Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajarkan Pengampunan Kepada Anak Anda


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Pengampunan adalah suatu pelajaran yang sulit. Sebagai orang dewasa, kita berjuang dengan konsep yang membingungkan ini. Mengajarkan pengampunan kepada anak Anda merupakan pelajaran yang sangat penting, tetapi sering kali kita harus berjuang untuk melakukannya. Menjelaskan manfaat pengampunan dan prosesnya merupakan suatu usaha. Berikut beberapa tips untuk membantu mengajarkan pengampunan kepada anak Anda. Bagaimana mengajari anak Anda untuk mengampuni? Langkah 1 Bersimpatilah. Bila anak Anda sedih,

Pengampunan adalah suatu pelajaran yang sulit. Sebagai orang dewasa, kita berjuang dengan konsep yang membingungkan ini. Mengajarkan pengampunan kepada anak Anda merupakan pelajaran yang sangat penting, tetapi sering kali kita harus berjuang untuk melakukannya. Menjelaskan manfaat pengampunan dan prosesnya merupakan suatu usaha. Berikut beberapa tips untuk membantu mengajarkan pengampunan kepada anak Anda.

Bagaimana mengajari anak Anda untuk mengampuni?

  1. Langkah 1 Bersimpatilah. Bila anak Anda sedih, ikutilah reaksi dan perasaannya. Sering kali, sebagai manusia, kita hanya ingin didengarkan dan apa yang kita pikirkan diakui. Begitu anak Anda memiliki kesempatan untuk melepaskannya, perlahan-lahan jelaskan bahwa orang yang menyakiti dia sangat perlu dikasihani. Doronglah anak Anda untuk berdiskusi dengan orang yang melukai dia itu.
  2. Langkah 2 Ingatkan anak Anda pada saat-saat ketika dia melukai perasaan orang lain. Anak-anak sangat mudah menerima, tetapi selalu kurang mampu memahami pandangan orang lain. Bila anak Anda mampu merasakan bagaimana perasaan anak yang melukainya, dia akan lebih bersimpati dan lebih mudah memberikan pengampunan. Mengingatkan dia pada saat dia merasa sedih karena melukai seseorang akan membantu dia memahami emosi temannya yang tidak stabil.
  3. Langkah 3 Doronglah anak Anda untuk berbicara dengan orang yang melukainya. Mengajarkan pentingnya komunikasi sejak dini kepada anak Anda adalah hal yang penting. Ketidaksetujuan adalah bagian dari hidup. Semakin cepat dia dapat memahami dan mengetahui bahwa orang-orang akan memiliki cara pandang yang berlawanan dan dia mau menerima mereka, semakin dia dipersiapkan untuk menjalin relasi pada masa yang akan datang.
  4. Langkah 4 Ingatkan anak Anda bahwa mengampuni seseorang tidak membuat luka itu hilang. Biarkan anak Anda sedih atau terluka untuk sesaat. Mendorong dia untuk mengampuni merupakan cara baginya untuk melepaskan perasaan buruk. Selalu mengalami sakit hati dan kepahitan hanya akan membuat dia tidak bahagia.
  5. Langkah 5 Bersabarlah. Anak Anda adalah individu yang bertumbuh dan belajar. Dia akan membuat kesalahan dan berjuang. Perlahan-lahan, bimbinglah dia ke arah yang benar.
  6. Langkah 6 Lakukan apa yang Anda ajarkan. Bila Anda terus menyuruh anak Anda untuk meminta maaf kepada kakaknya atau mengampuni adiknya, tetapi Anda sendiri suka mengungkit-ungkit atau menyimpan kepahitan dalam diri Anda, Anda merugikan anak Anda. Anak-anak belajar melalui contoh.
  7. Langkah 7 Diskusikan agama. Anda bisa memasukkan pelajaran Alkitab atau topik-topik yang digunakan di sekolah minggu dalam diskusi ini. (t/Ratri)

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Anak Umum

Sumber
Judul Artikel: 
How to Teach Your Child to Forgive

Komentar