Tuhan
Judul buku: 52 Cara Sederhana Mengajar Anak Anda Berdoa
Penerjemah: Esther S. Mandjani
Penerbit: Interaksara, Batam 1999
Halaman: 13 -- 15
Judul asli artikel: Praise God for Who He Is
Judul buku asli: 52 Simple Ways to Teach Your Child to Pray
Penulis: Roberta Hromas
Penerbit: Thomas Nelson Publishers, Nashville 1991
Halaman: 17 -- 19

Kategori Bahan PEPAK: Pengajaran - Doktrin

Komentar