Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs PEPAK
Loading

Mengajarkan Kisah Natal kepada Anak


Jenis Bahan PEPAK: Tips

Ditulis oleh: R. Scott Wiley dan Timothy Pollard

Bagaimana caranya agar guru dan orang tua bisa membantu anak-anak merangkul realitas dan kebenaran Natal? Berbagi cerita Natal dengan anak-anak harus menjadi pengalaman yang indah. Ketika Anda berpikir tentang usia anak, pikirkanlah fakta-fakta yang dapat Anda bagikan sesuai dengan usia mereka. Pertimbangkan saran-saran berikut untuk setiap kelompok usia.

  1. Usia Prasekolah (0 -- 2 Tahun)

  2. Anak-anak prasekolah belajar dan bertumbuh dengan sangat pesat. Semua pengalaman mereka adalah hal baru dan menarik. Anak prasekolah baru memulai penemuan mereka untuk segala sesuatunya. Ucapkanlah nama Yesus Kristus sesering mungkin untuk mereka. Katakanlah fakta-fakta yang sederhana tentang kelahiran Yesus: "Yesus sudah lahir. Maria adalah ibu Yesus. Yusuf menjaga Maria dan Bayi Yesus." Berikan pengalaman langsung tentang peristiwa kelahiran Yesus Kristus kepada anak prasekolah. Mereka dapat menyentuh maket kelahiran Yesus Kristus atau gambar tentang itu. Mereka dapat membunyikan lonceng sambil menyanyikan lagu Natal sederhana tentang Yesus Kristus. Kebenaran Alkitab yang sederhana dapat membangun fondasi alkitabiah yang kuat, sejak mereka masih dini.

  3. Usia Balita (3 dan 4 tahun)

  4. Bantulah anak-anak balita menemukan pemahaman yang lebih dalam tentang peristiwa kelahiran Yesus Kristus. Anak balita dapat mendengar bahwa malaikat mengatakan kepada Maria tentang kelahiran Yesus. Mereka dapat memahami bahwa Allah merencanakan Yusuf menjadi bagian dari keluarga Yesus. Mereka juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang para gembala yang datang untuk melihat bayi Yesus, dan orang-orang Majus yang membawa hadiah untuk Yesus. Mereka juga bisa mulai memahami bahwa Yesus diutus oleh Allah. Ayat sederhana seperti "Yesus lahir di Betlehem" (Matius 2:1), akan membantu anak usia 3 dan 4 tahun menemukan kisah kelahiran Yesus dalam Alkitab. Tekankan bahwa kelahiran Yesus adalah alasan adanya perayaan Natal.

  5. Usia Taman Kanak-Kanak (5 -- 6 Tahun)

  6. Pengetahuan anak TK berkembang dengan cepat dalam semua bidang. Mereka akan mengajukan banyak pertanyaan yang mungkin sulit Anda jawab. Jawablah pertanyaan secara sederhana dan dorong anak untuk bertanya lebih lanjut. Anak TK dapat mempelajari lebih lanjut tentang Natal dan kelahiran Yesus. Mereka dapat mulai memahami bahwa Allah merencanakan kelahiran Yesus Kristus. Perkenalkan nabi Yesaya yang menubuatkan kelahiran Yesus. Dia mengatakan bahwa Yesus akan lahir. Anak TK sedang membentuk dasar tentang Allah dan Yesus Kristus; mereka dapat mulai mengerti bahwa Yesus adalah Anak Allah, dan Allah mengutus Yesus ke dunia karena Allah mengasihi manusia. Mereka belum bisa memahami secara keseluruhan arti sebenarnya kelahiran Yesus Kristus, namun Anda dapat membangun dasar untuk perkembangan pemahaman berikutnya.

  7. Usia Kelas 1 dan 2 SD (7 -- 8 Tahun)

  8. Anak usia 6 dan 7 tahun ibarat spons yang menyerap informasi baru. Ketika mereka mulai belajar membaca, beri mereka kesempatan untuk membaca kisah Natal dari Alkitab mereka sendiri. Pastikan mereka mengetahui bahwa Allah mengutus Yesus ke bumi karena Dia mengasihi mereka! Bantulah mereka untuk mengetahui bahwa kelahiran Yesus adalah bagian dari rencana Allah! Bimbinglah mereka untuk menemukan nubuatan para nabi tentang kelahiran Yesus, sekitar 300 tahun sebelumnya, dalam Perjanjian Lama!

  9. Usia Kelas 3 dan 4 SD (9 -- 10 tahun)

  10. Sebagai anak-anak yang semakin besar, anak kelas 3 -- 4 SD menjadi lebih sadar mengapa Allah mengutus Yesus Kristus ke bumi. Kisah nyata Natal menjadi lebih dari sekadar kelahiran bayi -- itu adalah kelahiran Putra Allah yang Tunggal. Yesus Kristus datang ke bumi dalam wujud manusia, lahir sebagai bayi, dan tumbuh untuk mengetahui arti sebenarnya menjadi manusia. Bantulah siswa kelas 3 dan 4 untuk mengetahui bahwa Yesus Kristus berhubungan dengan hidup, perjuangan, godaan, harapan, dan mimpi-mimpi mereka.

  11. Usia Praremaja (11 -- 12 Tahun)

  12. Anak usia praremaja dapat memahami konsep yang lebih kompleks mengenai kelahiran Yesus Kristus. Yesus lahir bukan hanya untuk memahami arti menjadi manusia, melainkan Yesus adalah Allah dalam wujud manusia. Anak praremaja juga mampu memahami keajaiban Yesus yang dilahirkan dari seorang perawan. Kelahiran Yesus Kristus merupakan bagian dari rencana Allah untuk menebus manusia dari dosa. Pandulah mereka untuk memahami bahwa mereka juga adalah bagian dari rencana kudus Allah! (t/Davida)

Diterjemahkan dan disunting dari:

Nama situs : South Carolina Baptis Convention
Alamat URL : http://www.scbaptist.org/childhood/teachchristmas.htm
Judul asli artikel : How to Teach Children the Christmas Story
Penulis : Written by R. Scott Wiley dan Timothy Pollard
Tanggal akses : 29 Oktober 2012

Kategori Bahan PEPAK: Perayaan Hari Raya Kristen

Komentar