Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajarkan Lagu Baru


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Anak-anak suka menyanyi dan suka mendengarkan nyanyian. Oleh karena itu, miliki perbendaharaan lagu rohani untuk Anda gunakan dalam mengajar. Jika ada lagu baru, jangan ragu untuk mengajarkannya kepada mereka. Berikut ini cara mengajarkan lagu baru kepada anak sekolah minggu.

1. Catat teks lagu di papan tulis atau di atas karton.

2. Guru menyanyikan lagu baru tersebut sebanyak 1 atau 2 kali.

3. Setelah guru menyanyikan lagu berulang kali tanpa berhenti, ajaklah anak-anak untuk ikut bernyanyi. Cara ini cocok untuk lagu yang pendek dan mudah dimengerti.

4. Saat mengajak anak-anak ikut bernyanyi guru dapat memberi isyarat dengan tangan (tanpa komentar) untuk mengajak anak-anak bernyanyi bersama.

5. Saat mengajak anak bernyanyi bersama, guru menggunakan suara yang lembut agar suara guru masih jelas terdengar dan anak-anak masih dapat mengikutinya. Dengan demikian mereka dapat belajar sambil menyanyi.

6. Ulangi beberapa kali sampai mereka cukup mengenal kata-kata maupun lagunya. Bila ada kesalahan, tentu harus diperbaiki. Pada umunya guru akan lebih berhasil menyampaikan amanat sebuah lagu bila ia menyanyi dan mengajak anak-anak menyanyi berulang-ulang daripada bila ia banyak berbicara dan memberi keterangan.

7. Setelah lancar, ajaklah mereka berdiri dan menyanyikannya sekali lagi dengan sikap sesuai dengan arti kata-katanya.

Sistem ini biasanya disukai anak dan sangat menghemat waktu. Lagipula, yang terpenting ialah kata-kata (amanat nyanyian itu), dan itulah yang mereka dengar. Mungkin ketika pertama kali guru memakai sistem ini, ia akan terpaksa memberikan sedikit keterangan. Tetapi bila anak-anak sudah biasa dengan cara belajar seperti ini, mereka dengan sendirinya akan mendengarkan dan kemudian mulai menyanyi secara pelan-pelan tanpa diminta oleh guru. Anak-anak biasanya senang belajar lagu baru dan senang juga jika tidak harus mendengarkan banyak komentar dan keterangan sebelum boleh bernyanyi.

Diambil dan disunting dari:

Kategori Bahan PEPAK: Pelayanan Sekolah Minggu

Sumber
Judul Artikel: 
Nyanyian Rohani sebagai Alat Mengajar: Cara Mengajar Nyanyian Rohani dalam PAK
Judul Buku: 
Penuntun Guru PAK Sekolah Minggu dan Sekolah Dasar 1 dan 2
Pengarang: 
Penyusun: Dr. Leatha Humes dan Ny. A. Lieke Simanjuntak
Halaman: 
110 -- 111
Penerbit: 
PT. BPK Gunung Mulia
Kota: 
Jakarta
Tahun: 
1998

Komentar